Kampung Merah Putih di Tual, Pancaran Nasionalisme di Ujung Negeri

Jika di Malang ada Kampung Biru dan Kampung Warna Warni Jodipan, Maluku juga memiliki kampung warna yang tak kalah cantik. Kampung warna di Maluku ini terdapat di Tual, tepatnya di Desa Kiom, Kota Tual, Maluku. Bedanya, destinasi yang terdapat di Tual ini mengusung tema merah putih dari bendera kebangsaan Indonesia. Seperti apa sih keindahannya?

Kampung Kumuh Disulap Jadi Wisata

Kampung Merah Putih, Via Instagram rendrahanggara

Sebelum banyak dikunjungi seperti sekarang ini, lokasi Kampung Merah Putih ini termasuk ke dalam daerah yang cukup memprihatinkan dalam hal kebersihan. Untuk mengubah kampung kumuh menjadi layak dikunjungi, Wali Kota Tual, Maluku Utara Adam Rahayan S. Ag. M.si memperindah kampung tersebut untuk menyedot wisatawan. Hal tersebut dilakukan juga untuk memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat di Tual.

Rumah merah putih, Via Instagram kampungmerahputihtual

Pihak Pihak pemerintah setempat kemudian bekerjasama dengan salah satu produsen cat terkemuka Indonesia yakni Pacific Paint untuk ‘menyulap’ kampung yang sebelumnya kumuh dan tak layak kunjungi menjadi cantik seperti sekarang ini.

Pancaran nasionalisme di Tual, Via Instagram Via Instagram kampungmerahputihtual

Kampung Merah Putih di Tual ini diresmikan pada tanggal 27 Januari 2018 sebagai perwujudan rasa nasionalisme dari perusahaan. Karena memang tanggal tersebut juga bertepatan dengan hari ulang tahun ke-75 Pasific Paint.

Terdapat 130 Mural Bertemakan Sejarah Perjuangan

Mural Pahlwan Indonesia Via Instagram Via Instagram kampungmerahputihtual

Tak hanya polosan berwarna merah dan putih saja, di Kampung Merah Putih ini juga terdapat banyak sekali mural. Bukan mural biasa, sebanyak 130 mural yang sangat artistik bertemakan sejarah dan perjuangan Indonesia dipamerkan di kampung tersebut.

Mural super keren, Via Instagram kampungmerahputihtual

Banyak tokoh-tokoh ternama Indonesia terpampang di dinding-dinding rumah warga. Sebut saja Ir. Soekarno, Gus Dur dan masih banyak lagi yang lainnya. Pembuatan mural ini melibatkan banyak seniman yang berasal dari daerah setempat, Jakarta, dan Jogja.

Spot Selfie Turis Millennial

Spot selfie generasi millennial, Via Instagram kampungmerahputihtual

Seperti kampung warna lainnya di Indonesia, Kampung Merah Putih di Tual ini juga menjadi incaran turis generasi millennial yang memang gemar sekali mencari spot instagenik. Memang potret yang dihasilkan akan cukup unik, berlatar merah putih yang merupakan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia.

Yuk berkunjung ke Kampung Merah Putih yang terdapat di Tual. Selain berwisata, siapa tahu juga akan membuat rasa nasionalismemu meningkat dengan drastis. Selamat berkunjung!

Tags
Indonesia Kampung merah putih kota tual Maluku
Share