Deretan Wisata Bukit Jogja, Menggapai Awan di Kota Gudeg

Jogja selama ini dikenal sebagai kota wisata yang kental dengan beragam budaya dan tradisi. Namun orang sering lupa bahwa Kota Gudeg juga punya kawasan dataran tinggi yang indah. Bagi sobat traveler yang ingin mencari suasana berbeda, tak ada salahnya mencoba mengunjungi deretan wisata bukit Jogja.

Tak kalah dengan kawasan Puncak, dataran tinggi di Jogja juga menawarkan panorama luar biasa. Bahkan pengunjung seolah bisa menyentuh ujung awan jika berada di tempat wisata di Jogja hits dan istimewa tersebut. Penasaran? Berikut adalah daftar beberapa wisata bukit Jogja yang layak sobat traveler kunjungi.

1. Mojo Gumelem Hill

Bukit Mojo Gumelem
Bukit Mojo Gumelem via Instagram bebe_vins

Wisata di kawasan perbukitan dengan belasan titik swafoto belakangan menjadi tren di berbagai daerah. Jogja pun tidak mau kalah. Kota pimpinan Sri Sultan tersebut punya beberapa wisata sejenis, salah satunya adalah Mojo Gumelem Hill.

Bukit cantik ini masuk wilayah Mangunan, Dlingo, Bantul. Tak hanya pemandangan indah dari ketinggian, pengunjung juga bakal dimanjakan dengan beragam spot selfie unik, mulai dari yang berbentuk sarang burung hingga bunga matahari. Jika bosan berfoto-foto, menikmati matahari terbit atau terbenam di sini juga tak kalah asyik.

2. Goa Jepang Surocolo

Spot foto Goa Jepang
Spot foto Goa Jepang via Instagram yn.wulansari

Sesuai namanya, di sini para pengunjung bisa menemukan gua atau bunker peninggalan zaman penjajahan Jepang. Bagi sobat traveler yang hobi melakoni wisata sejarah, tempat yang berada di Seloharjo, Pundong, Bantul ini sangat layak dikunjungi. Total ada 13 bunker yang dibuat sesuai instruksi pasukan Jepang di kawasan ini dan semuanya dibuka untuk umum.

Sebagai bonus, para pelancong bisa mengabadikan momen di satu titik foto unik. Bentuknya mirip bunga sepatu dan jadi salah satu wahana nge-hits di antara para pelancong.

3. Kalibiru

Spot gantole di Kalibiru
Spot gantole di Kalibiru via Instagram jolam.tyandika

Tak cuma Bantul, kawasan Kulonprogo juga punya sejumlah wisata perbukitan cantik. Salah satunya Kalibiru, yang berada di Jl Waduk Sermo, Hargowilis, Kokap. Di sini pengunjung bisa merasakan hawa segar khas dataran tinggi, sembari menikmati beragam wahana seru.

Spot foto di Kalibiru pun tak seperti kebanyakan wisata lainnya, jauh lebih unik dan menantang. Ada yang berbentuk sepeda udara, dilengkapi tali sehingga pengunjung bisa berpose melompat, bahkan yang terbaru bakal membuat wisatawan seolah melayang di udara dengan gantole.

4. Watupayung

Spot di Watupayung
Spot di Watupayung via Instagram upiecupi

Watupayung merupakan salah satu wisata baru di kawasan Gunungkidul. Pengunjung bisa mendapati sejumlah karya seni hasil kolaborasi warga sekitar dan komunitas seni rupa lokal. Semua karya tersebut memiliki nilai estetika tinggi dan berdiri indah di tepian bukit.

Tak cuma sekedar berfoto, sobat traveler juga bisa duduk sembari menikmati indahnya pemandangan kawasan Geopark Gunungkidul. Pengelola wisata setempat juga menyediakan kopi khas yang diberi nama Oblo. Hangat dan nikmat, siap membuat pengalaman traveling kian semarak.

Itulah tadi sejumlah wisata bukit Jogja yang bakal membuat sobat traveler seolah bisa menyentuh awan di Kota Gudeg. Jika ingin mencari suasana berbeda di akhir pekan atau selama masa liburan, tak ada salahnya mengunjungi salah satu dari sekian destinasi tersebut.

Tags
Jogjakarta Wisata
Share