10 Wisata Cirebon yang Lagi Hits di Tahun 2019

Ketika jelajah Jawa Barat, mungkin yang terpikir adalah Bandung, Bogor dan kota besar lainnya. Namun, sebenarnya ada kota lain yang mempunyai banyak tempat wisata di dalamnya. Teman Traveler bisa menemukan wisata Cirebon yang dapat dikunjungi dalam sehari penuh ataupun yang ingin bermalam. Penasaran seperti apa? Simak ulasan wisata yang ada di Cirebon berikut ini. 

Setu Sedong 

wisata cirebon
Setu Sedong via instagram/shuttergasm

Bagi Teman Traveler yang suka menyaksikan pemandangan alam nan indah, bisa berkunjung ke Setu Sedong. Waduk Setu Sedong siap menyuguhkan pesona panorama yang dapat memanjakan mata. Teman Traveler bisa melihat Gunung Ciremai di bagian belakang waduk.

wisata cirebon
Setu Sedong saat senja via instagram/mr.ghopad

Tak hanya itu, karena posisinya berada di ketinggian kurang lebih 300 m di atas permukaan laut, kalian bisa memandang eksotisnya matahari tenggelam. Kalau tak percaya, bisa langsung meluncur ke Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon. 

Cirebon Waterland 

wisata cirebon
Cirebon Waterland via instagram/cirebon_waterlandofficial

Wisata permainan air juga ada nih di Cirebon. Namanya adalah Cirebon Waterland yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon.

Tak hanya bisa bermain air dengan semua wahana seru, tapi juga dapat melihat pemandangan laut indah tepat di samping destinasi wisata. Cocok kan untuk menghabiskan akhir pekan?

wisata cirebon
Penginapa di Cirebon Waterland via instagram/ohsanny_

Untuk harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berkisar dari Rp50 ribu sampai Rp65 ribu. Nah, bagi kalian yang ingin bermalam juga bisa, karena di sini tersedia penginapan dengan beragam tipe. Jadi, Teman Traveler bisa memilih sesuai keinginan. Tak perlu ragu dengan kualitasnya, karena penginapan di Cirebon Waterland termasuk yang terbaik di Cirebon. 

Telaga Remis 

wisata cirebon
Telaga Remis via instagram/cirebonexotic

Kalau ingin ke tempat wisata yang penuh ketenangan, bisa datang ke Telaga Remis. Wisata yang juga masuk ke wilayah Kabupaten Kuningan ini memiliki keindahan di airnya yang bening berwarna hijau. Selain itu, suasananya sangat sejuk dan asri karena terdapat banyak pohon di sekitarnya.

wisata cirebon
Jembatan Telaga Remis via instagram/lalaniww

Oleh karenanya, tak jarang lokasi ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding atau sekedar pemotretan biasa. Apabila ingin berkunjung, bisa melipir ke daerah Kaduela, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 

Keraton Kasepuhan Cirebon 

wisata cirebon
Bagian depan Keraton via instagram/davidkwok36 

Teman Traveler pasti sudah tidak asing lagi dengan Keraton Kasepuhan Cirebon. Merupakan bangunan utama dari Kesultanan Cirebon dan masih menjadi tempat singgah dari keluarga kerajaan. Meskipun begitu, keraton ini juga dibuka untuk umum dengan biaya masuk Rp15 ribu.

wisata cirebon
Gapura Keraton via instagram/davinrizqa

Di dalamnya, kalian akan menemukan banyak bangunan kerajaan dengan fungsi masing-masing. Semua ini dapat kalian lihat di Jalan Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. 

Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman via instagram/_ratunu

Berjarak 600 m dari Keraton Kasepuhan, terdapat Keraton Kanoman yang dapat kalian kunjungi. Teman Traveler bisa menemukan peninggalan dari Sunan Gunung Jati, seperti dua kereta bernama Paksi Naga Liman dan Jempana. Kemudian, ada juga Bangsal Jinem yang merupakan pendopo untuk menerima tamu dan masih banyak lagi. 

