23 Wisata di Cianjur yang Keren dan Menghibur

febri rama

febri rama

On Indonesia
Wisata di Cianjur Wisata di Cianjur

Cianjur adalah kota yang menghibur. Ada bayak wisata Cianjur yang akan membuatmu senang dan penuh kebahagiaan. Mulai dari alam hingga taman buatan. Fasilitas yang ditawarkan juga lumayan. Cocok sekali dijadikan destinasi untuk libur akhir pekan. Berikut ini Travelingyuk telah merangkumkan 23 wisata Cianjur yang bisa kamu pilih. Mari kita mulai dari Little Venice.

1. Little Venice Kota Bunga

Little Venice
Little Venice via Instagram/@puncakinn.id

Tempat wisata Cianjur ini mengambil tema Venesia. Yaitu kota di Italia dengan sungai-sungai indah di antara bangunan bergaya Eropa. Di sini, kamu pun bisa naik perahu dan melihat spot-spot foto menarik. Selain itu dilengkapi juga dengan taman bunga dan masih banyak wahana lainnya. Langsung saja datang ke lokasi Little Venice  yang ada di Batulawang, Cipanas. 

2. Curug Ngebul

Curug Ngebul
Curug Ngebul via Instagram/@abee_aries

Curug Ngebul adalah air terjun di Cianjur yang memiliki pemandangan indah. Debit airnya cukup deras terutama di musim hujan. Meski begitu ada kolam yang bisa kamu gunakan untuk bermain air. Udaranya sejuk karena pepohonan di sekitar sini juga cukup rindang. Di sini juga ada taman bunga yang cantik. Wisata Cianjur ini berada di Bunijaya, Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

3. Green Canyon Cianjur

Green Canyon Cianjur
Green Canyon Cianjur via Instagram/@irawan.mohamad

Cianjur juga punya Green Canyon dengan tebing batu eksotis dan aliran air jernih. Letak wisata yang masih jarang terjamah ini ada di Kecamatan Leles. Kamu bisa bermain air hingga berenang dengan penuh keseruan. Tapi tetap hati-hati ya, hindari berenang saat cuaca sedang buruk. Di lokasi juga ada air terjun keren yang memanjakan mata.

4. Desa Balegede

Desa Balegede
Desa Balegede via Instagram/@nitizulbiya

Tempat ini mungkin hanya Desa biasa. Namun jangan remehkan pemandangan alam yang ditawarkan. Indahnya Sawah dan Ladang dengan latar belakang pegunungan, bisakah kamu mengabaikannya. Datanglah ke sini dan cari spot foto keren. Lokasi tepatnya berada di wilayah Kecamatan Naringgul, Kawasan Cianjur bagian Selatan.

5. Kebun Teh Sukanagara

Kebu Teh Sukanagara
Kebu Teh Sukanagara via Instagram/Sukanagara

Untuk kamu yang berburu tempat yang nyaman dan tenang bisa datang ke Kebun Teh Pasir Nangka di Sukanagara. Cuacanya begitu khas dengan mendung temaram di waktu tertentu. Hembusan angin pegunungan bisa kamu rasakan dengan bebas. Kamu tinggal berjalan mengikuti jalan yang biasa dilalui warga, atau bersepeda dan menjelajah hingga jauh ke pedalaman.

6. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang
Situs Gunung Padang via Instagram/@zams_al_rasyid

Siapa sangka jika ternyata Cianjur dulunya adalah salah satu pusat peradaban besar. terbukti dari temuan benda-benda pra sejarah di situs Gunung Padang. Areanya akan mengingatkanmu pada Machu Pichu di Peru. Untuk ke sini kamu bisa mengambil jalur menuju ke Jalan Alternatif Cibubur, Karyamukti, Campaka. Hingga sekarang ada banyak sekali misteri yang belum terpecahkan dari situs ini.

7. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara via Instagram/@abdulatheem.a

Untuk urusan wisata keluarga di Cianjur, serahkan pada Taman Bunga Nusantara. Di sini ada banyak sekali wahana permainan yang seru. Salah satunya adalah bianglala. Kemudian masih ada juga area dengan bunga warna-warni. Untuk uji nyali, bisa masuk ke labirin yang luas dan penuh tantangan. Taman Bunga Nusantara berada di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi.

