Menyusuri Objek Wisata Cantik di Riau

Advertisement

Dibanding provisi sebelah, Riau mungkin tidak lebih terkenal soal wisata. Ya, eksotisme tempat-tempat di kepulauan Riau macam Anambas seolah menenggelamkan spot-spot menarik di Riau. Sebagai catatan, Riau dan Kepulauan Riau itu beda, ya. Nah, meskipun secara pamor mungkin tidak setenar si tetangga sebelah, di Riau sendiri sebenarnya banyak tempat oke yang bisa kita kunjungi dan tak kalah kece.

Berbeda dengan kepulauan Riau yang secara geografis berbentuk pulau-pulau yang secara otomatis menawarkan pantai dan laut, di Riau lebih variatif dan lengkap. Semua jenis destinasi oke bisa didapatkan di tempat ini. Mulai air terjun sampai dengan sungai eksotis. Riau aslinya benar-benar tak kalah kalau harus bersaing dengan Kepulauan Riau.

Nah, membaca bagian pembukaan di atas kamu mungkin sudah penasaran dengan apa-apa yang dimiliki Riau. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata oke yang bisa kamu dapatkan di provinsi satu ini.

1. Eksotisme Air Terjun Aek Martua Akan Membuatmu Terkesima

Jika kamu bertanya kepada orang-orang Riau tentang tempat wisata yang paling asyik di sana, mungkin jawabnya yang bakal didapatkan adalah Aek Martua. Tempat ini adalah spot air terjun yang boleh dibilang paling terkenal di sana. Alasannya hanya satu. Ya, indahnya tak karuan.

Aek Martua [Image Instagram]
Aek Martua [Image Instagram]
Berbeda dari air terjun kebanyakan yang langsung mengucur dari atas ke bawah, Aek Martua ini bentuknya bertingkat-tingkat. Jadi, air nggak langsung drop, melainkan menuruni satu level ke level berikutnya. Awesome pokoknya! Untuk mengunjungi ini kamu langsung saja menuju Desa Tangun yang ada di Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu.

2. Berselancar di Ombak Bono yang Menantang

Tak hanya Aek Martua, Riau juga identik dengan Bono. Bukan, bukan si vokalis U2, melainkan nama dari ombak paling terkenal yang hanya bisa kamu dapatkan di sungai Kampar yang ada di Semenanjung Kampar, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Sungai tapi punya ombak, inilah keunikan Kampar.

Ombak Bono [Image Instagram]
Ombak Bono [Image Instagram]
Meskipun ombak terus ada setiap waktu, tapi Bono lain. Ombak satu ini muncul hanya di waktu-waktu tertentu saja. Yang membedakan Bono dan ombak lain adalah ketinggiannya. Dalam sekali bergulung, Bono bisa mencapai minimal lima meter. Dengan ketinggian ekstrem ini, tak pelak Bono sangat dicari oleh para peselancar. Bahkan para surfer kelas dunia juga pernah mencobanya.

3. Air Terjun Pulo Simo, Si Bidadari yang Tersembunyi

Pulo Simo mungkin nama yang cukup jarang terdengar bahkan mungkin bagi orang Riau sendiri. Tak heran sih karena air terjun satu ini masih belum banyak diketahui orang. Air Terjun Pulo Simo sendiri ada di Desa Tanjung Alai, Kabupaten Riau.

Pulo Simo [Image Instagram]
Pulo Simo [Image Instagram]
Banyak hal yang menarik dari air terjun satu ini. Pertama ada aksesnya yang amat mudah, hanya butuh 2 jam saja dari Pekanbaru kemudian lanjut dengan rute yang enteng, kita pun langsung bisa menikmati keindahannya. Hal menarik lainnya ya tentu saja air terjun Pulo Simo sendiri. Ia hanya terdiri satu tingkat saja, tapi indah luar biasa. Kita bisa tuh berenang di sekitar air terjunnya. Tak hanya itu, nuansa alami juga sangat bisa kita rasakan di sana. Benar-benar oke untuk refreshing dan membuang semua kepenatan yang terkutuk itu.

4. Guruh Gemurai, Satu Lagi Air Terjun Menawan di Riau

Soal air terjun kita memang bisa mengandalkan Riau sebagai destinasi. Tidak hanya Pulo Simo dan Aek Martua, masih ada satu lagi air terjun di provinsi ini yang indah tak karuan. Ya, namanya adalah Guruh Gemurai. Terletak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Riau, air terjun ini menawarkan banyak keindahan yang tiada duanya.

Guruh Gemurai [Image Instagram]
Guruh Gemurai [Image Instagram]
Sama seperti Aek Martuo, Guruh Gemurai adalah tipe air terjun yang bertingkat. Setidaknya ada dua tingkat di sini yang masing-masing menawarkan hal yang berbeda. Curahan pertamanya begitu tinggi hampir 20 meteran. Di sekitarnya nampak dingin dan hijaunya dinding-dinding batu yang siap bikin otak kita langsung adem. Selanjutnya adalah curahan kedua yang mana kita bisa mandi di sini. Menikmati air segar sambil melihat pemandangan di atas sana, sungguh jadi hal yang tak bisa digantikan dengan apa pun.

5. Indahnya Danau Lembah Sari Akan Membuatmu Jatuh Hati

Satu lagi tempat paling hits di Riau yang jangan sampai kamu lewatkan kalau ke sana. Ya, tempat ini adalah Danau Lembah Sari. Danau ini buatan alias tidak dibuat oleh alam, tapi apa yang disajikan di sana bakal membuatmu berpikir ini seolah bukan buatan manusia. Begitu indah dan luar biasa. Nah, bicara soal aktivitas, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini.

Danau Lembah Sari [Via anekatempatwisata]
Danau Lembah Sari [Via anekatempatwisata]
Kamu bisa hanya dengan duduk-duduk di pinggir sambil menikmati pemandangan luar biasa di sini. Bisa juga dengan eksplor langsung ke dalamnya dengan cara main perahu, bersepeda air, atau bahkan berenang. Malas kena air tapi pengen stay close dengan si Lembah Sari? Bisa dengan mancing. Ikannya banyak lho dan monster-monster katanya.

Riau mungkin sering terlewatkan oleh mata. Tapi, nyatanya tempat ini menawarkan banyak hal yang indah. Tentu tempat menarik di sana tak hanya sebatas ini, masih ada beberapa spot oke lainnya yang pasti akan kami bahas lain kali. Anyway, beneran kunjungi spot-spot di atas kalau mampir ke Riau. Dijamin bakal puas luar biasa!

Advertisement
Tags
Air Terjun Gunung Indonesia pantai Riau
Share