Yuk Basah-basahan di Wisata Air Kabupaten Asahan, Sumatera Utara! Takjub dan Bikin Segar Jadi Jaminan!

Butuh waktu sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Medan, Kabupaten Asahan miliki beberapa destinasi wisata alam yang baik sekali untuk kesehatan. Bagaimana tidak sehat jika yang disajikan adalah keindahan bentang alam sejauh mata memandang dan kesegaran air serta udara yang tidak banyak didapat di perkotaan. Teman Traveler yang punya rencana untuk mengunjungi Medan, bisa sambangi kabupaten ini. Lalu, apa saja yang dimiliki Asahan? Simak uraian berikut ini yuk!

1. Aek Saroha, Air Sehati yang Bikin Jatuh Hati

Aliran Aek Saroha Bisa Buat Bahagia via Instagram
Aliran Aek Saroha Bisa Buat Bahagia via Instagram/ andhikadeadyy

Dalam Bahasa Indonesia, Aek Saroha artinya adalah Air Sehati. Wisata air Kabupaten Asahan ini berada di kaki Bukit Barisan. Alirannya yang terhitung tenang, bebatuan dan rimbun pepohonan adalah alasan utama mengapa Teman Traveler harus berkunjung ke lokasi ini. Alih-alih sekadar melihat, siapa pun boleh bermain dengan kesegaran airnya; berenang atau memancing ikan. Untuk sampai ke wisata air Kabupaten Asahan satu ini, Teman Traveler harus lebih dulu melintasi jalur di PT Perkebunan Nusantara IV.

2. Air Terjun Ponot, Keasriannya Nggak Akan Bikin Kecewa

Tenang, Air Terjun Ponot Setia Menunggumu Datang via Instagram
Tenang, Air Terjun Ponot Setia Menunggumu Datang via Instagram/ rachmanrambe

Air Terjun Ponot berada di Desa Tangga, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Asahan. Air terjun ini akan membuat siapa saja terpukau. Selain lingkungannya yang masih sangat asri, airnya juga segar dan bersih. Meski jauh, akses menujunya sudah dibuat mudah; bisa dilalui kendaraan roda dua atau empat.

3. Paccur Napitu, Pemandian Alam yang Ditemukan Taksengaja

Pemandian Alami Sejernih Ini Siapa Tidak Jatuh Cinta via Instagram
Pemandian Alami Sejernih Ini Siapa Tidak Jatuh Cinta via Instagram/ syahrullramadhan12

Paccur Napitu merupakan pemandian alam yang terletak di Desa Gunung Berkat, Kecamatan Bandar Pulo, Asahan. Pemandian ini baru dibuka untuk umum pada Juni 2017 lalu. Ia ditemukan secara tidak sengaja oleh sekelompok pemuda desa saat berburu burung. Sumber air yang memenuhi kolam pemandian, keluar secara alami dari sela-sela bebatuan. Alhasil, airnya memang sangat jernih dan bersih. Nggak mau selesai kalau sudah nyebur!

4. Air Terjun Turunan Bolon, Taktinggi Tapi Tetap Bisa Bikin Betah

Air Terjun Turunan Bolon yang Taktinggi Tapi Tetap Luar Biasa via Instagram
Air Terjun Turunan Bolon yang Taktinggi Tapi Tetap Luar Biasa via Instagram/ wahyusandi_

Wisata air Kabupaten Asahan selanjutnya berada di Desa Tomuhan Hokbung, Bandar Pasir Mandoge, Asahan. Perjalanan menuju Air Terjun Turunan Bolon dilakukan berjalan kaki selama satu jam dari lokasi parkir kendaraan. Jadi, siapkan stamina ya. Begitu sampai, Teman Traveler akan dibuat takjub dengan derasnya aliran air. Meski hanya setinggi 30 meter, ia bisa menyihir siapa saja. Tapi, jangan terlalu tersihir ya, bagaimana pun harus tetap hati-hati.

5. Air Terjun Simonang-monang, Nggak Tahan Pengin Pegang Airnya, Kan?

Nggak Sabar Pegang Airnya, Kan via Instagram
Nggak Sabar Pegang Airnya, Kan? via Instagram/ andhikadeadyy

Perjalanan kita lanjut ke Air Terjun Simonang-monang. Takkalah indah, wisata air Kabupaten Asahan ini menawarkan pesonan khas wilayah perbukitan. Walau ketinggiannya hanya sekitar 20 meter, Simonang-monang tetap cantik dan berdaya tarik. Ditambah bentang alam di sekitar lokasi yang tidak main-main alaminya. Ingin mengunjunginya? Teman Traveler hanya perlu melakukan perjalanan ke Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau. Jarak dari pusat Kabupaten Asahan adalah sekitar 1 jam 36 menit.

6. Air Terjun Simanikmanik, Kolam Tampungnya yang Besar Nggak Boleh Diabaikan

Air Terjun Simanik-manik via Instagram
Air Terjun Simanik-manik via Instagram/ cantik.indonesia31

Selanjutnya, destinasi wisata air di Asahan yang sayang jika dilewatkan adalah Air Terjun Simanik-manik. Ketinggiannya memang hanya sekitar 15 meter, tetapi ia punya kolam tampung yang cukup besar. Diameternya sekitar 30 meter dengan kedalaman kurang lebih 10 meter. Letak Air Terjun Simanik-manik ini ada di tengah hutan. Jadi, bisa dibayangkan seperti apa kesejukannya ya.

7. Air Terjun Siguragura, Salah Satu Tertinggi di Indonesia

Salah Satu Tertinggi di Indonesia via Instagram
Salah Satu Tertinggi di Indonesia via Instagram/ nurfidaiy

Menyandang status sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, akan jadi satu yang disayangkan jika Teman Traveler melewatkannya. Yap! Sigura-gura punya ketinggian sekitar 250 meter. Jauh meninggalkan kawan-kawannya sesama air terjun di Asahan. Suara jatuhan airnya, terdengar dari jauh. Kemegahannya dibalut oleh pepohonan dan udara yang masih sangat sejuk.

Wisata air Kabupaten Asahan, bukan sekadar tempat basah-basahan. Teman Traveler akan segar sekaligus takjub dengan keunikan-keunikan yang dimilikinya. Yuk agendakan bareng teman-teman! Jadi kapan, nih?

Tags
Alam Indonesia kabupaten asahan Sumatera Utara Wisata wisata air kabupaten asahan
Share