8. Curug Cijampang

Curug Cijampang
Curug Cijampang via Instagram/@roobimaulana

Curug Cijampang  berada di Desa Situhiang Kec. Pagelaran Kabupaten Cianjur. Untuk ke sini, sebaiknya menggunakan kendaraan bermotor. Kalau menggunakan mobil, harus berhenti di pemukiman dan lanjut dengan ojek. Bisa juga jalan kaki dengan jarak sekitar 2 kilometer. Kamu akan melewati persawahan dan belantara dengan pemandangan indah. Curug Cijampang ini masih sangat alami dengan beberapa tingkatan.

9. Gunung Gede

Gunung Gede
Gunung Gede via Instagram/@aring_landscape

Gunung Gede adalah destinasi pendakian dengan pemandangan indah. Sebagian wilayahnya berada di kabupaten Cianjur. Di sini kamu bisa menjelajahi alam yang penuh dengan keindahan. Begitu sampai di puncak, sapalah alam yang menawarkan panorama mengagumkan. Gunung gede memiliki ketinggian 2958 meter di atas permukaan laut.

10. Perkebunan Teh Cempaka

Kebun Teh Cempaka
Kebun Teh Cempaka via Instagram/@

Karena berada di kawasan tinggi, Cianjur punya beberapa area perkebunan teh yang keren. Selain Pasir Nagka, ada juga Kebun Teh Cempaka. Ketinggiannya mencapai 1200 meter di atas permukaan laut. Di sini kamu akan menikmati kesejukan alami dengan suhu sekitar 24 derajat. Bukit-bukit hijau berselimut tanaman teh juga jadi spot foto keren.

11. Candi Tridarma

Candi Tridharma
Candi Tridharma via Instagram/@hendriromeo_f

Ini adalah satu-satunya Candi yang ada di Cianjur. Meski saat ini kondisinya seperti bangunan berumur ribuan tahun. Ternyata candi ini dibangun sekitar tahun 2000-an. Tentu saja tidak ada sentuhan atau hubungan dengan kerajaan-kerajaan di masa silam. Sekarang candi dijadikan sebagai spot selfie dan melihat pemandangan. Rencananya, candi akan difungsikan sebagai wihara. Namun karena terkendala izin, pembangunannya pun dihentikan.

12. Curug Ciastana

Curug Ciastana
Curug Ciastana via Instagram/@ridzal.fdl_

Tinggi Curug Ciastana mencapai 50 meter dengan dabit air cukup deras. Bentuknya melebar dan memiliki tingkatan. Terlihat unik dan beda dari curug di Cianjur pada umumnya. Fasilitas yang ada di sini masih sangat minim karena memang belum dikelola secara resmi sebagai tempat wisata. Langsung saja nikmati kesegarannya dan datang ke Desa Bojongkasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur.

13. Pantai Apra

Pantai Apra
Pantai Apra via Instagram/@@kintanmput31

Pantai Apra menjanjikan pemandangan keren untuk menyegarkan pikiran. Lokasinya berada di kecamatan Sindang Barang.  Angin di sini sangat kencang dengan ombak yang menggulung dengan ganas. Jika berangkat dari pusat Kota Cianjur, maka kamu harus menempuh perjalanan salam 4 jam. Tempat wisata Cianjur ini akan semakin ramai saat Musim Impun, yaitu ikan kecil yang memiliki rasa lezat ketika dimasak.

14. Curug Citambur

Curug Citambur
Curug Citambur via Instagram/@kaumprimitif

Curug Citambur adalah wisata Cianjur yang sangat terkenal di kalangan para pecinta alam. Pemandangan alam di sini memang mengagumkan seperti film-film negeri dongeng. Dinding berbalut tumbuhan hijau hingga angin kencang yang membawa kesegaran adalah daya tarik yang membuat pengunjung susah beranjak pergi. Tinggi air terjun yang berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda ini mencapai 130 meter.

15.  Curug Cipendawa

Curug Cipendawa
Curug Cipendawa via Instagram/@gusstrav

Curug Cipendawa masuk dalam wilayah Sukatani, Pacet. Butuh perjuangan untuk sampai di lokasi karena kamu harus berjalan kaki melewati perkebunan dan hingga ladang milik warga. Kemudian masuk ke are penuh pepohonan lebat. Jalurnya sempit dan menurun kemudian di sisinya ada tebing tinggi. Begitu melihat air terjunnya, kamu akan dibuat puas nggak ketulungan karena pemandangan Curug Cipendawa.

