4 Wisata Alam Kalimantan Barat, dari Air Terjun Sampai Perbukitan

Kalimantan selalu menarik dikunjungi, khususnya bagi Teman Traveler yang ingin eksplor kecantikan alam Nusantara yang masih perawan. Selain hutan lebat, berikut adalah wisata alam di Kalimantan Barat yang sangat menantang untuk ditaklukkan. Apa saja, ya.

Air Terjun Mananggar yang dijuluki Niagara mini dari Kalimantan Barat

wisata alam Kalimantan Barat
Air Terjun Mananggar via instagram/
ap_mata30

Jika berkunjung ke salah satu wisata Kalimantan Barat ini, pasti teringat dengan Air Terjun Niagara. Namun perbedaannya hanyalah pada ukurannya. Lalu, keunikan dari air terjun ini adalah terdapat danau yang cukup lebar berada di bawah air terjun yang berbentuk bulat. Itu dapat digunakan untuk mandi, berenang dan memancing ikan ataupun udang.

Letak air terjun ini berada di hulu Sungai Landak. Untuk melihat wisata alam tersebut, teman traveler membutuhkan waktu enam hingga tujuh jam perjalanan dari Pontianak hingga ke Kecamatan Air Besar. Dari sana, kalian harus melakukan perjalanan lagi menggunakan perahu.

Pantai Temajuk dengan batu-batunya yang eksotik

wisata alam Kalimantan Barat
Pantai Temajuk via instagram/
pantai_temajuk

Pantai Temajuk berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.Sesampainya di Pantai Temajuk teman traveler akan dihadapkan dengan kondisi pantai yang masih alami, dengan pantai pasang surut yang eksotis, hamparan pasir pantai yang lembut berpadu dengan gugusan bebatuan granit yang membentuk formasi yang indah.

Di Pantai Temajuk ini, kalian dapat menikmati keindahannya dengan berjalan-jalan di tepi pantai dan dermaga atau berenang. Pada Bulan Oktober-Februari merupakan saat yang tepat bagi peselancar untuk menguji adrenalin. Karena angin cukup kencang dan tinggi gelombang di pantai ini bisa mencapai 2 meter, bahkan lebih.

Pulau Randayan, si mungil dengan sejuta keindahan

Pulau Randayan via instagram/
amazingtour_travel

Pulau ini memiliki alam yang sangat indah, serta pemandangan bawah laut yang sangat eksotis. Selain itu, pantai pasir putih yang dimiliki Pulau Randayan sangat indah dan menarik bagi wisatawan untuk datang. Kita dapat bersnorkeling ria, sambil menikmati ekosistem bawah laut yang masih terjaga keasriannya.

Pulau ini berada di Kabupaten Bengkayang yang tidak jauh dari Singkawang. Untuk menuju ke Pulau Randayan, teman traveler bisa melalui Teluk Suak terlebih dulu. Jarak dari Kota Singkawang ke Teluk Suak danya berjarak kurang lebih 32 kilometer. Selanjutnya kalian dapat menyewa alat yang telah tersedia di sana, seperti Speed Boat dan motor klotok.

Bukit Temenong yang penuh hamparan ilalang

Bukit Temenong via instagram/
naufalhasnain1

Bukit Temenong menghadirkan pesona lautan dan pulau-pulau kecil di depannya. Selain itu, Bukit Temenong juga dipenuhi rumput ilalang nan hijau yang bisa dijadikan background selfie selain birunya air laut. Teman traveler juga bisa membuat kemah di Bukit Temenong sembari menanti matahari terbit di pagi hari atau menghabiskan waktu menunggu eksotisme matahari terbenam.

Tempat wisata di Kalimantan Barat ini memang tidak pernah sepi akan pengunjung apalagi ketika akhir minggu atau musim liburan. Banyak dari mereka menikmati indahnya panorama di Bukit Temenong sembari bersantai dengan bergelantungan di hammock. Untuk lokasinya sendiri terletak di Desa Karimunting, tepatnya di Dusun Tanjung Gundul, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.

Banyaknya wisata alam di Kalimantan Barat membuktikan bahwa si Borneo tidak hanya memiliki hutan di seluruh penjurunya. Bahkan bisa dibilang, wisata-wisata ini dapat diadu dengan destinasi ternama lainnya di Indonesia. Ada yang berniat berkunjung ke salah satunya?

Tags
Indonesia Kalimantan Barat Wisata wisata kalimantan barat
Share