Wisata Buatan Kalimantan Timur, Destinasi Akhir Pekan yang Asyik

Kalimantan dikenal sebagai salah satu pulau dengan hutan hujan tropis tertua di dunia. Borneo juga memiliki bukit dan air terjun yang menawan. Selain wisata alamnya, ternyata terdapat beberapa wisata buatan di Kalimantan Timur, lho. Dan tempatnya nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Langsung simak yuk!

Ladang Budaya, Tenggarong

Wisata buatan di Kalimantan Timur
Ladang Budaya, via Instagram/radenfilza

Wisata buatan yang cukup populer yaitu Ladang Budaya Tenggarong atau Ladaya yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya Jl. H. Bachrin Seman, Kelurahan Mangkurawang. Suasananya sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan serba hijau.

Di dalamnya terdapat area outbond, kebun binatang mini dan sebuah rumah khusus bernama Odah Rehat. Bentuknya dibuat menyerupai rumah tradisional Kutai dan bisa disewa. Ladaya beroperasi setiap hari mulai dari jam 09.00 hingga 17.30 sore. Tiket masuk dipatok sebesar Rp10 ribuan per orang.

Mahakam Lampion Garden, Samarinda

Mahakam Lampion Garden
Mahakam Lampion Garden via Instagram/rizkiyah502

Mencari wisata selfie? Teman Traveler bisa mampir ke Mahakam Lampion Garden yang ada di Samarinda, Jl. Slamet Riyadi. Berdiri sejak tahun 2015, wisata ini selalu berbenah dan menambah beberapa wahana. Seperti ATV, trampoline, waterball, dan lain-lain.

Wisatawan dapat menikmati keindahan yang dipancarkan oleh lampu-lampu tersebut. Biayanya juga terjangkau, per orang hanya dikenakan tarif sebesar Rp10 ribu. Tertarik?

Taman Kitakyushu, Bontang

Wisata buatan di Kalimantan Timur
Taman Kitakyushu, via Instagram/rudy.sidharta 

Selanjutnya ada Taman Kitakyushu. Tempat ini berada di perumahan PT Badak LNG, Bontang. Tempatnya terasa teduh, bersih, serta nyaman. Cocok dijadikan sebagai tujuan rekreasi di akhir pekan bersama keluarga.

Taman Kirakyushu menyediakan berbagai macam fasilitas permainan anak, danau bagi yang hobi mancing, serta area parkir yang luas. Tenang, di sini juga ada tersedia spot selfie, kok. Cocok kan bagi yang suka narsis?

Caribbean Island Waterpark, Balikpapan

Caribbean Waterpark
Caribbean Waterpark via Instagram/smr.group

Kalau butuh yang segar, Teman Traveler patut masuk ke Caribbean Island Waterpark yang beralamat di Perumahan Balikpapan Regency, Kol. Syarifuddin Yoes II, Sepinggan. Ini merupakan wahana air terbesar di kota minyak.

Spot menarik yang ditawarkan ada Spillet Bucket, Caribbean Castle, Dry Pool, Monkey Slide, dan lain-lain. Siapkan biaya masuk sebesar Rp60 ribuan per orang. Waterpark beroperasi setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga pukul 18.00 sore.

Wisata buatan di Kalimantan Timur nggak kalah menarik kan dengan lainnya? Ajak seluruh keluarga juga asyik, nih. Kapan punya rencana liburan ke sini?

Tags
Indonesia Kalimantan Timur Tenggarong Wisata
Share