4 Wisata Alam Kabupaten Buol, Indahnya Enggak Ketulungan

Apakah Teman Traveler tahu bahwa Pulau Sulawesi mempunyai beragam keindahan alam sangat indah? Di antaranya seperti Kabupaten Buol di Sulawesi Tengah. Nah, seperti apa pesona wisata alam di Kabupaten Buol? Simak ulasan di bawah ini. 

Pulau Panjang Paleleh, Si Bukit Hijau

wisata alam kabupaten buol
Pulau Panjang Paleleh via instagram/
ilham__syafaat66

Tempat wisata pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah Pulau Panjang Paleleh. Sesuai dengan namanya, pulau yang satu ini bentuknya memanjang. Ketika Teman Traveler mengunjungi Pulau Panjang Paleleh ini, kalian akan menemukan hamparan bukit yang diselimuti oleh hijaunya pohon dan rerumputan.

Dari atas bukit, kalian juga dapat melihat dan menikmati pemandangan keindahan alam Buol, berupa laut dan beberapa pulau yang ada di sekitarnya. Kalau ingin menikmati pesonanya bisa datang ke Desa Paleleh, Kecamatan Paleleh. 

Pantai Lakea dengan Keindahan Batu Susunnya

wisata alam kabupaten buol
Pantai Lakea via instagram/
mtaufanspbustan

Salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Buol selanjutnya adalah Pantai Lakea yang terletak di Desa Lakea, Kecamatan Biau. Pantai ini sangat indah dengan ciri khasnya berupa batuan karang bersusun yang oleh masyarakat setempat disebut batu susun. Biasanya, para wisatawan menggunakan batu tersebut untuk berfoto atau sekedar duduk-duduk di atasnya. 

Kelebihan lain dari Pantai Lakea ini adalah lautnya yang biru, sehingga bisa memanjakan mata para wisatawan. Ditambah lagi langitnya yang indah, menambah pantai jadi terlihat lebih mempesona. 

Pulau Busak, Wisata Bahari di Kabupaten Buol

Pulau Busak via instagram/
wawanirawan07 

Pulau Busak adalah pulau mungil di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Terletak di Desa Busak, Kecamatan Keramat, pulau ini salah satu daya tarik wisata unggulan yang dikelola oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Buol. 

Hamparan terumbu karang indah menjadi daya tarik wisatawan penyuka wisata bahari di Pulau Busak. Terdapat ikan beraneka warna menari-nari di antara karang yang menggoda siapa saja untuk mengejar dan bermain dengannya. Di sisi lain, ada hamparan pasir lembut seluas mata memandang. Pasir ini mengelilingi bagian pulau mungil yang berbentuk tanduk di sisi selatan, yang menghadap daratan Sulawesi. 

Pemandian Tertaria, Kolam Alami dengan Air Sejuk

Pemandian Tertaria via instagram/
cristophersandy

Kalau Teman Traveler ingin bermain-main air atau sekedar berendam, bisa datang ke Pemandian Tertaria. Permandian Tertaria terbagi menjadi dua kolam pemandian. Satu di atas dan yang lainnya berada di bawah. Kedua kolam tersebut memiliki air yang sama sejuk dan dingin. 

Tapi, apabila kalian ingin pergi mandi ke kolam atas, diharuskan naik ke atas dan melakukan perjalanan selama beberapa menit. Namun, jalannya sangat mudah untuk dijangkau, kok. Tertarik? Bisa langsung datang ke Kelurahan Kulango, Kabupaten Buol. 

Itulah deretan wisata alam yang ada di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Semuanya memiliki keindahan masing-masing yang patut Teman Traveler kunjungi. Jadi, apakah kalian ingin melancong ke sana dalam waktu dekat? 

Tags
Indonesia Kabupaten Buol Sulawesi Tengah wisata alam kabupaten buol
Share