Pilihan Destinasi Wisata Alam Bogor Selain Puncak, Bahagianya Liburan Nggak Kena Macet dan Jalan yang Penuh Sesak

Advertisement

Ingin menghabiskan waktu liburan di Kota Hujan tetapi enggan macet-macetan di jalan? Destinasi wisata alam Bogor selain puncak patut dipertimbangkan. Kawasan Puncak Bogor yang terkenal dengan hawa sejuknya, memang kerap dipilih sebagai tempat untuk berlibur. Sayangnya, ini juga membawa masalah tersendiri. Terutama persoalan macet yang terjadi di sepanjang jalan. Teman Traveler jangan khawatir, karena Bogor masih punya beberapa destinasi menyenangkan selain di kawasan Puncak. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Bukit Alesano

Ilalang di Bukit Alesano Menambah Daya Tariknya via Instagram/adityaguara

Teman Traveler ingin menikmati keindahan pemandangan Bogor dari ketinggian tetapi tidak ingin mendaki terlalu tinggi? Mengunjungi Bukit Alesano bisa menjadi solusi. Untuk sampai ke atas bukit, hanya perlu berkendara menggunakan motor dari Cipaku, Bogor selama kurang lebih satu jam. Lokasinya sendiri ada di Desa Cijeruk, Bogor.

Gardu Pandang di Bukit Alesano via Instagram/ jem_j.s

Sesampainya di atas bukit, Teman Traveler dapat menikmati udara yang segar. Cantiknya Kota Bogor dari atas juga menjadi sajian yang menyegarkan mata. Ilalang-ilalang yang ada di sana, jadi spot foto instagenic yang cantik. Belum lagi gardu pandangnya. Pasti akan jadi liburan yang menyenangkan!

2. Gunung Batu

Melihat Cantiknya Sebuah Ketinggian dari Gunung Batu via Instagram/ _dimassptn

Destinasi wisata alam Bogor selain Puncak yang sama-sama menawarkan cantiknya pemandangan dari ketinggian adalah Gunung Batu. Gunung yang satu ini sangat ramah untuk siapa pun yang belum pernah mendaki sebelumnya. Tentu saja, karena ketinggiannya hanya sekitar 875 mdpl. Meski begitu, sunset, sunrise atau pemandangan alam dari atas Gunung Batu, bikin terpana dan lupa waktu.

Nggak Pengin Main ke Sini? via Instagram/ muammaralfaridzii

Hanya, tetap berhati-hati ya, karena rute tracking yang sebagian besar adalah masih berupa tanah, kerap licin jika hujan turun. Secara administratif, Gunung Batu berada di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor. Untuk masuk ke kawasan ini, Teman Traveler harus membayar sekitar Rp5 ribu.

3. Danau Quarry Jayamix

Berkunjung ke Danau Quarry Jayamix via Instagram/ ibnu_setiadi99

Bekas lahan penambangan yang dibiarkan begitu saja, bisa menjelma jadi objek wisata alam yang banyak menarik perhatian. Itulah yang terjadi pada Danau Quarry Jayamix yang ada di kawasan Tegalega, Cigudeg, Bogor. Meski tidak bisa digunakan untuk berenang, duduk-duduk di sekitar kawasan danau, menikmati asrinya lingkungan yang ada di sekitar, bisa bantu mengurangi ketegangan.

4. Gunung Pancar

Hutan Pinus di Gunung Pancar via Instagram/ kiosku_ferdi

Objek wisata alam Bogor selain Puncak yang berikutnya adalah Gunung Pancar. Teman Traveler pecinta selfie, pasti akan senang berada di sini. Sebab, Gunung Pancar sudah dilengkapi dengan berbagai spot selfie yang menarik. Belum lagi hutan pinus yang instagenic dan bisa digunakan untuk duduk di hammock.

Spot Instagenic yang Disediakan di Gunung Pancar via Instagram/ nikenfebian52

Berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, kawasan ini cukup sejuk. Aman untuk berlibur nyaman dengan keluarga. Lokasi Gunung Pancar ada di Kecamatan Citeureup, Bogor. Teman Traveler bisa ambil arah menuju Jungle Land. Dari kawasan tersebut akan ada petunjuk menuju Gunung Pancar.

5. Suaka Elang Loji

Suaka Elang Loji Pas untuk yang Suka dengan Alam via Instagram/ hazmitaruna

Kawasan yang diperuntukan sebagai penangkaran Elang Loji ini banyak dikunjungi wisatawan. Terutama mereka yang mencintai alam. Pasalnya, kawasan yang luas dan ditumbuhi banyak pohon-pohon pinus ini memang menyuguhkan keindahan alam sebagai atraksi utamanya. Teman Traveler bisa berkemah sambil mendengar suara Elang dari kejauhan. Semakin sempurna karena udara di kawasan ini masih sangat segar.

6. Situ Gede Bogor

The Center for International Forestry Research di Situ Gede via Instagram/ mbakyurisol

Duduk-duduk di tepian danau sambil menikmati pemandangannya yang asri memang terdengar sebagai sebuah liburan yang biasa saja. Tetapi, bagi Teman Traveler yang sedang butuh ketenangan, hal seperti ini rasanya cukup. Setuju? Nah! Jika ingin mendapatkan suasana yang tenang seperti itu, Teman Traveler bisa datang berkunjung ke Situ Gede.

Menenangkannya Duduk-duduk dengan Pemandangan Situ Gede via Instagram/ dea.kariza

Kawasan ini berada di tepi Hutan Dramaga dan dikelola oleh Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan. Selain sekadar duduk-duduk, Teman Traveler juga bisa mendayung perahu kecil mengelilingi danau atau memancing di sini. Semuanya sama-sama menyenangkan untuk dilakukan.

Itulah wisata Bogor dengan suasana alam yang tidak kalah mengesankan dari kawasan Puncak Bogor. Sama-sama asri dan yang pasti bisa menghindarkan Teman Traveler dari macet berjam-jam. Tertarik untuk coba mengunjungi destinasi-destinasi di atas? Langsung saja kalau begitu!

Advertisement
Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Wisata Wisata alam Bogor selain Puncak Wisata Bogor
Share