Gapura Keraton Kanoman via instagram/msofyanaffandy

Taman Sari Gua Sunyaragi 

Taman Sari Gua Sunyaragi via instagram/shenacinnamon

Destinasi sejarah lain yang ada di Cirebon adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Berlokasi di Jl. Brigjend AR Dharsono, Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon, wisata ini tidak seperti gua biasanya. Melainkan gua berada di atas permukaan tanah.

Bangunan Taman Sari Gua Sunyaragi via instagram/derfadhr

Bentuknya mirip bangunan kuno berbatu dan memiliki beberapa ruangan yang sedikit hancur. Walau begitu, destinasi wisata ini sangatlah instagenic, jadi kalian bisa berfoto dengan angle menarik. 

Pantai Kejawanan 

Pemandangan senja Pantai Kejawanan via instagram/rahmathl

Di Cirebon juga ada salah satu pantai yang menjadi kebanggaan, bernama Kejawanan. Bertempat di Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Pantai Kejawanan selalu ramai pengunjung ketika akhir pekan atau hari libur.

Pantai Kejawanan via instagram/ochiepasadena

Ombaknya yang tenang dan juga pemandangan matahari tenggelamnya yang selalu menarik perhatian. Hanya dengan lima ribu rupiah, Teman Traveler bisa menikmati semuanya. 

Makam Sunan Gunung Jati 

Pemakaman Sunan Gunung Jati via instagram/rachmat4fauzi

Selain keraton, Teman Traveler juga dapat mengunjungi makam Sunan Gunung Jati di Cirebon. Makam tersebut berada di sebuah kompleks pemakaman yang terletak di atas lahan seluas lima hektar dan dibagi menjadi dua.

Keramik di Makam Sunan Gunung Jati via instagram/saaaaps

Kompleks utamanya adalah tempat makam Sunan Gunung Jati berada, yaitu di Gunung Sembung, yang memuat sekitar 500 makam. Saat berkunjung ke kompleks Makam Sunan Gunung Jati, setiap pengunjung harus melepas alas kaki, mengisi buku tamu, dan diharapkan memberikan sumbangan sukarela kepada juru kunci yang merawat kompleks pemakaman ini. 

Batu Lawang 

Batu Lawang via instagram/alvirarahmawati 

Sesuai dengan namanya, Batu Lawang merupakan sebuah wilayah yang terdiri dari tebing-tebing serta batu yang bentuknya seperti lawang atau pintu. Tebing-tebing di area ini biasanya dimanfaatkan sebagai arena panjat tebing oleh para pecinta alam.

Bagian bawah Batu Lawang via instagram/miftakhurrizkyy

Sedangkan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana dari ketinggian, bisa menuju puncak-puncak batu, dengan catatan harus ekstra hati-hati. Kalau kalian penasaran dengan wisata ini, bisa langsung menuju ke Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Cirebon . 

Alun-alun Kejaksan 

Gapura Alun-alun Kejaksan via instagram/masjojo_

Terakhir, ada Alun-alun Kejaksan Cirebon yang berada di Jl. Kartini, Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Cirebon. Destinasi wisata satu ini tidak hanya digunakan untuk tempat bersantai. Tapi juga merupakan tempat berkumpulnya komunitas-komunitas ternama di Cirebon, salah satunya adalah klub otomotif.

Alun-alun Kejaksan via instagram/agildrmwnn

Kemudian, di Alun-alun ini juga kalian bisa menemukan pedagang kuliner khas Cirebon yang kerap dicari wisatawan. Tapi, untuk mencicipi kuliner yang ada, disarankan jangan datang terlalu malam, karena banyak kios yang sudah tutup. 

Nah, itulah tadi deretan wisata yang ada di Cirebon. Mulai dari destinasi bersejarah sampai dengan wisata alam pun ada. Apakah ada salah satu tempat yang sudah Teman Traveler kunjungi? 

Tags
Cirebon Indonesia Jawa Barat Wisata wisata cirebon
Share