Deretan Bangunan Instagramable Singkawang, Bikin Sosmedmu Tambah Keren

Advertisement

Singkawang merupakan salah satu kota populer di Kalimantan Barat. Berada di utara Pontianak, wilayah satu ini punya banyak vihara dan klenteng dengan arsitektur menarik. Selain itu banyak juga gedung tua yang kian menambah panjang daftar bangunan Instagramable Singkawang.

Bergaya di depan sorot kamera, sembari menjadikan gedung-gedung tersebut sebagai latar belakang, tentu akan menghasilkan foto menawan. Unggah hasilnya di media sosial dan banyak orang bakal dibuat terpana. Daripada penasaran, berikut Travelingyuk sajikan deretan bangunan Instagramable Singkawang.

1. Pasar Hong Kong

Bangunan tua di Pasar Hong Kong
Bangunan tua di Pasar Hong Kong via Instagram florezdreamer

Sesuai dengan namanya, Pasar Hong Kong adalah tempat jual beli beragam jenis barang dan jasa di Singkawang. Namanya yang unik berasal dari atmosfer di dalamnya, mirip dengan jalanan Hong Kong. Bukan tanpa alasan, sebab di pasar ini berdiri banyak bangunan tua dengan arsitektur ala Tiongkok dan Eropa.

Suasana Pasar Hong Kong bakal semakin hidup di malam hari dan menjelang perayaan hari besar kaum Tionghoa. Mereka yang hobi fotografi atau selfie-selfie cantik wajib mengunjungi kawasan berisi salah satu bangunan Instagramable Singkawang ini.

2. Vihara Surga dan Neraka

Vihara Surga dan Neraka
Vihara Surga dan Neraka via Instagram msrenditaaulia

Sebagai kota yang dihuni banyak warga etnis Tionghoa, Singkawang memiliki beragam vihara dan klenteng. Masing-masing punya arsitektur dan latar belakang menarik. Salah satunya adalah Vihara Surga dan Neraka yang ada di daerah Sempalet.

Vihara ini bisa dicapai dengan berkendara kurang lebih 15-25 menit dari pusat kota. Berdiri kokoh di kawasan Gunung Pasi dan menawarkan pemandangan luar biasa, sejumlah sumber menyebutkan bahwa vihara ini merupakan yang tertinggi di Kalimantan Barat.

3. Bioskop Metropole

Bioskop Metropole Singkawang
Bioskop Metropole Singkawang via Instagram heriesdigi

Kembali ke tahun 1954 silam, Singkawang pernah punya sebuah gedung bioskop indah bernama Metropole. Konon saking terkenalnya, Metropole sanggup menarik minat warga dari luar Singkawang untuk singgah. Ada yang memang benar-benar ingin menonton film atau bersantai menikmati waktu di kafe sekitarnya.

Namun seiring berjalannya waktu, Metropole mulai kehilangan masa kejayaannya. Sempat berganti nama menjadi Kota Indah, lokasi ini sekarang sudah dijadikan sebagai Cagar Budaya oleh Pemerintah Singkawang. Jangan ragu datang ke sini jika kebetulan sedang berada di Kalimantan Barat.

4. Gereja Santo Franciscus Asisi

Gereja Santo Franciscus Asisi
Gereja Santo Franciscus Asisi via Instagram dickyorza

Gereja satu ini terletak di Jl Diponegoro, Pasiran Singkawang Barat. Gaya arsitekturnya tak jauh berbeda dari gereja pada umumnya, namun tetap memiliki daya tarik tersendiri jika dibidik lewat lensa kamera. Tak jarang para penggemar fotografi datang ke sini hanya untuk menangkap keindahannya.

Bagi yang tertarik berfoto-foto di sini, disarankan menghubungi pihak pengelola untuk meminta izin. Selain itu jangan lupa hormati semua hal yang bersifat sakral.

5. Klenteng Pasar Tengah

Suasana Klenteng Pasar Tengah di malam hari
Suasana Klenteng Pasar Tengah di malam hari via Instagram n_pics96

Klenteng Pasar Tengah Singkawang punya banyak sebutan. Warga sekitar ada yang mengenalnya sebagai Tua Peh Kong, ada pula yang menyebutnya dengan Toapekong atau Tapekong. Konon rumah ibadah ini sudah ada sejak 200 tahun lalu dan umatnya adalah para penambang emas yang bekerja di daerah Bengkayang.

Vihara sempat mengalami kebakaran, sebelum kemudian dibangun ulang dan menjadi tempat megah seperti sekarang. Nuansa oriental di tempat ini begitu terasa kental dengan aroma dupa serta sejumlah altar dan patung dewa-dewa. Masuk ke lokasi ini sama sekali tak dipungut biaya, namun jangan lupa jaga kelakuan dan kesopanan.

6. Masjid Raya Singkawang

Masjid Raya Singkawang
Masjid Raya Singkawang via Instagram unggulsadewo_

Meski banyak dihuni warga etnis Tionghoa dan lekat dengan nuansa oriental, komunitas muslim di Singkawang juga termasuk besar. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya Masjid Raya Singkawang, salah satu masjid tertua di seantero Kalimantan Barat.

Dibangun pada tahun 1885, masjid ini pernah luluh lantak karena kebakaran dan baru dibangun kembali pada tahun 1936. Masjid Raya kini menjadi salah satu bangunan termegah di Singkawang serta jadi kebanggaan umat muslim setempat. Uniknya, masjid ini berdampingan dengan Kelenteng Tri Darma Bumi Raya dan menjadi perlambang toleransi umat beragama.

Itulah daftar sejumlah bangunan Instagramable Singkawang yang layak dikunjungi. Jika berhasrat menghasilkan foto-foto bagus atau tertarik dengan fotografi dan arsitektur, tak ada salahnya menyambangi sejumlah lokasi tersebut.

Advertisement
Tags
Singkawang Wisata
Share