Tempat Wisata di Bengkulu, Pemandangan Syahdu Tak Lekang Oleh Waktu

Bengkulu adalah tempat di mana sebuah bunga langka tumbuh. Bunga berukuran besar yang mengeluarkan bau menyengat hingga disebut sebagai bunga bangkai menjadi salah satu keistimewaan Bengkulu yang keren sekali. Masih ada banyak sekali sisi indah yang harus kamu jelajahi. Misalnya saja beberapa tempat berikut ini.

Ada pantai yang cantik dengan hamparan pasir dan aroma laut yang khas, hingga bangunan-bangunan bersejarah yang dulu memiliki peran yang sangat penting dan jadi harta yang bernilai saat ini. Penasaran dengan tempat mana saja yang bisa kamu datangi? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Pantai Panjang

Pantai Panjang [image source]
Pantai Panjang [image source]

Pantai Panjang adalah salah satu ikon wisata yang wajib didatangi jika bertandang ke Bengkulu. Nama panjang diambil dari penampakan pantai yang cantik dengan hamparan pasir laut yang memanjang. Saat ini Pantai Panjang telah dikelola dengan baik, berbagai fasilitas umum semua tersedia di sana. Letaknya sendiri ada di kawasan yang strategis. Dari pusat kota kamu hanya perlu melajukan kendaraan selama 15 menit saja. Jaraknya sendiri tidak lebih dari 15 menit. Tidak hanya pantai, kamu juga bisa menikmati beberapa wahana dan fasilitas seperti penginapan, restoran, cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga.

2. Danau Dendam tak Sudah

Danau Dendam tak Sudah [image source]
Danau Dendam tak Sudah [image source]

Agak ngeri ya mendengar nama salah satu danau di Bengkulu ini. Terlepas dari namanya yang mengundang kontroversi, danau yang luas tersebut memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Kondisinya masih alami dan tak banyak dirusak oleh manusia. Untuk sampai di danau ini kamu harus melakukan perjalanan menuju Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu. Danau ini sangat penting sebagai habitat banyak binatang dan rumah untuk puluhan jenis pohon. Danau Dendam tak Sudah dijadikan sebagai cagar alam karena alasan potensinya sebagai pusat ekologi dan penyeimbang ekosistem.

3. Danau Mas Harun Bestari

Danau Mas Harun [image source]
Danau Mas Harun [image source]

Nama danau di Bengkulu sepertinya memang unik-unik. Setelah tadi ada Danau Dendam Tak Sudah, kali ini ada Danau Mas Harun Besatari. Keindahannya juga nggak kalah keren. Untuk menyaksikannya, kamu harus menuju danau yang lokasinya ada di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupatem Rejang. Kamu bisa menempuh perjalanan dari Kota Curup Sejauh 17 kilometer. Di pinggir danau ada beberapa fasilitas yang akan memudahkan perjalanan wisatamu. Ada juga sepeda air yang bisa kamu coba bareng keluarga.

4. Bukit Kaba Bengkulu

Bukit Kaba [image source]
Bukit Kaba [image source]

Bukit Kaba adalah sebuah pemandangan di ketinggian yang menakjubkan. Daya tarik utama dari bukit Kaba adalah kawah yang ada di puncaknya. Ada ratusan anak tangga yang harus kamu taklukan. Tepatnya ada sekitar 307 anak tangga. Letak Bukit Kaba ada di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Kamu bisa datang saat malam hari untuk menyaksikan pesona Kota Curup yang bisa dilihat dari atas ketinggian. Gemerlap lampu kota membuatnya seperti butiran bintang yang indah.

5. Air Terjun Semidang

Semidang saat ini telah tumbuh menjadi destinasi wisata alam yang terkenal di Bengkulu. Alam yang indah dan udara sejuk bukanlah hal yang sulit didapatkan di lokasi ini. Kamu bisa melakukan perjalanan untuk mengnjungi air terjun di sekitar Semidang yang secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Seluma, Bengkulu. Penampakannya memang tidak terlalu tinggi, namun aliran air yang melewati tebing batu menampilkan pertunjukan tersendiri yangs seru untuk dinikmati apalagi bareng keluarga.

6. Pulau Tikus

Pualu Tikus adalah tempat yang wajib dikunnungi jika kamu adalah traveler yang suka banget dengan pesona baharai. bagian daratannya hanya seluas 2 hektare dan didominasi oleh karang-karang. Namun di bawah laut, kamu bisa snorkeling mengintip cantiknya terumbu karang. Pulau Tikus tepatnya berada di Enggano, Bengkulu Utara.

Itulah beberapa tempat wisata di Bengkulu yang wajib kamu datangi. Manakah yang kamu masukan sebagai tempat wisata favoritmu?

Tags
Bengkulu Danau Indonesia pantai
Share