4 Wisata Alam Sebagai Saksi Bisu Sejarah Memilukan

Selama ini, kita hanya tahu kalau destinasi wisata hanya dipergunakan sebagai sarana untuk berlibur. Namun sebenarnya, banyak tempat wisata yang bisa kita gunakan sebagai ajang menambah ilmu. Bukan museum, tapi wisata alam dengan sejarah memilukan di baliknya. Apa saja ya kira-kira? 

Lembah Anai, Aaksi Bisu Kerja Rodi

wisata alam sejarah memilukan
Lembah Anai via instagram/
wrangland

Ada fakta menarik saat membangun Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Padang dan Padang Panjang melalui Lembah Anai. Dilansir dari Tirto, masyarakat pada waktu itu dikenai kerja paksa dan orang-orang itu harus menempuh waktu berhari-hari menuju proyek pembangunan jalan tersebut.

Panjang proyek jalan Anai sekitar 10 mil atau sekitar 17 kilometer. Di banyak tempat, para pekerja harus menyingkirkan batu-batu besar yang menghalangi arah jalan. Para pekerja memang dituntut untuk bekerja keras, karena masyarakat yang ada ketika itu jumlahnya sangat sedikit.

Gua Jomblang dan Misteri Hilangnya Terduga PKI

Gua Jomblang via instagram/ beautifuldestinations

Gua Jomblang, salah satu destinasi wisata alam yang menantang adrenalin dan sedang digandrungi banyak pencinta aktivitas ekstrem. Gua yang memiliki mulut gua vertikal ini memang banyak digunakan para caver untuk berlatih dan mengasah kemampuan mereka dalam keilmuwan caving

Jangan heran kalau merasa ada nuansa seram nan mencekam di dalam gua. Hal ini karena dulunya gua tersebut pernah jadi tempat pembantaian para terduga PKI. Konon menurut sejarah, para terduga PKI ditangkap dan dibariskan di pinggir mulut gua dengan tangan yang saling terikat. Mereka dibantai dengan cara ditembak. Sehingga saat salah satu terduga PKI ini ditembak, maka ia akan terjatuh dan menyeret yang lainnya untuk ikut jatuh ke dalam gua. 

Pulau Nusa Barong dengan Sejarah Kerajaan Blambangan

Pulau Nusa Barong via instagram/mbotosugeng34

Pulau Nusa Barong merupakan salah satu wisata alam yang berada di Jember, Jawa Timur. Keindahan Pulau Nusa Barong ini sering kali disebut-sebut sebagai Phi-Phi Island-nya Indonesia. Pantainya yang bersih , pasir putihnya lembut dan hutannya yang masih asri membuat pulau ini tampak begitu memesona.

Di balik keindahannya ini, ternyata Pulau Nusa Barong menyimpan sejarah kelam tentang peperangan Kerajaan Blambangan. Menurut sejarah, dulunya pulau ini merupakan penghasil sarang burung walet. Majunya perekonomian dan politik di kawasan ini membuat Belanda tertarik untuk memperhatikan area ini lebih ketat. Hingga akhirnya pecahlah peperangan pada tahun 1777 dan menewaskan 27 orang.

Kepulauan Morotai, Saksi Keganasan Perang Dunia II

Kepulauan Morotai via instagram/
paramiswari

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Indonesia pernah menjadi saksi keganasan Perang Dunia II. Kepulauan Morotai di Halmahera, Maluku Utara merupakan satu tempat yang menjadi basis tentara Jepang saat menyerbu sekutu. Maka jangan heran jika saat berkunjung ke Kepulauan Morotai, Teman Traveler akan menemukan berbagai macam peralatan sisa Perang Dunia II. Mulai dari pesawat tempur, kendaraan lapis baja, dan barang milik tentara ada di sini. 

Tak hanya melihat peninggalannya di daratan, di dalam laut pun ada juga sisa-sisanya. Salah satunya kapal legendaris yang akan ditemui saat menyelam di Kepulauan Morotai. Itu adalah bangkai Bristol Beufold yang terletak di kedalaman 40 meter. Meski menyeramkan, kapal ini jadi spot yang cantik dengan ribuan karang dan biota laut di dalamnya.

Itulah deretan wisata alam dengan sejarah memilukan di baliknya. Kalau berkunjung ke sana, Teman Traveler bukan cuma bisa berlibur, tapi juga sambil belajar. Mau coba berkunjung ke mana dulu, nih?

Tags
Halmahera Indonesia Jawa Timur Jember Maluku Utara Padang Sumatera Barat Wisata wisata alam sejarah memilukan Yogyakarta
Share