Instagenic! 10 Destinasi Wisata di Banjarnegara Puaskan Mata, Kamu Harus Siap Bergaya!

Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai lanskap unik. Bentang alamnya terbagi menjadi tiga zona. Masing-masing, terdiri atas Zona Utara yang sebagian besar merupakan kawasan pegunungan, Zona Tengah yang sebagian besar merupakan Area Depresi Pegunungan Serayu dan Zona Selatan yang merupakan daerah pegunungan dengan relief curam. Karena itu, wisata di Banjarnegara bukan main indahnya. Teman Traveler pecandu keindahan alam, berikut ulasannya!

1. Watu Desel

Tenang! Ini masih di Indonesia via Instagram
Tenang! Ini masih di Indonesia via Instagram/ _heyyfan

Watu Desel berada di Desa Pesangkalan, Pagedongan, Banjarnegara. Dari pusat kota, Teman Traveler butuh waktu setidaknya 15-30 menit menggunakan kendaraan untuk sampai ke sini. Sesampainya di lokasi, siap-siap terpana dengan sebuah konstruksi bebatuan dengan pola yang abstrak dan alami. Bebatuan tersebut menjulang dengan ketinggian yang bervariasi. Berdiri di salah satu puncak batu tertinggi, Teman Traveler akan disuguhi pemandangan dari rimbunnya popohonan yang menyegarkan. Jangan lupa ambil gambar terbaik!

2. Bukit Asmara Situk

Pemandangan dari Bukit Asmara Situk via Instagram
Pemandangan dari Bukit Asmara Situk via Instagram/ intana.c

Wisata di Banjarnegara selanjutnya yang instagenic adalah Bukit Asmara Situk. Lokasinya ada di Desa Kalilunjar, Banjarmangu, Banjarnegara. Untuk mendapatkan spot terbaik di area wisata ini, Teman Traveler harus sedikit mendaki. Sesampainya di atas, jangan kaget dengan lanskap alam yang indah. Dari gardu pandang yang sudah disediakan, Teman Traveler bisa melihat panorama cantik dari lanskap alam yang berkontur naik dan turun. Menakjubkan! Langsung gaya deh pokoknya!

3. Tampomas

Naik Perahu Keliling Danau via Instagram
Naik Perahu Keliling Danau via Instagram/ rizkyahmads_

Objek wisata di Banjarnegara yang satu ini, berupa danau dengan luas sekira 1,8 hektar. Terletak di Desa Gentansari, Pagedongan, Banjarnegara, semula ia merupakan gunung yang dimanfaatkan sebagai area penambangan batu. Pelan-pelan, di kawasan tersebut tercipta sebuah kubangan besar dengan air yang cukup tenang. Masyarakat penggerak wisata di Desa Gentansari lantas mengoptimalkan fenomena alam ini sebagai salah satu tempat piknik yang asyik. Dengan membayar sejumlah uang, Teman Traveler bisa berkeliling menikmati keindahan danau dan alam di sekitarnya menggunakan perahu yang sudah disediakan.

4. Tambang Pasir Putih Desa Petir

Tambang Pasir Putih yang Instagenic via Instagram
Tambang Pasir Putih yang Instagenic via Instagram/ tege.id

Bekas tambang pasir putih di Desa Petir, Purwonegoro, Banjarnegara, takkalah menawarkan lanskap yang unik nan instagenic. Pasir-pasir putih di kawasan ini mengeras dan membentuk lekukan-lekukan alami yang cantik. Berada di Tambang Pasir Putih Desa Petir, Teman Traveler dapat juga menikmati pemandangan asri di sekitarnya.

5. Hutan Pinus Sigadung

Rest Area Terkeren via Instagram
Rest Area Terkeren via Instagram/ asieh_dwi

Berada di sepanjang Jalan Raya Karang Kobar, Banjarnegara, hutan pinus milik Perhutani ini dioptimalkan sebagai rest area. Jadi, siapa saja yang melintas di kawasan tersebut dan butuh istirahat, bisa mampir sambil menikmati suasana yang sejuk khas hutan pinus. Rasa lelah Teman Traveler saat di perjalanan, akan dibayar lunas di Wanawisata Sigadung, Paweden. Menghirup udara segar yang dihasilkan oleh pohon-pohon Pinus sambil mengisi perut yang kosong, tenaga untuk melakukan perjalanan akan kembali penuh.

