Berkunjung ke Semenanjung Skandinavia, Yuk Saksikan Fenomena Aurora

Skandinavia memang tidak populer dalam sisi pariwisatanya. Namun, siapa sangka, ternyata Skandinavia memiliki beberapa wisata alam yang sangat menakjubkan. Bahkan, salah satunya ada tempat yang digunakan untuk melihat fenomena aurora. Jadi, apa saja wisata alam di Semenanjung Skandinavia? Berikut ulasannya. 

Trolltunga

semenanjung skandinavia
Trolltunga via instagram/rolenko_vladislav

Trolltunga merupakan salah satu atraksi wisata paling dicari di Semenanjung Skandinavia. Tempat ini juga disebut sebagai titik terbaik untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Tentu bukan tanpa alasan pula kalau Trolltunga masuk dalam daftar Secret Marvels of The World versi Lonely Planet.

Dilansir The Telegraph, Trolltunga berarti lidah troll. Walaupun begitu sebenarnya ini bukan lidah monster troll sungguhan. Hanya sebentuk batu dengan permukaan datar yang menjulur ke tengah jurang. Sekilas memang tampak seperti lidah raksasa.

Dikutip dari Visit Norway, dibutuhkan pendakian selama 10 sampai 12 jam dari Desa Skjeggedal untuk mencapai tebing dengan ketinggian ekstrem ini. Namun keindahan yang bisa ditangkap mata di puncak akan membuat rasa lelah para pendaki terbayar lunas. Trolltunga menawarkan sudut sempurna untuk melihat keindahan danau dan bukit megah yang mengelilinginya.

Kepulauan Lofoten 

Kepulauan Lofoten via instagram/mattharries3

Tempat wisata lain yang tidak kalah indah adalah Kepulauan Lofoten. Biasanya, para pengunjung melakukan road trip untuk menjelajah berbagai tempat indah di kepulauan ini.  Dengan road trip ini kalian bisa melewati pegunungan berselimut salju dengan pepohonan di kaki gunung. 

Nah, selain itu ada tujuan lain mengapa para wisatawan ingin berkunjung ke kepulauan satu ini. Yaitu untuk melihat fenomena aurora. Di bulan-bulan tertentu, aurora akan terlihat jelas dari Kepulauan Lofoten ini. 

Geirangerfjord

Geirangerfjord via instagram/anastasiya_cherchill

Destinasi lainnya yang bisa dikunjungi di Semenanjung Skandinavia adalah Geirangerfjord. Itu merupakan sebuah teluk yang terbentuk dari lelehan es dan terletak di wilayah barat Norwegia. Di ujung Geirangerfjord, terdapat sebuah desa kecil yaitu Geiranger yang merupakan pintu masuk dari teluk satu ini. Di desa itu pula ada ujung aliran dari Geirangelva, satu-satunya sungai yang mengalir di Geirangerfjord. 

Di sekitar teluk ini juga terdapat beberapa air terjun, contohnya adalah Seve Sister Falls dan Suitor yang paling populer. Untuk menikmati wisata tersebut Teman Traveler bisa menggunakan jasa Kapal Ferry yang beroperasi dari Geirangerfjord hingga ke Hellesylt. 

Kjeragbolten

Kjeragbolten via instagram/paulorossradio

Terletak di Gunung Kjerag, Kjeragbolten merupakan sebutan untuk batu berukuran besar yang terhimpit di antara gunung. Ukuran batu ini kurang lebih­nya lima me­ter kubik dan meru­pakan destinasi yang populer bagi Teman Traveler yang ingin berfoto anti-mainstream.

Sebelum naik ke batu tersebut, ada yang perlu dipersiapkan terlebih dulu, seperti sepatu hiking dan juga stamina kuat. Alasannya karena ada bagian di mana nanti Teman Traveler harus memanjat ketinggian sekitar 570 meter.  Tidak hanya itu, proses pendakian menuju Kjeragbolten ini juga me­makan waktu sekitar 6 jam lamanya.

Begitulah serunya wisata alam di Semenanjung Skandinavia. Di sana ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari mendaki, naik Kapal Ferry sampai dengan memandang aurora. Jadi, apakah kalian ingin mengunjunginya untuk liburan ke depannya? 

Tags
fenomena aurora Luar negeri Semenanjung Skandinavia Wisata
Share