4 Wisata Alam Kabupaten Kaur, Surga Tersembunyi di Bengkulu

Cukup banyak wisata Bengkulu yang patut dikunjungi, salah satunya berada di Kabupaten Kaur. Teman Traveler dapat menjelajahi wisata alam di Kabupaten Kaur yang berjarak kurang lebih 6 jam dari pusat Kota Bengkulu. Objek wisata yang ada di sini mempunyai keindahan tak terkira indahnya. Penasaran di mana saja? Yuk, simak ulasan berikut.

Pantai Linau dengan pasirnya yang berwarna putih

kabupaten kaur
Pantai Linau via instagram/thekriezhna

Jika berkunjung ke Kabupaten Kaur, jangan lupa Teman Traveler melipir ke Pantai Linau. Destinasi ini memiliki keunggulan dari pasirnya yang berwarna putih dan disertai dengan pemandangan cantik di bawah laut. Dijamin para pengunjung akan senang berlama-lama ketika sudah tiba di pantai tersebut.

Jangan khawatir kalau Teman Traveler sudah merasa lapar. Di Pantai Linau ada makanan khas yang tentu memanjakan lidah para wisatawan, yaitu sate gurita yang sudah terkenal di Bengkulu. Uniknya, Teman Traveler juga bisa menangkap gurita secara langsung bersama para nelayan. Bisa jadi pengalaman baru, nih.

Danau Kembar dengan cerita rakyat

Wisata alam Kabupaten Kaur Bengkulu
Danau Kembar via instagram/rexykutama

Ada lagi wisata alam yang seindah dari Pantai Linau, yaitu Danau Kembar. Keistimewaan Danau Kembar yakni airnya tak pernah kering meski kemarau panjang. Dulunya, Danau Kembar diberi nama Paluh Besar dan Paluh Kecil. Karena danau tersebut ada yang besar dan kecil yang jaraknya sangat dekat. Di balik keunikannya, terdapat cerita rakyat tentang asal muasal terbentuknya danau.

Danau Kembar terbentuk dari aliran Sungai Nasal yang diketahui sebagai sungai yang ganas, warga setempat menyebutnya dengan sungai lelaki. Konon, beberapa sungai kecil yang ada di sekitar Nasal dan Maje ingin digabungkan ke Sungai Nasal.

Sungai Nasal ingin menyatukan diri dengan Sungai Numan alias sungai wanita yang juga berada di Desa Sukamenanti, Kecamatan Maje. Lantaran ingin menyatukan diri, air Nasal yang besar saat itu mengalir menuju ke Sungai Numan.

Namun entah mengapa hal tersebut tidak sampai, padahal jarak antara Danau Kembar dan Sungai Numan hanya beberapa ratus meter. Penyatuan Sungai Nasal dan Sungai Numan tak kesampaian yang akhirnya terbentuklah Danau Kembar yang sekarang menjadi objek wisata di Kecamatan Maje.

Pantai Cukoh yang masuk ke nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019

Wisata alam Kabupaten Kaur Bengkulu
Pantai Cukoh via instagram/tiomoonlofty

Wisata alam Kabupaten Kaur Bengkulu berikutnya adalah Pantai Cukoh yang masih asri dan bersih. Terdapat hamparan pasir putih, banyak tumpukan karang, dan biota laut berwarna-warni yang terdampar di pinggir pantai. Konon katanya, jika banyak kerang warna warni menandakan pantai itu masih belum terjamah tangan-tangan jahil.

Berkat keindahannya Pantai Cukoh masuk sebagai salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019 atau disingkat API. Event ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan, diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak. Salah satunya pemerintah daerah untuk mempromosikan wisata di kawasan masing-masing.

Pantai Way Hawang yang ada legenda di baliknya

Wisata alam Kabupaten Kaur Bengkulu
Pantai Way Hawang via instagram/afzalmaulizi

Selanjutnya ada Pantai Way Hawang yang memiliki pasir putih dan berada di teluk sehingga airnya tenang dan bersih. Pantai ini berada di Desa Way Hawang, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur. Di sini terdapat pula Batu Jung yaitu karang yang berbentuk seperti kapal di tepi Pantai Way Hawang. Konon, batu ini berasal dari sebuah kapal, hal ini terjadi karena kutukan Si Pahit Lidah.

Menurut legenda, ada sebuah perahu yang sedang mencari ikan. Namun ada seorang bapak (si pahit lidah) yang sedang berjalan di sekitar tepi pantai, dia meminta api pada sang pemilik kapal.

Sang bapak memanggil-manggil tapi tak ada tanggapan, sebab jaraknya cukup jauh dari kapal sehingga tidak terdengar oleh pemilik perahu itu. Si Pahit Lidah murka, lalu kapal dikutuk menjadi batu.

Inilah ragam wisata alam yang ada di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Semuanya memiliki keunggulan masing-masing yang patut untuk dikagumi. Adakah dari Teman Traveler yang pernah ke salah satu destinasi di atas?

Tags
Bengkulu Indonesia kabupaten kaur Wisata Wisata alam Kabupaten Kaur Bengkulu
Share