Destinasi Wisata Alam di Mojokerto Ini Nggak Bakal Bikin Menyesal!

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia
Rasakan Sejuknya Udara di Puncak Jengger

Destinasi wisata alam di Mojokerto dijamin nggak bakal bikin menyesal. Jalan-jalan mengelilinginya, berkunjung dari satu tempat ke tempat yang lain, bisa jadi liburan yang berkesan. Berada di Jawa Timur, dengan jarak 50 Km barat daya dari Surabaya, cuaca di Mojokerto masih bersahabat untuk dipakai jalan-jalan. Terlebih tempat-tempat wisata berikut ini, bernuansa alam yang masih asri dan alami. Untuk lebih lengkapnya, lanjutkan menyimak artikel berikut ini yuk!

1. Ranu Manduro Mojokerto

Tenang di Ranu Manduro
Tenang di Ranu Manduro via Instagram/stevinesia_stv

Wisata alam di Mojokerto yang sedang hits dan baru ini disebut-sebut sebagai Ranukumbolo-nya Mojokerto. Ia terletak di Desa Manduro, Ngoro. Telaga ini masih masuk dalam kawasan Gunung Penanggungan. Jalan-jalan ke kawasan ini, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan sambil duduk-duduk di bebatuan yang ada di sana. Ranu Manduro dulunya ternyata merupakan galian sirtu yang ditutup. Kelamaan, galian tersebut terisi oleh air hujan, hingga membentuk telaga.

2. Puncak Jengger Mojokerto

Rasakan Sejuknya Udara di Puncak Jengger
Rasakan Sejuknya Udara di Puncak Jengger via Instagram/randycotenx

Puncak Jengger berada di ketinggian 1050 mdpl. Lokasinya ada di Kecamatan Jatirejo. Teman Traveler yang hobi mendaki, pasti langsung penasaran mengunjungi lokasi ini. Guna sampai ke Puncak Jengger, perjalanan pertama yang harus dituju adalah Desa Nawangan. Dari jalur yang ada di Nawangan, Teman Traveler butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai puncak. Dari atas, pemandangan beserta kabut-kabutnya akan memesonakan siapa saja.

3. Gunung Penanggungan

Sayang, Pemandangan Menyejukkan Ini Harus Terkena Musibah
Sayang, Pemandangan Menyejukkan Ini Harus Terkena Musibah via Instagram/eddy_purwitono

Kabar buruk menimpa salah satu wisata alam di Mojokerto. Padang rumput dan hutan di kawasan Gunung Penanggungan, pada 01 Oktober 2018 lalu, terbakar. Dilansir dari Detik, seluas 40 hektar hutan lindung milik Perhutani terbakar.

Wisata Alam Mojokerto
Wisata Alam Mojokerto (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Sejauh ini, sejumlah relawan melakukan pemadaman secara manual. Jalur pendakian Tamiajeng pun ditutup. Sayang, padahal Gunung Penanggungan dengan tinggi 1653 mdpl ini punya pemandangan yang cantik. Teman Traveler yang penasaran, harus sabar menunggu sampai jalur pendakian dibuka kembali.

4. Goa Gembyang

Nuansa Mistis di Goa Gembyang Menambah Penasaran
Nuansa Mistis di Goa Gembyang Menambah Penasaran via Instagram/kangtriatmojo

Goa Gembyang berlokasi di Desa Kuripansari, Pacet. Menurut cerita, goa ini dipercaya sebagai tempat pertapaan Raden Wijaya sebelum menjadi Raja Majapahit. Lingkungan di sekitar goa masih sangat asri dan sejuk. Bagian mulut goa berukuran luas dan lebar. Ketika berkunjung ke sini, jangan kaget jika mencium aroma-aroma khas dari kemenyan dan dupa ya.

5. Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu yang Bisa Menenangkanmu
Air Terjun Surodadu yang Bisa Menenangkanmu via Instagram/dantedananjoyo

Air terjun Surodadu terletak di kawasan lereng pegunungan. Wisata alam di Mojokerto ini merupakan destinasi liburan yang masih sangat alami dan tergolong sepi. Ketinggian grojogan airnya yang jernih dan segar, sekitar 15 meter. Cocok untuk liburan akhir pekan bagi siapa pun yang ingin menenangkan pikiran.

Keasrian dari ragam destinasi wisata alam di Mojokerto, mulai dari telaga hingga air terjun, memberikan pengalaman liburan yang mengesankan. Akhir pekan nanti, siap-siap jelajah kota ini ya! Bagaimana, mau ajak siapa?