Ladang Budaya Tenggarong, Asyiknya Belajar dari Alam

Merasakan keindahan alam dan menyatu dengan pesonanya adalah sebuah kesempatan langka di era modern. Kebanyakan orang sudah sibuk dengan penatnya kehidupan kota dan hiruk-pikut pekerjaan. Untungnya bagi warga Kalimatan Timur, kesempatan untuk meresapi indahnya energi alam bisa dilakukan di Ladang Budaya Tenggarong.

Ladang Budaya Tenggarong merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jika sudah puas bermain-main di Pulau Kumala, lokasi berjuluk Ancol-nya Kalimantan, sobat traveler bisa melanjutkan perjalanan ke sini. Dijamin puas karena ada banyak wahana seru untuk seluruh anggota keluarga.

Pemandangan Indah dan Kegiatan Seru

Pemandangan di sekitar Ladang Budaya
Pemandangan di sekitar Ladang Budaya via Instagram irsyita02

Ladang Budaya Tenggarong, dikenal juga dengan nama Ladaya, terletak tak jauh dari pusat kota. Lokasinya ada di Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong. Pemandangan di sekitar area wisata cukup mempesona dan memberikan suasana menyegarkan, cocok untuk melepas penat sejenak usai sibuk bekerja selama sepekan.

Warga lokal mengenal Ladaya sebagai tempat melaksanakan kegiatan outbond. Biasanya lokasi ini ramai dipadati pengunjung menjelang akhir pekan atau musim liburan. Mereka biasanya datang berombongan, entah keluarga maupun dari institusi tertentu.

Mengasah Nyali dan Ketangkasan

Tersedia juga arena paintball
Tersedia juga arena paintball via Instagram astryisty

Sebagai sebuah area outbond dengan konsep alam terbuka, Ladang Budaya Tenggarong memiliki beragam wahana menarik. Hampir semuanya dirancang khusus untuk mengasah ketangkasan dan nyali pengunjung. Mulai dari flying fox, hingga jembatan yang hanya terdiri dari seutas tali.

Selain seru, deretan wahana tersebut juga berguna menambah kualitas diri. Tak cuma mengasah keberanian dan melatih otot-otot yang kaku, sobat traveler akan mendapat keseimbangan diri lebih baik setelah menaklukkan semua tantangan tersebut. Bayangkan seperti apa serunya menjajal semua wahana menarik itu bersama keluarga maupun sosok terdekat.

Kebun Binatang Mini

Merak di kebun binatang mini
Merak di kebun binatang mini via Instagram okie_auliarhohim

Ladang Budaya juga punya daya tarik lain yang jangan sampai dilewatkan. Di sekitar kawasan ini pengunjung bisa mengunjungi kebun binatang mini. Meski disebut mini, koleksi di dalamnya cukup lengkap lho. Sobat traveler bisa melihat tingkah polah hewan-hewan seperti beruang madu, burung enggang, uwa-uwa, dan burung merak.

Odah Rehat

Deretan rumah yang sering jadi spot foto
Deretan rumah yang sering jadi spot foto via Instagram murniun_no

Ingin menghabiskan waktu santai sembari menikmati pemandangan sekitar? Jangan khawatir, Ladang Budaya menyediakan rumah khusus bernama Odah Rehat. Bentuknya unik, menyerupai rumah tradisional Kutai dan bisa disewa berdasarkan hitungan jam. Pengunjung juga sering menjadikannya arena berfoto-foto karena bentuknya menarik.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai daya tarik dan pesona Ladang Budaya Tenggarong. Tak cuma sekedar mengagumi, di sini sobat traveler juga bisa belajar dari alam, menyerap energi positif melalui beragam wahana menarik yang ada. Jika kebetulan sedang berada di Kalimantan, tak ada salahnya mampir ke sini.

Tags
Tenggarong Wisata
Share