Menilik Wisata Alam Kabupaten Asahan yang Bikin Menyejukkan Mata

Sumatera Utara mempunyai banyak sekali daerah dengan wisata alam indah. Salah satunya Kabupaten Asahan yang punya banyak destinasi elok dan harus dikunjungi. Lantas, bagaimana sih keindahan wisata alam di Kabupaten Asahan ini? Simak dulu ulasan berikut, ya. 

Air Terjun Ponot yang jadi Wisata Andalan Kabupaten Asahan

wisata alam kabupaten asahan
Air Terjun Ponot via instagram/
raissastmrg

Air Terjun Ponot adalah wisata alam eksotik yang terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan. Wisata air Kabupaten Asahan ini memiliki ketinggian hampir 100 meter. Bebatuan alam berukuran sangat besar yang terdapat di bawah curahan air, menjadi daya tarik tersendiri.

Di sebelah wisata ini juga terdapat beberapa air terjun kecil yang mengalir dari sela-sela bebatuan dan melalui tebing. Air terjun kecil ini memang sering luput dari pandangan wisatawan yang terpukau akan keindahan Ponot. Tetapi dengan adanya guyuran air kecil ini menambah keindahan alam di sekitar.

Sungai Asahan, Tempat Arung Jeram Terbaik Ketiga di Dunia

wisata alam kabupaten asahan
Sungai Asahan via instagram/
dian_nugraha85

Berpusat di Kecamatan Bandar Pulau di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara, jalur Sungai Asahan disebut-sebut sebagai tempat arung jeram terbaik ke-3 di dunia. Hanya setingkat di bawah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Sungai Asahan merupakan aliran air sepanjang 22 Kilometer yang tak berujung,  dimulai tepat di depan Bendungan Sigura-gura di Desa Tangga dan berakhir di kota Bandar Pulau yang merupakan muara sungai. 

Dengan kedalaman rata-rata 5 meter, karakteristik sungai ini memiliki tingkat kesulitan kelas 4-5 (dalam skala 1 sampai 6). Hal inilah yang membuat Sungai Asahan menjadi wilayah arung jeram kelas dunia, karena cocok untuk tingkat profesional. 

Pancur Napitu, Pemandian Jernih di Kabupaten Asahan

Pancur Napitu via instagram/
wenni_safitri

Pemandian Alam Pancur Napitu yang masih alami terletak di Desa Gunung Berkat, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan menjadi destinasi alam yang saat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal dari berbagai wilayah di Provinsi Sumatera Utara. Bahkan sampai ada juga wisatawan yang datang dari Pekanbaru.

Pemandian ini bersumber dari mata air yang muncul dari sela-sela bebatuan. Wisata Sumatera Utara ini sangat jernih dan berwarna biru muda. Setiap hari tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi saat hari libur jumlah pengunjung mencapai ratusan orang yang penasaran dengan pemandian berwarna biru ini. 

Bagi Teman Traveler yang ingin singgah, bisa langsung meluncur dari Kota Medan. Namun, waktu yang ditempuh agak lama, berkisar lima jam. Kemudian setelah sampai di pintu pemandian, harus berjalan selama 15 menit. Tapi, jangan khawatir karena keindahan dari Pancur Napitu akan membayar rasa lelah yang kalian rasakan. 

Pantai Simallo yang Memiliki Pemandangan Eksotis

Pantai Simallo via instagram/
purnawan24

Wisata alam yang tak kalah menakjubkan di Kabupaten Asahan adalah Pantai Simallo. Berlokasi di Desa Aek Nangali, wisata alam ini mempunyai pemandangan indah karena terdapat lembah yang dikelilingi bebatuan curam di sekitarnya.

Pantai Simallo sebenarnya sudah dibuka sejak 2015 silam, namun sayangnya banyak orang yang tidak tahu akan tempat indah ini. Ini dikarenakan akses menuju pantai tersebut masih belum memadai. 

Wisata alam di Kabupaten  Asahan ternyata sangat indah, ya. Bahkan salah satunya menjadi wilayah arung jeram terbaik ketiga di dunia. Yuk deh, bagi yang suka melancong ke Pulau Sumatera, jangan lupa mampir ke Kabupaten Asahan. 

Tags
Indonesia kabupaten asahan Sumatera Utara Wisata wisata alam kabupaten asahan
Share