Kuliner Enak di Pontianak, Saking Lezatnya Bikin Mata Terbelalak

Keindahan destinasi wisata di Kalimantan memang tak terbantahkan. Apalagi ketika berbicara Pontianak. Ibukota dari Kalimantan Barat ini memiliki sejuta keindahan alam yang memukau. Belum lagi wisata adat yang menakjubkan. Tapi tak hanya itu, kuliner khasnya juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Seperti di bawah ini.

1. Chai Kue

Choipan di Pontianak
Choipan di Pontianak via instagram/@kantinmika

Pernah dengar chai kue atau choi pan? Jajanan khas Pontianak ini mirip dengan pangsit dengan kulit tipis berwarna putih. Bagian dalam dari makanan ini beragam, mulai dari rebung, sayuran, hingga daging. Sementara di bagian atasnya ditaburi bawang goreng. Penyajiannya juga unik yaitu di atas loyang bolat seperti tempat dim sum. Nah, di warung-warung Pontianak, chai kue disajikan hangat langsung dari dapur. Kamu bisa memesan yang kukus atau goreng.

Choipan
Choipan via instagram/@kantinmika

2. Lek Tau San

Ilustrasi Lek Tau Suan
Ilustrasi Lek Tau Suan via instagram/@smiley_catz

Le Tau Suan, kuliner khas Pontianak yang terbuat dari kacang hijau kupasan. Makanan yang juga dikenal dengan nama tio ciu ini dimasak dengan kuah kental bening yang terbuat dari tepung tapioka, gula pasir, serta pandan. Hidangan istimewa ini disajikan bersama dengan gorengan cakwe kering yang dipotong-potong. Untuk menemukan makanan ini tak sulit. Sepanjang Jalan Gajahmada Pontianak, banyak yang menawarkan jajanan hangat ini.

Ilustrasi seporsi Lek Tau Suan
Ilustrasi seporsi Lek Tau Suan via instagram/@kulinerjabodetabek

3. Kwecap

Kwecap di Pontianak
Kwecap di Pontianak via instagram/@snacktalas.id

Bukan kecap, tapi kwecap yang merupakan makanan berkuah yang berisi kulit babi goreng kering. Biasanya juga dicampur dengan tulang babi serta kacang kedelai. Sajian yang tidak disarankan untuk muslim ini juga biasa disajikan dengan daging, iga, bakso, bakso tahu, ebi dan jeroan babi. Rasanya nikmat apalagi disantap saat hangat. Nah, warung yang menyediakan menu ini adalah Kwecap Veteran di Jalan Veteran, Pontianak.

Kwecap
Kwecap via instagram/@jsugandi

4. Ce Hun Tiao

Ce Hun Tiao, Pontianak
Ce Hun Tiao, Pontianak via instagram/@keevenceng

Jika di Jawa Barat ada cendol, Pontianak punya minuman segar yang bernama Ce Hun Tiao. Sajian istimewa ini berisi tiao yang merupakan adonan tepung kanji atau sagu yang dibentuk memanjang menyerupai mie. Selain itu, ada kacang merah dan kacang hitam di dalamnya. Kuahnya juga enak karena hasil perpaduan antara susu dan gula merah cair. Kuliner khas Pontianak ini dulunya biasa dijual di atas gerobak. Namun, kini kamu bisa menemukannya di beberapa warung seperti di Jalan Waru.

Ce Hun Tiao
Ce Hun Tiao via instagram/@keevenceng

5. Kwe Kia Theng

Kue Kia Theng 899, Pontianak
Kwe Kia Theng 899, Pontianak via instagram/@rickytanujaya

Kwe Kia Theng juga merupakan kuliner khas Pontianak yang lezatnya tak terelakkan. Menu makanan ini mirip dengan kwetiau, tapi berbeda ukurannya. Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras yang disajikan bersama daging babi seperti kulit, pari, hati, telinga, hingga usus sesuai dengan selera. Hidangan ini juga dilengkapi dengan dua potong telur semur yang ditabur daun bawang di atasnya. Rasanya lezat, terutama kuahnya yang sedap banget. Salah satu tempat yang menyajikan menu ini adalah Kwe Kia Theng 899 di Jalan Merapi No.49, Benua Melayu Darat.

Kue Kia Theng 899
Kwe Kia Theng 899 via instagram/@antonius07

Itulah dia lima kuliner khas Pontianak yang rasanya tak akan mengecewakanmu. Harganya juga cukup terjangkau dan mudah ditemukan di banyak tempat. Bagaimana, siap untuk jelajah kuliner dan objek wisata di Kalimantan Barat kan?

Tags
Indonesia Kalimantan Barat Pontianak
Share