Dari Gunung Sampai Lembah, Ini Wisata Alam Pontianak yang Indah

Sebagai kota yang dilintasi garis Khatulistiwa, Pontianak sudah menarik perhatian sejak lama. Ibu Kota Kalimantan Barat ini, juga memiliki potensi alam yang membanggakan. Borneo memang takpernah kehabisan cerita. Segala yang ada pada dirinya, tidak habis membuat kagum. Dari sekian banyak potensi destinasi di Kalimantan, wisata alam Pontianak adalah salah satu keindahan yang disiapkan semesta untuk puas dicintai lama-lama. Sudah siap menjelajah keliling Pontianak? Ayok deh kalau gitu!

1. Riam Batu Susun

Keunikan Bebatuan di Riam Batu Susun
Keunikan Bebatuan di Riam Batu Susun via Instagram/ajs_zz

Riam Batu Susun berada di Kabupaten Bengkayang, Pontianak. Sejak dulu ia tidak ke mana-mana. Seandainya pun harus pindah, ia pasti hanya akan pindah ke hatimu. Apalagi alasan selain karena keindahannya. Riam Batu Susun merupakan air terjun yang tidak begitu tinggi. Namun, ia istimewa dengan batuannya yang tersusun sangat rapi.

Di kawasan ini, Teman Traveler akan merasakan kesegaran yang masih sangat alami. Duduk di bawahnya sambil merasakan air yang deras menghantam kulit menjadi sejenis terapi. Efeknya, Teman Traveler akan merasakan ketenangan. Beban-beban yang melelahkan di pundak itu, akan dihempas oleh airnya yang deras.

2. Taman Nasional Danau Sentarum

Keindahan Danau Sentarum Ada di Belakang
Keindahan Danau Sentarum Ada di Belakang via Instagram/veronikaliyanti09

Taman Nasional Danau Sentarum, menjadi wisata alam Pontianak selanjutnya yang harus Teman Traveler kunjungi saat jalan-jalan ke kota ini. Taman nasional ini difungsikan untuk melindungi keanekaragaman hayati yang ada di Danau Sentarum. Karena, memang hampir setengah dari kawasan ini merupakan Danau Sentarum.

Danau Sentarum berada di 7 kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, yaitu Semitau, Suhaid, Bunut Hilir, Selimbau, Batang Lupar, Jongkong, Badau. Saking luasnya, Danau ini berfungsi menampung air hujan yang turun. Namun, pada musim kemarau, air di wisata ini pun akan surut. Peristiwa pasang dan surut di danau ini, oleh masyarakat sekitar direfleksikan sebagai pelajaran mengenai pentingnya keseimbangan hidup.

3. Air Terjun Riam Mananggar

Siapa Kuat dengan Pesona Derasnya Riam Mananggar
Siapa Kuat dengan Pesona Derasnya Riam Mananggar via Instagram/dvigojemi

Masyarakat sekitar, menyamakan keindahan Air Terjun Riam Mananggar dengan Niagara di Amerika, namun dalam versi yang lebih kecil. Di sekitar air terjun terdapat riam atau arus yang deras, karena itulah air terjun Banganggar atau Mananggar disebut mendapat tambahan kata riam. Tinggi air terjun ini mencapai 40 meter. Untuk dapat menikmati kesejukan airnya, Teman Traveler harus siap melakukan perjalanan panjang dengan medan yang berat ya. Bagaimana pun, tetap sebanding dengan keindahannya, lho.

4. Air Terjun Nohkan Nayan

Dari Kejauhan Nohkan Nayan Sudah Terlihat Istimewa
Dari Kejauhan Nohkan Nayan Sudah Terlihat Istimewa via Instagram/hendrapapy81

Potensi wisata alam Pontianak yang belum banyak dibicarakan, padahal luar biasa. Namanya Air Terjun Nohkan Nayan. Air terjun yang masih sangat asri ini merupakan yang tertinggi di Pulau Kalimantan, yaitu 180 meter. Berada di ketinggian 200 mdpl, Air Terjun Nokan Nayan memiliki debit air yang besar saat musim hujan. Deburan airnya yang jatuh dengan keras, bahkan menimbulkan efek kabut yang cantik.

5. Pantai Pasir Mayang

Indahnya Sunset di Pantai Pasir Mayang
Indahnya Sunset di Pantai Pasir Mayang via Instagram/sifrx90_backpacker

Kali ini, kita nikmati semilir air pantai Kalimantan di Pasir Mayang! Keberadaan pantainya masih cukup asri karena belum begitu banyak dikunjungi. Pantai Pasir Mayang yang terletak di Kabupaten Kayong Utara ini, selain punya pasir yang putih, ia juga punya senjata lain berupa batuan besar yang terdampar di bibir pantai. Cocok dijadikan spot foto terbaik bersama teman, keluarga atau sendiri saja.

6. Bukit Unta

Dari Kejauhan Batu Unta Kokoh Berdiri
Dari Kejauhan Batu Unta Kokoh Berdiri via Instagram/atn_memble

Wisata alam di Pontianak yang tidak kalah menakjubkan adalah kebaradaan Bukit Unta yang berdiri kokoh di Kabupaten Ketapang. Bukit ini disebut juga dengan nama Bukit Batu Daya karena bentuknya bisa memperdaya orang yang melihat. Dari satu sisi, ia bisa berbentuk pun seperti punuk unta, di sisi lainnya, bukit ini bisa terlihat seperti gantang atau takaran padi.

Di kalangan pemanjat tebing, kawasan ini sudah cukup terkenal. Selain biasa dipakai para pemanjat tebing untuk berolahraga sekaligus menguji nyali, Bukit Batu Unta juga memungkinkan Teman Traveler untuk berenang di sungai kecil di sekitarnya.

Potensi wisata alam di Pontianak, bukan hanya enam yang sudah disebutkan. Di kota ini, Teman Traveler tidak akan kehabisan ide liburan deh! Jadi, mau ajak siapa nih ke Pontianak?

Tags
alam pontianak Indonesia wisata alam pontianak wisata pontianak
Share