Destinasi Wisata dengan Pertunjukan Seni di Jogja, Agenda Liburan ke Kota Gudeg yang Antibosan

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Selain menghabiskan waktu untuk jalan-jalan di sekitaran Malioboro, Teman Traveler bisa lho menyaksikan hiburan lainnya saat liburan ke Kota Gudeg. Mulai dari sendratari hingga ketoprak, pertunjukan tersebut bisa membuat agenda berlibur menjadi tidak membosankan. Ada di mana saja? Berikut ini beberapa wisata dengan pertunjukan seni di Jogja yang bisa dijadikan destinasi menyenangkan.

1. Pertunjukan Tari di Keraton Jogja

Pertunjukan Tari di Keraton Jogja yang Ramai via Instagram/ kumara_pasae

Liburan ke Jogja tanpa mampir ke keraton, rasanya ada yang kurang. Tetapi jika ingin liburan lebih berkesan, Teman Traveler juga bisa sekaligus menyaksikan pertunjukan tari di sini. Jadwal penyelenggaraan, berlangsung setiap hari Minggu, dari jam 10.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Penari di Keraton Jogja via Instagram/ mulkaa_ahdian

Untuk menyaksikan pertunjukan tari di keraton, tiketnya juga cukup murah, yaitu sebesar Rp7 ribu. Jika membawa kamera, pengunjung dikenai biaya tambahan yang masih aman dan terjangkau.

2. Sendratari Ramayana di Candi Prambanan

Sendratari Ramayana di Candi Prambanan via Instagram/ ullulaz

Berjalan-jalan ke Candi Prambanan, menikmati bangunan yang menurut sejarah berhubungan dengan Roro Jonggrang, jadi agenda yang menyenangkan. Jika ingin sesuatu yang berbeda, Teman Traveler bisa menyaksikan Sendratari Ramayana yang digelar setiap Selasa, Kamis dan Sabtu di sekitar lokasi Candi Prambanan.

Pertunjukan Sendratari dengan Latar Candi Prambanan via Instagram/ mamanitnit

Untuk menyaksikan pertunjukan sendratari tersebut, pengunjung hanya perlu membeli tiket sekitar Rp125 ribu. Pertunjukan bertaraf internasional yang berlangsung selama dua jam tersebut dijamin bisa bikin liburan tambah berkesan.

3. Pagelaran Wayang Kulit di Museum Sonobudoyo

Pertunjukan Wayang Kulit di Museum Sonobudoyo via Instagram/ fion130

Destinasi wisata dengan pertunjukan seni di Jogja selanjutnya bisa Teman Traveler saksikan di Museum Seno Budoyo. Pertunjukan yang disuguhkan berupa pagelaran wayang kulit yang berdurasi selama dua jam.

Museum Sonobudoyo Jogja via Instagram/ wakacjewindonezji

Pagelaran wayang kulit dilaksanakan setiap hari, kecuali hari libur, hari besar keagamaan dan nasional. Bertempat di Pendopo Timur Museum Sonobudoyo, wisatawan yang menyaksikan pagelaran ini sebagian besar adalah turis asing. Jumlahnya bervariasi antara 20-40 orang.

Wayang Kulit di Museum Sonobudoyo via Instagram/ leapoffaithchloe

Teman Traveler tertarik untuk menyaksikan? Tiketnya hanya seharga Rp20 ribu. Sebagai informasi, pertunjukan wayang kulit akan tetap berlangsung meski tidak ada pengunjung yang datang.

4. Pertunjukan Ketoprak di RRI Jogja

Pertunjukan Ketoprak di RRI Jogja via Instagram/ muhammad_hanifprananda

RRI Jogja juga kerap menyelenggarakan pertunjukan ketoprak yang bisa disaksikan lho. Pelaksanaannya dilakukan secara rutin setiap bulan. Pertunjukan ketoprak juga disiarkan langsung melalui RRI Jogja.

Ketoprak Dikemas dengan Lucu via Instagram/ muhammad_hanifprananda

Pagelaran ketoprak yang dilaksanakan di sini bercerita tentang kehidupan masyarakat pada zaman Kerajaan Mataram. Jangan khawatir akan bosan ya, karena pertunjukan dikemas dengan lucu.

5. Jazz Mben Senen di Bentara Budaya Jogja

Jazz Mben Senen yang Bisa Dinikmati Gratis via Instagram/ rachmat.melur

Bentara Budaya Jogja yang ada di Jln. Suroto No. 2, Kotabaru, Gondokusuman, menjadi destinasi wisata dengan pertunjukan seni di Jogja selanjutnya yang bisa Teman Traveler kunjungi. Setiap hari Senin pukul 20.00 WIB, di sini berlangsung pertunjukan jazz dari Komunitas Musik Jazz Jogja.

Diisi oleh Musisi-musisi Jazz Berbakat via Instagram/ giovgor

Bertajuk Jazz Mben Senen, acara ini beberapa kali diisi oleh beberapa musisi nasional. Serunya, untuk menikmati sajian musik jazz di sini, pengunjung tidak perlu membayar tiket.

6. Sendratari Sugriwa Subali di Goa Kiskendo Kulonprogo

Sendrayari Sugriwa Subali di Goa Kiskendo via Instagram/ otoritaborobudur

Destinasi wisata dengan pertunjukan seni di Jogja selanjutnya cukup unik. Penyebabnya karena Sendratari Sugriwa Subali dilaksanakan di ruangan terbuka, tepatnya di sebuah panggung yang ada di Goa Kiskendo, Jatimulyo, Kulonprogo.

Digelar di Luar Ruangan via Instagram/ otoritaborobudur

Jadwal penyelenggaraan berlangsung setiap hari Minggu di minggu ketiga setiap bulan, mulai dari jam 10.00 WIB. Harga tiket untuk menyaksikan pertunjukan ini adalah Rp3 ribu, sama dengan harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata Goa Kiskendo.

Destinasi wisata dengan pertunjukan seni di Jogja bisa membuat liburan jauh dari bosan. Selain itu, dengan begini, Teman Traveler juga turut melestarikan salah satu budaya dan seni Indonesia. Menarik, kan? Kalau begitu, kapan lagi main-main ke Jogja?