Wisata di Khunjerab Pass, Lokasi ATM Tertinggi di Dunia

Advertisement

ATM ditempatkan di berbagai lokasi tujuannya untuk kenyamanan nasabah dalam mengambil uang, dari sekian banyak tempat di dunia ini ada beberapa lokasi atm yang menarik. Teman Traveler akan meihat bagaimana penampakan atm tertinggi di dunia berikut. Foto-foto menarik di bawah ini menunjukkan mesin ATM yang memegang Rekor Dunia Guinness untuk ATM dengan paling tinggi di dunia. Berada di ketinggian 15.397 kaki atau 4.693 meter di atas permukaan laut.

Khunjerab Pass
Khunjerab Pass via bbc

ATM ini dioperasikan oleh National Bank of Pakistan (NBP), terletak di Gilgit Baltistan, Pakistan, di Khunjerab Pass yaitu area penyeberangan perbatasan internasional beraspal tertinggi di dunia. Gilgit Baltistan menghubungkan Pakistan dengan China barat daya.

Atm tertinggi di dunia
Atm tertinggi di dunia via TechJuice

Pada saat akan menempatkan mesin, Tentara Pakistan direkrut untuk membantu NBP memasang mesin ATM. Area tempat mesin dipasang memang dikelilingi oleh puncak bersalju di pegunungan Karakoram. Sehingga terdapat tantangan tersendiri. Instalasi memakan waktu lebih dari empat bulan. Mesin ATM bertenaga surya dan angin tersebut secara resmi dibuka dan mulai digunakan sejak tahun 2016.

Area Perbatasan Khunjerab Pass via Shutterstock

ATM Khunjerab Pass dapat digunakan untuk tarik tunai dan sekaligus untuk transfer antar bank. Mesin ini biasanya digunakan oleh penduduk yang bekerja di Khunjerab Pass, serta wisatawan yang datang ke perbatasan. 

Wisata di Khunjerab Pass via Shutterstock

Bank  NBP mengatakan bahwa ATM di Khunjerab Pass telah menjadi daya tarik wisata khusus. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu kebutuhan wisatawan yang terus meningkat di daerah tersebut.

“Rata-rata, sekitar empat hingga lima juta rupee [£15.540–£19.427] ditarik dalam rentang waktu 15 hari,” kata Zahid Hussain, manajer cabang NBP di desa Sost, Pakistan, kepada bbc.

Advertisement
Tags
Share