10 Wisata Alam di Pasaman Barat Sumbar, Bikin Daftar Tempat Liburan Tambah Panjang

Advertisement

Wisata alam di Pasaman Barat, punya daya tarik yang kuat. Merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, di sini terdapat beberapa destinasi wisata alam yang anti mengecewakan. Berjarak sekitar hampir 5 jam dari Kota Padang, ia seperti surga yang tercecer di Tanah Minang. Pokoknya, dijamin bikin daftar tempat liburan Teman Traveler semakin panjang! Ada apa saja di sana? Uraian berikut akan menjawabnya!

1. Pantai Sasak

Biru di Pantai Sasak, Bikin Pengin Libur Buru-buru via Instagram
Biru di Pantai Sasak, Bikin Pengin Libur Buru-buru via Instagram/ renungramadhan10

Pantai Sasak miliki pasir putih yang panjangnya mencapai puluhan kilo. Ia landai dengan banyak pepohonan di sekitarnya. Keindahan alam di sekitar pantai ini sungguh memanjakan mata. Tidak heran jika ia termasuk yang paling banyak dikunjungi oleh warga di sekitar Pasaman Barat. Lanskap Pantai Sasak, semakin terasa meneduhkan saat Teman Traveler menikmatinya sambil minum es kelapa muda di kala senja.

2. Gunung Talamau

Berada di Puncak Gunung Talamu, Talago Terlihat dengan Cantik via Instagram
Berada di Puncak Gunung Talamu, Talago Terlihat dengan Cantik via Instagram/ luckiprasetia

Salah satu alasan Teman Traveler harus berkunjung ke Pasaman Barat adalah Gunung Talamau. Terutama bagi para pecinta ketinggian dan daki-mendaki. Talamau memiliki tinggi sekitar 2.982 mdpl. Bukan sekadar gunung biasa, ada 13 talago (telaga) yang siap menyambut para pendaki. Di antaranya Talago Puti Sangka Bulan, Talago Puti Bungsu, Talago Mandeh Rubiah, dan Talago Biru. Talago-talago tersebut akan Teman Traveler temui setelah melakukan pendakian selama 12 jam. Tertarik? Siap-siap berangkat kalau gitu.

3. Bukit Puti Gonjoli

Pemandangan dari Bukit Puti Gonjoli via Instagram
Pemandangan dari Bukit Puti Gonjoli via Instagram/ tsenoda

Wisata alam di Pasaman Barat ini akan manjakan para pecinta olahraga Paralayang. Tidak hanya wisatawan dari dalam, melainkan juga luar negeri. Selain sebagai kawasan take-off olahraga Paralayang, bentang alam di Bukit Puti Gonjoli juga banyak dipilih sebagai arena kemping. Sebab, pemandangan dari atas bukit memang tidak main-main. Berada di sini, Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan Gunung Talamau dan Samudera Hindia dari kejauhan.

4. Pulau Pigago

Pulau Pigago, Yuk go! via Instagram
Pulau Pigago, Yuk go! via Instagram/ nurulizzah.j

Destinasi lain yang bisa dikunjungi saat berada di Pasaman Barat adalah Pulau Pigago. Menuju ke lokasi, Teman Traveler harus menggunakan kapal boat dari Air Bangis. Waktu tempuhnya kurang lebih 50 menit dengan biaya sekitar Rp 50 ribu. Tenang, perjalanan Teman Traveler akan terbayar dengan keindahan bentang alamnya. Pasir yang dimiliki Pulau Pigago putih dan halus. Perairannya juga tenang dan jernih. Di pesisir pantai, berjejer pohon-pohon kelapa yang kompak menari saat tertiup angin. Sebuah pemandangan yang tidak setiap hari bisa didapatkan, kan?!

5. Pantai Maligi

Duduk Santai di Bawah Pohon Kelapa Sambil Menikmati Pantai Maligi via Instagram
Duduk Santai di Bawah Pohon Kelapa Sambil Menikmati Pantai Maligi via Instagram/ erlanggaditto

Maligi, adalah daerah pesisir yang terletak di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. Pantai Maligi punya garis pantai yang panjang dan luas. Di sini terdapat banyak sekali pohon-pohon kelapa. Kebersihan dan keasriannya juga masih sangat terjaga. Dari salah satu pohon kelapa yang ada di kawasan ini, Teman Traveler dapat duduk dengan tenang sembari menikmati air biru yang menghampar dengan luas di depan mata. Tapi tetap hati-hati ya, khawatir ada buah kelapa yang jatuh.

