4 Wisata Alam Kabupaten Belu yang Pesonanya Luar Biasa

Pesona Nusa Tenggara Timur memang tidak pernah ada habisnya. Dibuktikan dengan setiap kota dan kabupatennya mempunyai alam yang bikin kita tak bisa berkata-kata. Salah satunya adalah Kabupaten Belu dengan berbagai macam pilihan destinasi menarik. Mau tahu seperti apa keindahnya? Bisa simak ulasan di bawah ini ya, Teman Traveler.  

1. Teluk Gurita, Surganya Pecinta Mancing

wisata alam kabupaten buol
Teluk Gurita via instagram/ padmatourorganizer

Namanya yang unik tentu membuat Teman Traveler agak begidik ngeri karena ada sebutan guritanya. Tapi jangan salah, ketika sudah mengunjungi Teluk Gurita ini, dijamin akan terpana melihat pesonanya. Air lautnya jernih, berpasir putih dan berombak tenang. Cantik berpadu dengan hijaunya bukit-bukit. 

Selain bisa melihat panorama keren, para pengunjung juga bisa memancing di sini. Langsung saja menuju tepi pantai atau Danau Konkas yang berhubungan langsung dengan Teluk Gurita. Apabila tertarik menikmati semua keseruan itu, dapat melipir ke Desa Dualaus, Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, NTT. 

2. Air Terjun Mauhalek, Tempat Favorit Para Fotografer

wisata alam kabupaten buol
Air Terjun Mauhalek via instagram/ siatamauhalek

Wisata alam bernama Air Terjun Mauhalek wajib Teman Traveler datangi ketika berkunjung ke Kabupaten Belu. Berlokasi di Desa Raiulun, Kecamatan Lasiolat, wisata tersebut menawarkan pemandangan menakjubkan berupa paduan lumut hijau di dinding batu dengan beningnya air diterpa sinar matahari. Kalau beruntung, bisa melihat pelangi juga. 

Pesona air terjun satu ini, bukan saja untuk menyegarkan pikiran dengan memanjakan mata ketika melihat panorama alam. Namun juga bisa menjadi surga bagi para fotografer. Tumbuhan hijau dan basah pada bebatuan bisa menjadi objek bidikan kamera.

3. Kolam Susuk dengan Sejarahnya yang Unik

wisata alam kabupaten buol

Destinasi wisata yang berada di Desa Dualaus, Kakuluk Mesak ini ternyata mempunyai sejarah tersendiri. Menurut legenda, pada zaman dahulu ada tujuh bidadari yang singgah untuk membersihkan diri. Bidadari tersebut merupakan utusan Raja Lifao dari Oecusse.

Raja Lifao sengaja mengirim nyamuk untuk mengganggu mereka saat tertidur. Sehingga para bidadari tetap terjaga dan tidak dimangsa oleh para pembantu raja. Maka dari itu, tempat tersebut dinamakan Kolam Susuk yang artinya sarang nyamuk. 

Meskipun diliputi legenda seperti itu, Kolam Susuk mempunyai panorama yang eksotis. Bentuknya berupa danau besar yang alami. Di sekelilingnya terlihat tebing-tebing yang menjulang tinggi seolah-olah melindungi keasriannya. Di sekitaran tempat wisata di Belu ini juga terdapat pohon kedondong hutan dan bakau. Nuansa yang ditawarkan terasa sejuk meski sinar matahari menyengat.

4. Fulan Fehan, Padang Savana Mirip Selandia Baru

wisata alam kabupaten belu
Fulan Fehan via instagram/ neng_ny

Kabupaten Belu juga mempunyai perbukitan yang tidak boleh dilewatkan para wisatawan. Adalah Padang rumput Fulan Fehan, dengan sejuta pesona yang tersimpan di bawah kaki Gunung Laka’an, Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen. Sejauh mata memandang, Teman Traveler akan menemukan hamparan padang rumput hijau, serta deretan bukit yang menjulang tinggi. Lanskapnya mirip padang savana di luar negeri. Sungguh memanjakan mata.

Fulan Fehan juga ditumbuhi kaktus liar di beberapa tempat, membuatnya makin sedap dipandang. Selain itu, sapi dan kuda berkeliaran bebas, s membuatnya mirip seperti padang rumput di Selandia Baru.

Itulah deretan wisata alam yang ada di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Ada pantai hingga savana. Cocok banget nih untuk Teman Traveler yang suka aktivitas di alam. 

Tags
Indonesia Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur Wisata wisata alam kabupaten belu
Share