6. Telaga Dringo

Santai-santai di Pinggir Telaga Dringo via Instagram
Santai-santai di Pinggir Telaga Dringo via Instagram/ destar_aditya

Berada di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Batang, Telaga Dringo menyuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri dan tenang. Ia disebut-sebut terbentuk sebab letusan Gunung Sinila yang terjadi pada 1786 silam. Berada di ketinggian 2.222 mdpl, suhu di sekitar kawasan ini menyegarkan. Dengan lanskap berupa hamparan air tenang dan pepohonan, Telaga Dringo ciamik untuk foto-foto.

7. Kawah Sikidang

Tetap Berhati-hati Saat di Kawah Sikidang via Instagram/ explorebanjarnegara
Tetap Berhati-hati Saat di Kawah Sikidang via Instagram/ explorebanjarnegara

Kawah Sikidang menjadi bagian dari arena wisata yang bisa dikunjungi saat Teman Traveler jalan-jalan ke Dataran Tinggi Dieng. Objek wisata di Banjarnegara berupa kawah aktif terbesar di Dieng ini masih aman dikunjungi. Dari area bibir kawah, pengunjung masih dapat menyaksikan aktivitas vulkanik yang sangat jarang disuguhkan tempat lain. Namun, tetap hati-hati dan waspada ya. Terutama saat akan ambil gambar.

8. Lembah Sumurup

Lembah Sumurup Saat Musim Hujan via Instagram
Lembah Sumurup Saat Musim Hujan via Instagram/ fajartripurnomo

Lembar Sumurup merupakan bagian dari objek wisata Bukit Pangonan. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus traking selama kurang lebih 1 jam. Mulanya, Lembah Sumurup ini adalah sebuah telaga. Ia kini mengering dan tampil dengan kecantikan yang baru. Pepohonan yang ada di sekitar Lembah Sumurup, menampilkan warna kehijauan yang pekat dan cantik.

9. Telaga Merdada

Berada di Ketinggian, Menyaksikan Indahnya Telaga Merdada via Instagram
Berada di Ketinggian, Menyaksikan Indahnya Telaga Merdada via Instagram/ tjiptotjupu

Telaga Merdada, disebut-sebut merupakan telaga terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Meski luas, uniknya ia tidak memiliki sumber mata air. Air yang menggenang di telaga ini, merupakan air hujan. Telaga yang terletak di Desa Karang Tengah, Batur, Banjarnegara ini punya luas yang tidak main-main; sekitar 25 hektare. Tidak heran jika ia disebut sebagai telaga terluas di Dieng.

10. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka yang Punya Legenda via Instagram
Kawah Candradimuka yang Punya Legenda via Instagram/ jjambul08

Objek wisata di Banjarnegara lainnya bisa Teman Traveler temui di Desa Pekasiran, Batur. Tempat ini merupakan salah satu kawah yang ada di Dieng. Ia terkenal dengan legenda Gatotkacanya. Pernah dengar? Bahwa menurut cerita, konon di kawah inilah Gatotkaca mendapatkan kekuatan berupa otot kawat tulang besi. Nama Candradimuka disebutkan di cerita pewayangan sebagai sebuah tempat yang ada di kayangan. Cerita legenda, tidak luput mewarnai keindahan pemandangan di lokasi ini. Semakin bikin penasaran ya?!

Sepuluh destinasi wisata di Banjarnegara dengan keanekaragamannya, dari mulai kawah hingga bukit dan hutan, memperlihatkan kesempurnaan ciptaan Tuhan. Nikmati dengan cara yang baik dan bijak. Abadikan dalam sebuah gambar, namun jangan tinggalkan dan bawa apa pun kecuali ingatan. Selamat berlibur! Jangan lupa jajan dawetnya ya!

Tags
Alam Banjarnegara Indonesia Jawa Tengah Wisata wisata di banjarnegara
Share