Pesona Wisata Budaya Singkawang, Jalan-jalan Sekaligus Tambah Pintar

Advertisement

Pilihan tempat wisata, Indonesia gudangnya. Termasuk dengan tempat wisata budaya di Kota Singkawang yang bisa membuat Teman Traveler menjadi lebih banyak tahu mengenai kebudayaan-kebudayaan di Indonesia yang sungguh kaya. Wisata budaya Singkawang berikut ini, bisa dijadikan pilihan saat bosan dengan pantai atau pegunungan. Salah satu atau semuanya, bisa Teman Traveler kunjungi dalam waktu dekat ini!

1. Rumah Keluarga Tjhia

Rumah Tua Tjhia
Rumah Tua Tjhia via Instagram/deviliantilestari

Rumah keluarga Tjhia ditetapkan oleh Pemerintah Kota Singkawang sebagai salah satu cagar budaya. Rumah bersejarah ini dibangun pada 1902. Salah satu tempat wisata budaya Singkawang ini terletak di Jalan Budi Utomo, Condong, Singkawang. Rumah keluarga ini adalah milik seorang pendatang dari Fujian, China, bernama Tjhia. Tjhia menetap di Singkawang dan menjadi pengusaha sukses di sana, hingga Tjhia dapat membangun rumah dengan gaya China campur Eropa, yang sampai sekarang masih berdiri dan dapat dikunjungi.

2. Singkawang Cultural Center

Singkawang Cultural Center
Singkawang Cultural Center via Instagram/riri_seftirianti

Pemerintah Kota Singkawang meresmikan Singkawang Cultural Center (SCC) atau Rumah Budaya pada 18 Desember 2017. Peresmian ini dilakukan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat pada saat itu. SCC diarsiteki oleh Hendy dan Patrick Lim. Singkawang Cultural Center dibangun atas dasar keinginan menjadikan Singkawang sebagai tujuan wisata dunia berbasis budaya atau branding world tourism destination. SCC dibangun menggunakan produk-produk lokal demi melestarikan nilai-nilai budaya lokal.

3. Kelenteng Bumi Raya

Kelenteng Bumi Raya
Kelenteng Bumi Raya via Instagram/valensuna96

Kota Singkawang dijuluki juga dengan istilah kota Seribu Kelenteng. Tidak heran jika salah satu wisata budaya Singkawang adalah kelenteng. Kelenteng Bumi Raya merupakan kelenteng bersejarah. Bangunan ini berdiri sejak 1878. Saking bersejarahnya, Kelenteng Bumi Raya dijadikan ikon Kota Singkawang. Jika wisata ke Singkawang, jangan lewatkan untuk mengunjungi kelenteng ini ya, Teman Traveler. Namun, yang lebih penting adalah bisa menjaga dan tidak mengganggu kepentingan warga yang biasa menggunakan klenteng ini untuk beribadah.

4. Pusat Kota Singkawang

Pusat Kota Singkawang
Pusat Kota Singkawang via Instagram/hansensuryohandoyo

Wisata budaya Singkawang bisa Teman Traveler nikmati di pusat Kota Singkawang. Selayaknya pusat kota, Pusat Kota Singkawang juga kerap menjadi tempat-tempat pelaksanaan berbagai event budaya. Salah satu event budaya yang diadakan di pusat Kota Singkawang adalah pawai lampion replika 12 shio. Karnaval ini bisa menjadi hiburan yang menyenangkan sekaligus langka karena hanya bisa ditemui di Singkawang.

Mengunjungi Singkawang, selain ke pantai-pantai yang banyak terdapat di sana, tidak ada salahnya untuk mengujungi tempat-tempat wisata budaya ini. Jalan-jalan bisa sekaligus nambah pintar.

Advertisement
Tags
Budaya Indonesia Singkawang Wisata
Share