Jelajah Wisata Alam di NTT, Pesona Indah yang Wajib Dinikmati Pengunjung

Wilayah Nusa Tenggara Timur memang sangat bisa memanjakan para wisatawan dengan pemandangannya. Bahkan, beberapa film menggunakan provinsi ini sebagai latar utamanya, salah satunya adalah Susah Sinyal yang mampu membuat penontonnya penasaran ingin berkunjung. Kali ini, TravelingYuk akan membahas wisata alam di NTT yang sangat direkomendasikan untuk tempat berlibur. Cek di bawah ini, ya.

Danau Sano Nggoang

wisata alam di NTT
Danau Sano Nggoang via instagram/ pegi_pegi

Bagi yang pertama kali mendengar nama Danau Sano Nggoang, mungkin merasa sedikit aneh. Namun, jangan salah, di baliknya ada arti tersembunyi. Sano dalam Bahasa Kempo berarti danau, sementara Nggoang berarti  membara. Jika digabungkan Sano Nggoang berarti danau vulkanik atau danau yang membara.

Danau yang terletak di Kabupaten Manggarai Timur ini memiliki pemandangan yang indah, termasuk hutan, bukit, danau, flora dan fauna di sekitar danau. Selain indah dan sepi, Danau Sano Nggoang juga menjadi habitat beberapa jenis burung, termasuk burung endemik Flores, yaitu Gagak Flores (Corvus florensis).

Air terjun Oenesu

wisata alam di NTT
Air Terjun Oenesu via instagram/ gederosigitadharma

Wisata Kupang satu ini memiliki keunggulan daripada air terjun lainnya. Ialah dengan adanya sebuah tingkatan yang mungkin dapat membedakan dengan air terjun lainnya yang ada di Indonesia. Dari setiap lapisan yang ada, terdapat kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah. Sehingga banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berenang, maupun berendam.

Untuk Teman Traveler yang memang tertarik menjelajahi Air Terjun Oenesu ini, pastikan untuk bersiap dan segera mengambil penerbangan menuju Kupang. Berlokasi di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, wisata air terjun ini bisa dijangkau dengan melakukan perjalanan setidaknya 20 km dari pusat kota Kupang.

Pantai Nemberala yang jadi surganya para peselancar

Pantai Nemberala via instagram/ erzsa_sula

Untuk Teman Traveler yang suka berselancar, datang saja ke Pantai Nembrala. Wisata ini memiliki ombak berskala internasional, sehingga tidak heran banyak wisatawan mancanegara mengunjunginya. Bahkan pada bulan Agustus hingga Oktober, ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian 7 meter.

Pantai Nembrala terletak di Pulau Rote. Tepatnya di Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Australia. Indah dan layak banget dikunjungi, bukan?

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa via instagram/ multiwisata

Pulau Kanawa merupakan pulau kecil yang terletak sekitar 10 km dari Labuan Bajo yang menjadi pintu gerbang Pulau Komodo. Bila ingin berkunjung ke Pulau Komodo, pasti melewati pulau ini. Pulau Kanawa sangat cocok untuk tempat bersantai, berjemur ataupun ber-snorkeling dan diving.

Alam bawah lautnya sangatlah menawan. Kita tak perlu jauh-jauh mencari tempat snorkeling untuk dapat melihat terumbu karang, kura-kura, bintang laut, dan berbagai jenis anemon laut lainnya. Hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai, kita sudah dapat menemukan semua keindahan itu.

Tempat wisata alam di NTT ini memiliki keunggulan masing-masing. Ada yang menonjolkan keunikan air terjunnya hingga keindahan bawah lautnya. Nah, Teman Traveler sendiri suka tempat wisata yang mana nih?

Tags
Indonesia NTT Nusa Tenggara Timur wisata alam di NTT
Share