16. Pantai Jayanti Cianjur

Pantai jayanti
Pantai jayanti via Instagram/@siharrr

Terletak di Desa Cidampar. Kecamatan Cidaun, Pantai Jayanti Cukup Mudah diakses dengan kendaraan. Fasilitasnya juga lengkap dan cocok dijadikan destinasi liburan keluarga. Ada tempat-tempat untuk berteduh dari teriknya matahari sambil santai menghirup udara beraorma laut. Areanya luas dengan pantai berpasir putih.

17. Curug Cidadali

Curug Cidadali
Curug Cidadali via Instagram

Curug Cidadali bisa dianggap sebagai Niagara mini. Wisata Cianjur ini memiliki keindahan yang paripurna. Buktikan sendiri dengan datang ke Kampung Legoksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak. Bentuk Curug Cidadali meleber membentuk tirai benang berwarna putih. Di balik curug juga ada gua yang tersembunyi.

18. Kampung Budaya Pandan Wangi

Kampung Budaya Pandan Wangi
Kampung Budaya Pandan Wangi via Instagram/@hendimulyana_s

Desa Wisata ini memiliki luas hingga 12 hektar. Ada bangunan tradisional yang berbentuk rumah panggung. Beberapa di antaranya dibuka untuk pengunjung. Seperti museum rumah tani. Di dalamnya ada berbagai macam peralatan pertanian. Pengunjung yang datang akan diajak melihat indahnya persawahan Kampung Pandan wangi.

19. Curug Cikondang

Curug Cikondang
Curug Cikondang via Instagram/: @dederahmat1607

Wisata Cianjur yang satu ini juga disebut dengan Niagara Mini di Indonesia. Bentuknya melebar dengan ketinggian 50 meter.  Begitu megah dan memesona, apalagi di sekitar air terjun terdapat perkebunan teh dan sawah terasiring. Terasa sejuk dan memanjakan mata, bukan? Jika kamu berangkat daru Kota Cianjur ke sini, harus menempuh perjalanan sejauh 37 km. Atau sekitar 7 km saja dari Situs Gunung Padang.

20. Curug Luhur

Curug Luhur
Curug Luhur via Instagram/@ekiferdian19

Untuk menuju curug yang masih tersembunyi ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan kendaraan bermotor dari pusat kota Cianjur. Fasilitasnya juga belum lengkap, tapi kamu bisa melakukan banyak hal di sini. Mulai dari duduk-duduk santai hingga basah-basahan bermain air. Jangan lupa abadikan momen lewat foto atau video. Lokasi wisata Cianjur ini berada di  Desa Cimaskara, Kecamatan Cibinong.

21. Wisata Wachi

Wach Cianjur
Wach Cianjur via Instagram/@naisyah26

Ini adalah wisata Cianjur untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Kamu harus menuju ke puncak bukit agar bisa melihat dengan bebas lembah-lembah berbalut kabut. Disediakan spot foto yang Instagramable. Mulai dari yang bentuknya menyerupai bunga matahari, hingga papan berbentuk hati. Lokasinya berada di Pagermaneuh, Tanggeung, Cianjur.

22. Waduk Cirata

Waduk Cirata
Waduk Cirata via Instagram/@denden_maulana13

Wisata Cianjur memang lengkap. Kamu bahkan bisa menemukan waduk di sini. Namanya adalah Cirata di Kecamatan Cilingcing.  Luasnya mencapai 62 kilometer persegi. Di sini, kamu bisa santai dan mengelilingi waduk dengan mendayung perahu. lebih seru lagi jika kamu datang bersama dengan keluarga.

23. Bukit Jaling

Bukit Jaling
Bukit Jaling via Instagram/@deppiapey

Bukit Jaling adalah wisata Cianjur yang keren untuk berkemah. Dari puncaknya kamu bisa melihat banyak sekali pemandangan indah. Termasuk juga panorama sunrise dan sunset. Perjalanan menuju puncak juga tidak terlalu berat dan cocok sekali untuk pendaki pemula. Langsung saja datang ke Desa Sukamulya Kecamatan Warungkondang.

Itulah beberapa tempat wisata Cianjur yang sangat menghibur. Tunggu apa lagi segera siapkan perbekalannya dan langsung meluncur.