Kuliner Kalimantan Utara, Cicip saat Jelajah ke Berbagai Wisatanya

Seperti bagian lainnya di Indonesia, Kalimantan Utara juga punya banyak kuliner enak perlu dicicip lho Teman Traveler. Ada berbagai kuliner khasnya di setiap daerah. Buat kamu yang berjelajah ke Kalimantan Utara, ada banyak makanan enak yang bisa dinikmati. Jenis kulinernya apa saja? Yuk intip daftar kuliner Kalimantan Utara seperti berikut ini.

Kepiting Soka, Tarakan

Kepiting Soka, via Instagram/crabshouse
Kepiting Soka, via Instagram/crabshouse

Kuliner pertama yang perlu kamu coba adalah kepiting soka. Ini merupakan kuliner khas Tarakan yang rasanya juara. Cangkangnya empuk lantaran memang dipilih kepiting yang baru saja ganti kulit. Jadi, kuliner ini beda dari kebanyakan kepiting lainnya yang perlu usaha untuk membuka cangkang. Nah, karena lunak inilah bumbu-bumbunya mudah meresap dan bikin rasanya menggoyang lidah.

Nasi Subut, Tanjung Selor

Nasi subut, via Instagram/dapoer_aunty_nelly
Nasi subut, via Instagram/dapoer_aunty_nelly

Kemudian ada nasi subut yang berasal dari Tanjung Selor. Merupakan kombinasi antara nasi, jagung, dan juga ubi jalar warna ungu. Warnanya cantik dan menggugah selera. Biasanya nasi subut dipadukan dengan lauk seperti ikan pari. Bisa juga ditambah dengan lauk lainnya yang lebih enak. Jika penasaran, jangan lupa mencoba nasi subut jika berjelajah ke Tanjung Selor, Kalimantan Utara ya.

Lawa Gamai, Bulungan

Lawa gamai, foto istimewa
Lawa gamai via Instagram/ bumipedia

Lawa gamai merupakan makanan peninggalan Kerajaan Bulungan. Bahan utama pembuatan kuliner ini adalah rumput laut dan timun. Kedua bahan tersebut dibumbui kelapa sangrai dan udang galah. Masyakarat setempat biasanya juga mengganti udang dengan kerang-kerangan. Biasanya lawa gamai jadi menu pembuka sebelum mencicipi berbagai seafood yang ditawarkan. Rasanya begitu unik lho, cicipi ya.

Dodol Cempedak, Nunukan

Dodol cempedak, via Instagram/filia_yang
Dodol cempedak, via Instagram/filia_yang

Tidak hanya makanan berat, Kalimantan Utara juga punya camilan yang perlu Teman Traveler coba. Yakni dodol cempedak dengan segala keunikannya. Ini merupakan dodol yang rasanya mirip nangka namun aromanya mirip durian. Kuliner ini sangat cocok jadi oleh-oleh setelah jelajah berbagai destinasi wisata di Kalimantan Utara.

Itulah sedikit contoh kuliner Kalimantan Utara yang bisa dicicip keunikannya. Apakah ada yang mau dicoba?

Tags
Indonesia Kalimantan Utara kuliner kuliner Kalimantan Utara
Share