Wisata di Pulau Enggano, Kecantikan Tersembunyi di Bengkulu

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia
Wisata di Pulau Enggano Wisata di Pulau Enggano

Pulau di Indonesia sangatlah beragam. Pesona yang dimiliki pun juga berbeda-beda seperti halnya dengan Pulau Enggano. Enggano merupakan sebuah pulau terluar di Indonesia yang terletak di Samudra Hindia, tepatnya di Bengkulu. Pulau ini memiliki keindahan yang menawan seperti gua, pantai, danau, dan lain-lain. Penasaran seperti apa? Berikut, rangkuman dari Travelingyuk mengenai wisata di Pulau Enggano yang bisa Teman Traveler jadikan rujukan. Langsung simak ya!

Pantai Koomang

Pantai Koomang
Pantai Koomang via Instagram/fianbkl

Tentu saja, jika Teman Traveler pergi ke sini sudah pasti akan disajikan pemandangan pantai dengan air yang jernih dan berwarna biru. Teman Traveler bisa melakukan aktivitas snorkeling atau sekedar berenang. Karena airnya yang jernih, pemandangan terumbu karang sangat terlihat jelas di sini. Uniknya, di sekitar pantai terdapat sebuah lubang yang dialiri dengan air laut dan membentuk sebuah laguna yang kecil. Karena kawasannya tidak terlalu populer di kalangan wisatawan, kita dapat bereksplorasi dengan bebas di wisata di Pulau Enggano satu ini.

Pulau Dua

Pulau Dua
Pulau Dua via Instagram/eogadget2

Destinasi wisata satu ini sayang banget kalau terlewat. Pulau Dua sendiri merupakan bagian dari Enggano, tepatnya terletak di Kahyapu. Pemandangan yang disajikan sungguh membuat mata terpesona. Pemandangan pantai dengan air yang jernih, pasir yang putih, dan tentu saja suasana yang masih asri menjadi keunggulan dari pulau ini. Para wisatawan yang datang juga bisa melakukan beragam aktifitas seperti snorkeling, diving, dan juga surfing. Dikarenakan airnya yang jernih, pantai di sini merupakan rumah bagi berbagai biota laut dan para pengunjung dapat melihatnya dengan jelas.

Danau Bak Blau

Danau Bak Blau
Danau Bak Blau via Instagram/randiipanduprayetno

Danau Blak adalah salah satu wisata di Pulau Enggano yang tak kalah cantik. Bak Blau dalam bahasa Bengkulu berarti mata air berwarna biru yang tidak pernah kering sepanjang tahun meskipun musim kemarau tiba. Air yang berada di danau ini terlihat bersih dan jernih. Tetapi para pengunjung harus berhati-hati karena terdapat dua penjaga danau berupa buaya berwarna putih. Danau Bak Balau sendiri berada di Dusun Tiga, Desa Meok, Kecamatan Enggano. Untuk menuju ke sini, para pengunjung dapat menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dan memakan waktu selama 14 jam perjalanan laut.

Pantai Ujung Batu

Pantai Ujung Batu
Pantai Ujung Batu via Instagram/sonykusumo

Pantai ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja dengan suasana romantis. Berada dekat Pantai Sumur, tempat ini juga terkenal akan kealamiannya dan dikelilingi oleh tebing-tebing cantik. Teman Traveler bisa dengan puas menikmati birunya air laut sambil dan berenang bersama ikan. Pemandangan ikan-ikan tersebut dapat terlihat dengan jelas. Suasana semakin asri dengan adanya pepohonan yang mengelilingi pantai.

Itulah sekian wisata yang waib dicoba jika berkunjung ke Pulau Enggano. Keren dan wajib masuk dalam daftar destinasimu, kan? Kapan nih punya rencana liburan ke sini?