Wisata di Kawasan Gunung Galunggung Tasikmalaya, Ada Curug Berwarna-warni Menghibur Hati

Advertisement
Advertisement

Terletak sekitar 17 Km dari pusat Kota Tasikmalaya, Gunung Galunggung gagah berdiri menawan hati. Ia merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 mdpl. Di sekitarnya, terdapat beberapa objek wisata yang bisa dinikmati. Wisata di kawasan Gunung Galunggung, tergolong lengkap. Teman Traveler mau pilih mana, ada kawah, pemandian air panas, air terjun atau lapangan bola di desa tapi bertaraf dunia? Pengin tahu lebih lanjut? Simak uraian di bawah ini yuk!

1. Kawah Galunggung

Menyaksikan Kawah Galunggung dari Atas Harus Lebih Dulu Melalui Tangga via Instagram
Menyaksikan Kawah Galunggung dari Atas Harus Lebih Dulu Melalui Tangga via Instagram/ sukmaishere

Wisata di kawasan Gunung Galunggung, sepertinya sudah mendapat perhatian yang baik dari pemerintah setempat. Jalur menuju Kawah Galunggung misalnya. Guna menyaksikan kawah dari atas, para pengunjung sudah disediakan tangga permanen yang bisa digunakan untuk mencapai puncak. Sebanyak 620 buah anak tangga harus ditapaki. Melelahkan memang, tetapi sesampainya di sini, Teman Traveler akan takjub dengan bentang alam kawah yang dapat disaksikan secara sempurna dari atas. Di bagian bibir kawah, juga terdapat lokasi yang kerap dijadikan tempat kamping oleh para pendaki. Mereka ingin menyaksikan kawah dari jarak yang lebih dekat. Teman Traveler tertarik?

2. Cipanas Galunggung

Cipanas Galunggung, Berendam di Tengah Hawa Dingin via Instagram
Cipanas Galunggung, Berendam di Tengah Hawa Dingin via Instagram/ zia_arrazzaq

Hawa dingin di sekitar Gunung Galunggung, memang paling pas disiasati dengan berendam di air hangat. Jangan khawatir, karena di sini terdapat pemandian air panas juga lho. Lokasinya dikenal dengan nama Cipanas Galunggung. Di sini, terdapat beberapa kolam renang yang biasa dipakai berendam. Kolam khusus anak-anak dan orang dewasa pun dipisahkan. Selain itu, biaya masuknya cukup terjangkau. Mulai dari Rp5 – 10 ribu. Air panas alami di lokasi ini, mengandung belerang yang dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit kulit serta stroke. Segarnya sudah terbayang, kan?!

3. Curug Agung Galunggung

Curug Agung yang Berwarna Hijau via Instagram
Curug Agung yang Berwarna Hijau via Instagram/ chevy.mochtar

Curug Agung, merupakan salah satu primadona objek wisata di kawasan Gunung Galunggung. Potensi yang dimilikinya, dioptimalkan dengan dipasangi lampu-lampu LED. Sehingga, tampilannya, terutama pada malam hari, jadi jauh lebih indah. Ia bisa berubah-ubah warna, dari kuning, hijau, merah dan biru. Peresmian Rainbow Light pada Curug Agung, baru dilaksanakan pertengahan tahun 2017 lalu. Jadi, masih terhitung baru. Curug dengan tinggi sekitar 80 meter ini juga indah disaksikan pada siang hari.

Curug Agung Juga Indah Dinikmati Siang Hari via Instagram
Curug Agung Juga Indah Dinikmati Siang Hari via Instagram/ mrfonse

4. Viewdeck Galunggung

Viewdeck di Kawasan Gunung Galunggung via Instagram
Viewdeck di Kawasan Gunung Galunggung via Instagram/ irva_herliyanty

Untuk menyaksikan keindahan Curug Agung di malam hari, pihak pengelola wisata di kawasan Gunung Agung menyediakan viewdeck. Selain itu, ia juga bisa digunakan untuk menikmati lanskap Gunung Galunggung dari sisi yang lebih nyaman. Bercengkerama dengan teman sambil menikmati pemandangan khas pegunungan, jadi plesir yang menenangkan.

5. Lapangan Sakti Lodaya, Lapangan Desa Bertaraf Dunia

Lapangan Desa Cisayong yang Berstandar FIFA via Instagram
Lapangan Desa Cisayong yang Berstandar FIFA via Instagram/ wardiajah18

Selain kawah, pemandian air panas dan curug yang luar biasa, di sekitar kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Desa Cisayong, terdapat lapangan bola desa yang memenuhi standar FIFA. Namanya adalah Lapangan Sakti Lodaya. Teman Traveler yang menggilai bola, bisa berkunjung ke sini sambil merasakan rumput Zoysia matrella; jenis rumput yang biasa digunakan oleh stadion-stadion sepak bola bertaraf internasional. Menarik ya?! Sebuah lapangan sepak bola yang terletak di desa, tetapi standarnya sudah dunia.

Berjarak sekitar 3 – 4 jam dari Bandung, Tasikmalaya jadi destinasi liburan yang patut dikunjungi pada liburan nanti. Salah satu kekuatannya terletak pada beberapa objek wisata di kawasan Gunung Galunggung yang lengkap! Gimana? Kapan mau menikmati pesona salah satu gunung berapi di Indonesia ini? Ditunggu ya!

Advertisement
Tags
gunung galunggung Indonesia Tasikmalaya Wisata Wisata Alam wisata di kawasan gunung galunggung
Share