8 Wisata di Jalur Pantura untuk Selingan Perjalanan Mudik

Mudik saat lebaran sudah menjadi tradisi yang menyenangkan. Persiapannya pun tidak boleh sembarangan, apalagi jika harus menempuh perjalanan jauh dan menggunakan kendaraan pribadi. Di Jawa ada Jalur Pantai Utara yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas tempat istirahat, Begitu juga dengan wisatanya. Buat kamu yang mudik lewat jalur pantura, berikut selingan tempat wisata yang pilihan Travelingyuk.

1. Keraton-keraton di Cirebon

Keraton kasepuhan
Keraton kasepuhan via Instagram/@novlavy

Tempat istirahat pertama yang ideal setelah berangkat dari Jakarta adalah Cirebon. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan kendaraan bermotor. Untuk santai sejenak sambil menunggu lelah hilang. Coba kunjungi salah satu destinasi wisata Cirebon yang bersejarah berupa keraton. Mulai dari Kasepuhan hingga Kaanoman. Lebih pas lagi kalau kamu mudik dengan anak karena bisa sekalian mengajarkan tentang sejarah bangsa.

2. Pantai Alam Indah Tegal

Pantai Alam Indah
Pantai Alam Indah via dannyseptiawan

Dari Cirebon menuju ke Tegal waktunya sekitar 1,5 jam. Dekat memang, tapi rasanya kalau tidak mampir ke wisata di Tegal kurang lengkap. Daerah asal warteg ini memiliki banyak destinasi untuk emmanjakan diri. Salah satunya adalah Pantai Alam indah yang perairannya berwarna biru dan menenangkan sekali.

3. Berburu Batik di Pekalongan

Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan via Instagram/@museumbatikpekalongan

Lanjutkan perjalanan dari Tegal menuju ke Pekalongan dalam waktu sekitar 1 jam dengan mobil. Sebelumnya kamu akan melewati Pemalang. Di Pekalongan, kamu bisa berburu batik karena daerah ini memang terkenal sebagai penghasil kain bermotif khas tersebut. Untuk menambah wawasan, bisa juga mengunjungi museum batik.

4. Bertualang di Pantai dan Gua Kabupaten Kendal

Gua Kiskendo
Gua Kiskendo via Instagram/@udin_pandusetiajii

Berhentilah di Kabupaten Kendal dan nikmati suguhan alam yang terpampang tanpa halangan. Ada deretan pantai berombak tenang lengkap dengan spot-spot foto kekinian. Jika ingin sensasi yang lebih mendebarkan bisa berkunjung ke Gua Kiskendo di Desa Trayu. Dari Jalur Pantura, jaraknya sekitar 40 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

5. Kebun binatang Mangkang Semarang

Kebun binatang Mangkang
Kebun binatang Mangkang via Instagram/@hani_husna

Jangan lewatkan juga Kebun Binatang Mangkang. Kamu akan mendapatkan sensasi liburan yang berbeda saat berkunjung ke sini dibanding beberapa tempat sebelumnya. Lokasi wisata yang akrab disebut Bonbin ini ada di Jl. Walisongo KM 16, tepatnya di seberang terminal Mangkang. Dengan area yang luasnya mencapai 9 hektare ada banyak sekali bintang yang dirawat. Ada atraksi naik gajah hingga kuda. Semuanya seru untuk dicoba.

6. Grand Maerakaca Semarang

Maerakaca
Maerakaca via Instagram/@aslisemarang

Semarang memili banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai destinasi selingan saat lelah mendera. Yang belakangan ini hits adalag Grand Maerakaca. Tempat ini adalah sebuah hutan bakau dengan spot selfie menarik. Mulai dari Dermaga Cinta, Jembatan Harapan, dinding penuh dengan kertas bertuliskan harapan banyak orang.

7. Wisata Bahari Dampo Awang Rembang

Wisata Bahari Dampo Awang
Wisata Bahari Dampo Awang via @Indonesiaku

Dari Semarang, kamu akan melewati Demak, Kudus, Pati hingga sampai di Rembang. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dulu disebut juga dengan Taman Rekreasi Pantai Kartini. Selain itu ada daya tarik lainnya, yaitu Kangkar Dampo Awang yang dihubungkan dengan cerita dan legenda dari masyarakat setempat.

8. Pantai Kutang Tuban

Pantai Kutang
Pantai Kutang via Ulinulin.com

Wisata di Tuban Jawa Timur ini memiliki nama unik dan bikin ketawa. Dalam Bahasa Indonesia, Kutang memiliki arti sebagai bra atau pakaian dalam wanita. Terlepas dari asal-usulnya, wisata bahari ini memiliki pamandangan indah dengan jembatan kayu yang seolah terapung di atas lautan. Selain itu Tuban juga memiliki taman bermain andalan yaitu WBL.

Dari Tuban Jalur Pantura dilanjutkan dengan melewati Surabaya, Pasuruan, Probolinggi hingga berujung di Banyuwangi. Kamu akan mudik juga lebaran nanti? Ingin mampir ke mana saja nih?

Tags
Indonesia Lebaran Mudik
Share