4 Wisata Alam Kabupaten Sragen, Mana yang Paling Indah ?

Sragen merupakan daerah yang masuk dalam kawasan Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Jawa Timur. Sragen dijuluki sebagai Bumi Sukowati yang mana dulunya nama ini digunakan di masa Kerajaan Surakarta. Bukan hanya itu, kabupaten satu ini juga punya kelebihan lain di keindahan alamnya. Ingin tahu seperti apa? Simak wisata alam Kabupaten Sragen berikut ini. 

Gunung Kemukus yang Populer karena Keindahannya

wisata alam kabupaten sragen

Siapa yang tidak suka dengan wisata pegunungan yang terkenal dengan keindahan dan juga suasana yang masih sangat asri. Di Sragen, teman traveler bisa berkunjung ke Gunung Kemukus yang menjadi tempat wisata cukup populer dan ingin dikunjungi oleh hampir semua wisatawan. Kalian bisa menikmati pemandangan alam yang indah, hawa sejuk, hingga pepohonan dengan berbagai macam jenis. 

Kedung Grujug, si Pendek yang Mempesona 

wisata alam kabupaten sragen
Kedung Grujug via instagram/
saidburhanuddin

Meskipun air terjun ini terlihat memiliki kolam kecil dan aliran yang rendah, Kedung Grujug memiliki kelebihan yang tak dimiliki curug lainnya. Ada tebing kapur rendah yang membingkai kolam dan air terjun. Tebingnya pun cukup unik karena membentuk relief yang terbentuk dari gerusan air. Ini membuat tebingnya begitu unik di sekeliling kolam.

Selain itu, pancuran air yang ada di Kedung Grujug ini berasal dari aliran Sungai Kedung Kancil yang bermuara di Waduk Kedung Ombo. Saat bertemu dengan tebing yang tak terlalu tinggi, maka tercipta pancuran yang melebar. Namun pada saat musim hujan, aliran airnya sangat deras dan warnanya coklat.

Waduk Gebyar, Tempat Asyik untuk Melihat Matahari Terbit 

wisata alam kabupaten sragen
Waduk Gebyar via instagram/ sragenkita 

Kalau dilihat-lihat, danau mini ini tampak biasa saja. Tapi, waduk ini akan terlihat istimewa ketika Gunung Lawu yang ada di belakangnya muncul. Keberadaannya yang ada di tengah-tengah perbukitan, membuat suasana lebih asri dan sangat cocok dijadikan lokasi berburu gambar bagi para pecinta fotografi. 

Dari waduk ini juga, teman traveler bisa menikmati matahari terbit di pagi hari. Hanya dengan duduk di bukit sekitar, kalian akan mendapatkan panorama tersebut secara gratis dan tentunya puas. 

Waduk Kedung Ombo yang Memanjakan Para Pengunjung

Waduk Kedung Ombo via instagram/ bayuwwibowo

Waduk Kedung Ombo merupakan bendungan raksasa seluas 6.576 hektar yang areanya mencakup sebagian wilayah di tiga Kabupaten, yaitu; Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Waduk yang membendung lima sungai itu menawarkan pemandangan indah untuk para pengunjung. Dari airnya yang jernih karena bebas dari polutan apapun. 

Selain disuguhi pemandangan nan indah, para pengunjung Waduk Kedung Ombo bisa menikmati wisata air dengan menumpang perahu motor untuk mengunjungi pulau-pulau yang bermunculan di tengah waduk. Di Waduk Kedung Ombo juga tersedia tempat pemancingan sekaligus warung yang menjajakan aneka makanan olahan berbahan ikan. 

Inilah beberapa wisata alam yang ada di Kabupaten Sragen. Tak kalah menarik kan dengan destinasi lainnya? Jadi, kapan Teman Traveler ingin berkunjung?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kabupaten Sragen Wisata Wisata Alam Kabupaten Sragen
Share