Wisata Danau Kalimantan Tengah, Pas untuk Menyendiri Saat Galau

Teman Traveler sedang galau? Cobalah menyepi ke wisata danau Kalimantan Tengah berikut ini. Dijamin kegalauan hati menjadi berkurang saat melihat indahnya danau dan pesona alam sekitarnya. Simak yuk informasi tempat terbaik untuk menyepi bagi Teman Traveler di bawah ini.

Danau Bulat

Danau Bulat via instagram/pangkakena

Danau Bulat terletak di Desa Jahanjang, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Danau ini menjadi salah satu destinasi ekowisata Kamipang dan banyak dikunjungi wisatawan asing maupun lokal. 

Danau ini memiliki luas 500 m2 dan airnya berwarna cokelat kemerahan yang menawan. Warna merah ini berasal dari air lahan gambut. Pengunjung dapat bersampan, memancing, atau menikmati matahari terbit dan tenggelam di danau bulat.

Danau Sanggu

Danau Sanggu via instagram/haris_basukii

Danau Sanggu ada di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Hal yang paling menarik dari wisata danau Sanggu adalah adanya tempat pemakaman di seberang danau. Pada saat hari raya umat Kristiani yaitu Paskah, masyarakat sekitar akan menyalakan lilin di pemakaman tersebut, sehingga pemandangan pada malam hari akan terlihat sangat indah. 

Danau Sanggu juga bisa sering digunakan untuk memancing karena menyatu dengan danau Malawen, yang merupakan danau keramat bagi suku dayak Kalimantan.

Danau Biru Katingan

Danau Biru Katingan via Facebook

Danau Biru berlokasi di Desa Tewang Rengkang, Kecamatan Tewang Sangalang. Danau ini adalah sisa galian pertambangan emas yang sudah bertahun-tahun dibiarkan. Melewati proses alam, maka jadilah Danau Biru yang saat ini justru menjadi tempat wisata di Kalimantan Tengah tepatnya di Kabupaten Katingan. 

Pengunjung danau kebanyakan anak-anak muda yang ingin swafoto dengan latar belakang warna biru air danau. Beberapa juga menginap di kawasan Danau Biru sembari mendirikan tenda. Biaya masuk ke danau ini hanya Rp 10 ribu saja. 

Danau Hanjalutung

Danau Hanjalutung via Facebook

Danau Hanjalutung berada di Kelurahan Petuk Ketimpun, Kecamatan Jekan Raya. Keunikan danau ini adalah bentuknya yang serupa tapal kuda atau sering disebut oxbow lake. Luas Danau Hanjalutung diperkirakan kurang lebih 12 Hektare dengan kedalaman sekitar 8 meter.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat mengunjungi danau ini, Teman Traveler bisa  susur Danau, memancing, atau menikmati kuliner khas Dayak. Akses menuju Danau Hanjalutung cukup mudah, dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Palangka Raya untuk sampai ke danau ini.

Itu dia empat wisata danau Kalimantan Tengah yang direkomendasikan oleh Travelingyuk buat Teman Traveler. Selamat menikmati waktu dan mengobati galau.

Tags
danau di Indonesia Indonesia Kalimantan Tengah wisata alam Indonesia wisata danau
Share