Tidak Hanya Monumen Simpang Lima Gumul, Ini Dia Wisata Alam Kediri yang Keindahannya Tak Bertepi

Advertisement

Monumen Simpang Lima Gumul, mungkin itulah yang terbersit ketika mendengar kata Kediri disebut. Bangunan berbentuk kotak seperti sebuah gerbang ini populer karena terlihat serupa dengan Monumen Arc De Triomphe Paris. Banyak wisatawan yang berfoto di kawasan ini. Namun tahukah Teman Traveler bahwa kota ini pun menyimpan keindahan alam? Berikut ulasan destinasi wisata alam Kediri yang patut dijelajahi. Dicatat ya!

Taman Kelir

Taman Kelir via Instagram @explorekediri
Taman Kelir via Instagram @explorekediri

Wisata alam Kediri satu ini dibangun tepat di bawah kaki Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Karang Nongko Desa Joho Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Dahulu Taman Kelir merupakan tempat budidaya lebah madu, namun kini tidak mudah untuk melakukannya. Maka kawasan ini dibuka untuk wisata. Cukup merogoh kocek Rp5 ribu saja, Teman Traveler sudah bisa menikmati segala fasilitas yang disediakan di sini, sebut saja rumah pohon dan bulan sabit yang menjadi spot foto favorit. Berbagai aktivitas seru bisa dilaksanakan di sini, misalnya trekking, river tubing, outbound, dan banyak lainnya.

Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo via Instagram @explorekediri
Jembatan di Air Terjun Dolo via Instagram @explorekediri

Bagi yang ingin melipir sejenak dari hiruk pikuk kota, bisa memilih Air Terjun Dolo. Untuk menuju ke wisata ini perlu berhenti di Dusun Besuki kemudian dilanjutkan berjalan kaki. Wisata alam Kediri ini berada pada ketinggian kurang lebih 1800 mdpl, membuat suasana sekitar begitu sejuk dan asri. Teman Traveler bisa menceburkan diri Air Terjun Dolo, namun harus tetap berhati-hati karena medannya licin dengan bebatuan di bawahnya.

Gunung Kelud

Gunung Kelud via Instagram @explorekediri
Gunung Kelud via Instagram @explorekediri

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di daerah Kediri. Namun hal tersebut tidak menghalangi para pelancong untuk singgah di kawasan ini. Selain dapat digunakan untuk trekking, terdapat juga beberapa spot yang menjadi langganan selfie, salah satunya kubah lava. Teman Traveler juga bisa berendam air panas di sumber alami yang berasal dari kawah Gunung Kelud. Untuk bisa memasuki wisata ini, cukup siapkan biaya setidaknya Rp5 ribu pada hari biasa, sedangkan saat akhir pekan Rp10 ribuan. Siapkan juga pakaian yang hangat apabila berkunjung ke sini ya.

Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo via Instagram @explorekediri

Air Terjun Irenggolo via Instagram @explorekediri

Air terjun Irenggolo terletak di Dusun Besuki Desa Jugo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, berada di lereng Gunung Wilis. Kalau Teman Traveler berangkat dari pusat kota Kediri, tidak memakan waktu terlalu lama hanya sekitar 30 menit dengan naik kendaraan bermotor. Guyuran Air Terjun Irenggolo berada di ketinggian di 80 meter. Keunikan wana wisata ini adalah biasanya saat bulan Suro, diadakan upacara adat Sesaji Tirto Husodo yang dilaksanakan oleh penduduk Pegunungan Wilis.

Ternyata cukup bervariasi ya wisata alam Kediri yang bisa dijadikan jujugan untuk singgah sejenak. Walau ada yang harus menempuh medan tidak mudah, namun lelah akan terbayarkan begitu merasakan pesona alamnya. Bagaimana, sudah siap jelajah indahnya alam di kota ini?

Advertisement
Tags
Alam Indonesia Jawa Timur Kediri Wisata
Share