6. Air Terjun Sipagogo

Pesona Air Terjun Sipagogo Bikin Pengin Langsung Go! via Instagram
Pesona Air Terjun Sipagogo Bikin Pengin Langsung Go! via Instagram/ jerrypinem

Wisata alam di Pasaman Barat selanjutnya yang siap berikan kejutan karena keindahannya adalah Air Terjun Sipagogo. Lokasinya ada di Situak Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang. Konon, Sipagogo merupakan nama seorang tokoh sakti yang sering menggunakan air terjun ini untuk bertapa. Bisa dimengerti mengapa tokoh sakti tersebut memilih tempat ini. Pasalnya, keindahan Air Terjun Sipagogo memang luar biasa. Walau tidak terlalu tinggi, namun air berwarna biru yang mengalir di antara tebing batu jelas bisa memesonakan siapa saja.

7. Air Terjun Sampuran Betung

Tidak Terlalu Tinggi, Tapi Alirannya Menyegarkan via Instagram
Tidak Terlalu Tinggi, Tapi Alirannya Menyegarkan via Instagram/ viasyahfitri

Kontur yang dimiliki air terjun memang tidak selalu sama antara satu dan lainnya. Tetapi, bagaimana pun, rasa-rasanya selalu indah. Setuju, kan? Pun dengan Air Terjun Sampuran Betung yang berada kira-kira 10 Km dari Kecamatan Sungai Aur. Objek wisata tempat basah-basahan ini tidak terlalu tinggi. Namun di sini terdapat aliran sungai yang lebarnya sekitar 15 meter. Airnya masih bersih dan asri. Pokoknya bikin betah berlama-lama.

8. Air Terjun Batang Nango

Nikmati Tenang dan Asrinya Air Terjun Batang Nango via Instagram
Nikmati Tenang dan Asrinya Air Terjun Batang Nango via Instagram/ youzie_maulana

Wisata alam di Pasaman Barat masih belum habis! Objek wisata yang selanjutnya bisa dikunjungi adalah Air Terjun Batang Nango atau Sarasah Kajai. Jarak dari pusat Kabupaten Pasaman Barat menuju lokasi ini adalah 10 Km. Tidak terlalu jauh untuk sebuah lanskap cantik kok. Sesampainya di lokasi, hal pertama yang bakal bikin terpesona adalah derasnya debit air. Bikin pengin nyebur tanpa lama-lama!

9. Air Terjun Siburai-burai

Takbisa Mengelak, Air Terjun Siburai-burai Memang Elok via Instagram
Takbisa Mengelak, Air Terjun Siburai-burai Memang Elok via Instagram/ irfannupati

Teman Traveler pecinta tantangan? Mestilah Air Terjun Siburai-burai ini menarik hati. Karena, Siburai-burai terletak di dalam hutan yang sudah termasuk kawasan Gunung Talamau. Sehingga, traking untuk menuju lokasi, dipenuhi oleh pepohonan yang rimbun khas pegunungan. Sebelum menuju puncak gunung, tidak ada salahnya untuk mampir terlebih dulu. Jangan lupa bawa serta kesegarannya sebagai bekal mendaki.

10. Pantai Sikabau

Pantai Sikabau, Indahnya Jadi Bikin Ingat Seseorang via Instagram
Pantai Sikabau, Indahnya Jadi Bikin Ingat Seseorang via Instagram/ rian_afrian

Melengkapi sepuluh destinasi wisata alam di Pasaman Barat, ini dia keindahan Pantai Sikabau! Pasir pantai yang bersih, membentang dengan lebar. Airnya jernih dan yang pasti udara di sekitar masih alami; belum begitu banyak tercemar polusi. Untuk menuju Pantai Sikabau, Teman Traveler harus melakukan perjalanan sekitar 2 jam dari pusat Kabupaten Pasaman Barat. Lumayan jauh, tetapi nggak usah khawatir karena sesampainya di sini, semua terbayar dengan kecantikannya.

Beberapa wisata alam di Pasaman Barat di atas, jadi alasan yang cukup untuk memasukkannya dalam daftar liburan! Lebih seru saat Teman Traveler merencakannya dengan teman-teman. Setuju? Jadi, mau ajak siapa?

Advertisement
Tags
Indonesia Pasaman Barat Sumatera Barat Wisata wisata alam di pasaman barat
Share