Wisata Populer di Asia Ini Terancam Punah, Buruan Ke Sini Sebelum Terlambat!

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Luar Negeri
Wisata di Populer di Asia Terancam Punah Wisata di Populer di Asia Terancam Punah

Tahukah Teman Traveler bahwa beberapa wisata populer di Asia sedang terancam punah? Mulai dari Taj Mahal yang ikonik itu, sampai Maldives tempat populer untuk honeymoon. Kepunahan tersebut akibat dari beberapa hal seperti perubahan iklim dan kelalaian manusia. Mau tahu destinasi mana saja yang kemungkinan akan menghilang?

Taj Mahal, India

Taj Mahal, India via Instagram @julianamoura
Taj Mahal, India via Instagram @julianamoura

Siapa sih Teman Traveler yang tidak kenal dengan Taj Mahal? Destinasi satu ini sangat terkenal bahkan jadi jujuga utama pelancong saat liburan di India. Sayangnya, istana megah ini termasuk dalam daftar wisata populer di Asia yang terancam punah.

Hal itu terjadi akibat adanya erosi dari polusi dan naiknya permukaan air sungai di dekat Taj Mahal. Sehingga bangunan itu pun mengalami kerusakan sedikit demi sedikit.

Maldives

Maldives via Instagram @davidauer
Maldives via Instagram @davidauer

Adakah Teman Traveler yang belum berkunjung ke Maldives? Konon tempat yang merupakan destinasi favorit untuk honeymoon ini akan tenggelam dalam kurun waktu sekitar 100 tahun. Wisata di Asia tersebut terancam punah akibat dari perubahan iklim, tepatnya karena permukaan air laut yang setiap tahun semakin naik.

Piramida Giza, Mesir

Piramida Giza, Mesir via Instagram @eljackson
Piramida Giza, Mesir via Instagram @eljackson

Banyak ditemukan situs piramida di Semenanjung Yucatan, Meksiko. Namun sesuai asalnya, Piramida terletak di Mesir. Siapa sangka, ternyata wisata populer di Asia ini juga terancam punah?

Piramida Giza dan Patung Spinx mengalami pengikisan akibat dari polusi udara. Limbah di sekitar tempat itu juga mulai melemahkan fondasi bangunan. Kalau hal itu tidak dihentikan, Piramida Giza dan Patung Spinx dikhawatirkan benar-benar runtuh sepenuhnya.

The Great Wall of China

The Great Wall of China via Instagram @aurelienaurelio
The Great Wall of China via Instagram @aurelienaurelio

The Great Wall of China memang sekarang saja hanya sepertiga bagiannya saja yang bisa dikunjungi. Sebab sisi yang lain sudah mengalami kerusakan. Kalau dibiarkan saja maka digadang-gadang dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun, The Great Wall of China bisa mengalami pengikisan yang cukup parah.

Maya Bay, Thailand

Maya Bay, Thailand via Instagram @themintandonly
Maya Bay, Thailand via Instagram @themintandonly

Wisata populer di Asia tepatnya di Thailand ini digadang-gadang terancam punah akibat kerusakan ekosistem pantai dan lautannya. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh lonjakan kunjungan wisatawan. Bahkan beberapa waktu lalu, Maya Bay sempat ditutup selama beberapa bulan demi ‘memulihkan diri’.

Banyaknya jumlah pelancong yang datang kemungkinan karena dulunya kawasan itu pernah menjadi lokasi syuting film terkenal The Beach dengan pemain utama Leonardo DiCaprio.

Sundarbans National Park, India and Bangladesh

Sundarbans National Park via Instagram @aadinagarajgowda
Sundarbans National Park via Instagram @aadinagarajgowda

Sundarbans National Park merupakan rumah bagi pohon bakau dan hewan liar yang cukup langka seperti Harimau Benggala. Sehingga tentunya taman nasional tersebut merupakan tempat yang sangat penting.

Namun sayangnya wisata cukup populer di Asia ini terancam punah akibat dari penebangan pohon dan polusi. Hal tersebut akhirnya membuat permukaan air laut naik cukup cepat di kawasan tersebut.

Bagaimana nih menurut Teman Traveler mengenai fenomena tersebut? Siapakah Teman Traveler yang belum berkunjung ke destinasi wisata yang telah diulas di atas? Ayok buruan ke sana sebelum benar-benar menghilang.