Wisata di Jepang dengan Nuansa Zaman Edo, Bangunan Tradisionalnya Seperti Mesin Waktu

Destinasi wisata di Jepang dengan nuansa Zaman Edo berikut ini memiliki bangunan-bangunan tradisional yang memesona. Mereka seperti mesin waktu yang akan membawa siapa pun kembali ke Jepang di masa lalu. Penasaran? Ini dia pilihannya!

Kota Tua Uchiko

Salah Satu Bangunan di Uchiko Town via Instagram/japantrip.jp

Kota Tua Uchiko berada di Prefektur Ehime. Kawasan ini dikenal juga dengan sebutan Uchiko Town. Sebagai destinasi wisata, daya tarik yang dimilikinya adalah rumah-rumah tua peninggalan Zaman Edo dan Meiji. Uchiko Town sudah mulai dibuka untuk umum sejak 20 tahun lalu.

Keramaian di Salah Satu Sudut Uchiko Town via Instagram/jkonno1991

Menariknya, sebagian besar rumah-rumah tua di sini masih menjadi tempat tinggal bagi beberapa warganya. Dulu, pembangunan rumah dibedakan berdasarkan strata sosial. Suasana tradisional dan Jepang di masa lalu terasa melalui arsitektur bangunan di sini yang sebagian besar terbuat dari kayu.

Kota Pelabuhan Tomonoura

Bangunan di Kota Pelabuhan Tomonoura via Instagram/cookieb_diary

Wisata di Jepang dengan nuansa Zaman Edo lainnya adalah Tomonoura. Terletak di Prefektur Hiroshima merupakan kota pelabuhan dengan suasana tradisional yang masih sangat kental. Saat berjalan-jalan di sini, Teman Traveler akan dengan mudah menemukan bangunan-bangunan khas Zaman Edo di sepanjang kawasan.

Salah Satu Mercusuar Tertinggi di Masanya via Instagram/moto_awa

Salah satu landmark terkenal di Tomonoura adalah Joyato atau lampu penerangan. Lampu penerangan ini sudah dibangun sejak 1859 lalu. Ia juga berfungsi sebagai mercusuar. Pada Zaman Edo, Joyato tersebut merupakan yang tertinggi di Jepang.

Kota Oji

Oji Inari Shrine via Instagram/learnabiteveryday

Pada Zaman Edo, Oji merupakan kawasan yang ramai dilalui para Shogun Tokugawa saat akan mengunjungi Kuil Nikko. Sampai saat ini, Oji masih menyimpan sisa-sisa Zaman Edo yang bersejarah. Salah satunya adalah Oji Inari Shrine.

Cantiknya Asukayama Park via Instagram/kuremophotos

Wisata di Jepang dengan nuansa Zaman Edo satu ini juga terdapat Taman Asukayama yang digunakan sebagai tempat peristirahatan pada Zaman Edo. Bersama beberapa taman yang lain, wisata ini ditetapkan sebagai taman umum pertama di Jepang. Nggak penasaran untuk berkunjung?

Iwamura

Salah Satu Bangunan Tradisional di Sudut Iwamura via Instagram/higuchi_k

Iwamura di Prefektur Gifu sebenarnya merupakan reruntuhan dari Kastil Iwamura. Kastil Iwamura sendiri adalah kastil tertinggi yang pernah dibangun oleh Jepang.

Keramaian di Iwamura via Instagram/keisuke9498

Di sini, suasana Zaman Edo terasa di setiap penjurunya. Teman Traveler harus menyempatkan berkunjung ke sini saat liburan ke Jepang ya!

Omihachiman

Suasana Tenang di Omihachiman via Instagram/anma883

Meski jaraknya cukup jauh dari Kyoto, Omihachiman di Prefektur Shiga punya suasana menyenangkan yang bisa bikin liburan terasa tidak membosankan. Pasalnya, pemandangan di sini cantik dan menakjubkan.

Sebuah Kanal di Omihachiman via Instagram/veronicainveen

Bangunan-bangunan tua bernuansa Zaman Edo serta kanal-kanal dengan pemandangan indah di sisi kiri kanan dengan mudah akan membuat Teman Traveler jatuh cinta. Selain itu, kawasan ini juga dikenal sebagai salah satu pusat budaya di Jepang. Menarik ya?

Kawagoe

Suasana di Kawagoe yang Masih Kental dengan Nuansa Edo via Instagram/jeninjoe0603

Pada Zaman Edo, kawasan Kawagoe di Prefektur Saitama memegang peran penting sebagai pusat perdagangan. Hingga kini, sisa-sisa kejayaan tersebut masih terlihat pada gaya bangunan tradisional yang tetap dipertahankan.

Keramaian di Kawagoe via Instagram/himawari_santa

Teman Traveler akan dibuat takjub dengan bangunan dua tingkat yang sungguh memikat. Karena keunikan inilah, Kawagoe masih banyak dikunjungi wisatawan.

Kanazawa

Sebuah Area di Kanazawa via Instagram/toy_bonno

Kota Kanazawa di Prefektur Ishikawa dikenal sebagai kawasan permukiman klan paling berpengaruh di Jepang, yaitu Klan Maeda. Menariknya, pada peristiwa Perang Dunia II, merupakan salah satu kota yang selamat dari peperangan mengerikan tersebut.

Kenrokuen Garden, Salah Satu Taman Tercantik di Jepang via Instagram/masatographie

Kanazawa juga terkenal di kalangan wisatawan sebagai kawasan yang masih mempertahankan bangunan-bangunan tradisional khas Zaman Edo. Saat berkunjung ke sini, jangan lewatkan untuk main-main ke Kenrokuen; salah satu taman tercantik yang dimiliki Jepang.

Destinasi wisata di Jepang dengan nuansa Zaman Edo harus jadi agenda liburan! Terutama jika Teman Traveler hobi sekali dengan suasana tradisional Jepang yang memang bikin betah dan nggak mau pulang. Bagaimana? Kapan mau jalan-jalan ke sini?

Tags
jepang Luar negeri Wisata zaman edo
Share