Wisata Budaya dan Sejarah Bone, Salah Satu Pesonanya Berusia Lebih dari 100 Tahun

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia
Bola Soba, Bone Bola Soba, Bone

Berbicara mengenai wisata budaya dan sejarah, Indonesia punya banyak pilihan. Setiap daerah di negeri ini, tidak luput dari dua hal tersebut. Termasuk wisata budaya dan sejarah Bone di Sulawesi Selatan. Pesona yang dimiliki oleh tempat-tempat bersejarah sekaligus mengandung nilai budaya di kabupaten ini, salah satunya ada yang berusia lebih dari 100 tahun. Penasaran? Simak uraian berikut ini yuk!

1. Museum Lapawawoi

Museum Lapawawoi di Bone
Museum Lapawawoi di Bone via Instagram/emmy_kasmiati

Museum Lapawawoi dinamakan demikian karena merujuk pada nama Raja Bone ke 31 yang memerintah dari 1895 – 1905, lengkapnya La Pawawoi Karaeng Sigeri. Dahulu, museum ini merupakan istana (Saoraja) Raja Bone. Ia menyimpan banyak peninggalan Kerajaan Bone. Salah satu koleksi yang ada di museum ini adalah La Ummasa Petta Mulange Panre, yang merupakan landasan untuk menimpa besi yang biasa dipakai oleh Raja Bone Kedua.

2. Makam Raja-raja Bone

Makam Raja Bone ke 16, Lapatau Matanna Tikka,
Makam Raja Bone ke 16, Lapatau Matanna Tikka via Instagram/iwank_chatibe

Mengunjungi makam, tidak selamanya meninggalkan aura-aura seram. Dari sini, Teman Traveler bisa napak tilas sejarah dan budaya Bone yang memang merupakan wilayah kesultanan atau kerajaan. Salah satu makam yang bisa dikunjungi saat bertandang ke Bone, adalah makam Raja Bone ke XVI, Lapatau Matanna Tikka. Situs makam ini biasa juga dikunjungi oleh petinggi-petinggi Bone.

3. Bola Soba

Bola Soba, Wisata Budaya dan Sejarah Bone
Bola Soba, Wisata Budaya dan Sejarah Bone via Instagram/iam.giovnni

Wisata budaya dan sejarah Bone yang satu ini berusia lebih dari 100 tahun. Bola Soba dibangun pada masa pemerintahan Raja Bone ke-30, La Pawawoi Karaeng Sigeri, sebagai tempat tinggal raja. Sayangnya, ketika Belanda mulai masuk ke Indonesia, bangunan ini jatuh ke tangan Belanda dan berubah fungsi menjadi penginapan untuk menjamu para tamu mereka. Bola Saba memiliki panjang 39,45 meter. Terdiri atas empat bagian utama: teras, rumah induk, selasar penghubung dan ruang dapur.

4. Patung Arung Palakka Bone

Patung Arung Palakka
Patung Arung Palakka via Instagram/_indragn

Bagi masyarakat Bone, Arung Palakka bukan nama yang asing. Ia adalah putra mahkota Bone yang kontroversial. Tokoh ini lahir pada 15 September 1634. Ia merupakan putra Raja Bone ke-XIII, La Maddaremmeng Matinro’e Ri Bukaka. Meski begitu, bukan berarti hidupnya mudah. Aru Palaka lahir di antara konflik kerajaan yang tengah terjadi di Sulawesi Selatan. Keberadaan patung Arung Palakka di Taman Bunga Kota Watampone, Bone bisa menjadi destinasi wisata budaya dan sejarah Bone yang bisa Teman Traveler kunjungi.

Jadi, selain wisata alam yang ada di Bone, seperti Air Terjun Selo Merunge dan Pesona Tanjung Pallete, Teman Traveler bisa liburan mengunjungi aneka pilihan wisata budaya dan sejarah Bone. Dijamin tidak kalah seru!