Destinasi Wisata Bukan Pantai di Tual Maluku Tenggara

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia

Tual, Maluku Tenggara selama ini kondang memiliki destinasi wisata alam berupa pantai yang begitu istimewa. Bahkan, salah satunya disandingkan dengan Raja Ampat. Memang benar sepertinya, Indonesia bagian Timur memang memiliki keindahan yang sulit untuk dibantah. Tual memang memiliki banyak pantai apik, namun ada juga destinasi lainnya ditawarkan. Inilah destinasi wisata bukan pantai di Tual, apa saja?

Kampung Merah Putih

Kampung Merah Putih, via Instagram/kampungmerahputihtual
Kampung Merah Putih, via Instagram/kampungmerahputihtual

Lokasi Tual memang di salah satu ujung Indonesia, meskipun begitu mereka memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Buktinya adalah ada Kampung Merah Putih dan menunjukkan kegagahan Indonesia. Di sini terdapat kurang lebih 130 mural bertemakan sejarah perjuangan. Sehingga, tak heran akan banyak sosok pahlawan di dinding.

Kampung Merah Putih ini sudah diresmikan sejak tanggal 24 Januari 2018, masih cukup ramai sampai saat ini. Salah satu wisata bukan pantai di Tual ini berada di Desa Kiom, Kota Tual, Maluku. Jika sedang berada di Tual dan tak mau wisata basah-basahan, Kampung Merah Putih ini bisa jadi pilihan buat dijelajahi.

Goa Hawang

Goa Hawang, via Instagram/berangan_trip
Goa Hawang, via Instagram/berangan_trip

Tempat lainnya yang juag cantik adalah Goa Hawang. Lokasinya berada di Desa Letvian, sekitar 15 km dari pusat kota Tual. Goa di tempat ini memiliki air yang begitu jernih sehingga membuat permukaanya terlihat dengan jelas. Panoramanya sangat istimewa, kamu tak akan menyesal datang ke lokasi ini. Lelah main-main di sekitaran goa, kamu bisa berkeliling di destinasi wisata lainnya.

Bukit Masbait

Bukit Masbait, via Instagram/evelynkauw1
Bukit Masbait, via Instagram/evelynkauw1

Bukit Masbait ternyata bukan sembarang bukit. Ini merupakan lokasi ziarah, tidak hanya untuk umat Kristiani saja melainkan terbuka bagi semua agama. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 300 meter di atas pemukaan laut (mdpl). Karena lokasinya bisa dibilang cukup tinggi, udaranya sejuk dan bersih lho.

Wisata bukan pantai di Tual ini cukup asri, bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki sekitaran 30 menit. Siapkan stamina sebelum datang ya. Di bagian puncaknya, kamu bisa menyaksikan Patung Yesus yang diketahui merupakan hadiah dari Paus Yohanes Paulus II.

Danau Waren

Danau Waren, via Instagram/intanwidyananda
Danau Waren, via Instagram/intanwidyananda

Lokasi lainnya destinasi bukan pantai di Tual adalah Danau Waren yang cantik saat diabadikan ke dalam foto. Danau ini masih cukup asri dan belum banyak pembangunan ya. Alamatnya berada di Desa Ngadi, Tual, Maluku. Lokasinya bisa dijangkau 20 menit dari kota Tual. Bisa diakses dengan mudah, menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Suasananya masih sangat asri ya.

Tual memang cantik dengan segala pesona yang ditawarkan. Kapan mau berkunjung ke deretan wisata Maluku di atas?