Wisata Alam Bedengan, Nuansa Hijau di Memesona di Malang Raya

Malang sudah lama dikenal punya banyak destinasi wisata menakjubkan. Mulai dari pantai, gunung, perbukitan, air terjun, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah Wisata Alam Bedengan, tempat yang tak hanya elok namun sajikan beragam wahana dan fasilitas mempesona. Yuk, simak ulasannya bersama.

Bumi Perkemahan Indah

img_8566_01_AMf.jpeg
Wisata alam yang asri (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Wilayah Bedengan sejatinya merupakan tanggung jawab pihak Perhutani setempat. Namun untuk pengelolaan hariannya dilakukan oleh Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo. LDKPH sendiri merupakan lembaga yang berada di bawah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kabupaten Malang.

Mulanya Bedengan merupakan hutan kosong yang lantas ditanami pohon mahoni. Di sekitar sini juga terdapat area perkemahan seluas 2,5 hektar. Selain itu ada juga fasilitas seperti lahan parkir dan warung yang dikelola oleh penduduk desa setempat.

Cara Menuju Wisata Alam Bedengan

img_8926_01_uLN.jpeg
Bermain air di sungai (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Wisata alam ini bisa Teman Traveler temukan di Dusun Selokerto, Desa Selorejo. Di sini kalian bisa melihat aliran anak Sungai Kalisat yang begitu jernih. Di sekitarnya terdapat banyak pohon pinus menjulang tinggi, menambah kesejukan udara sekitar.

Destinasi ini berada di sisi barat Malang, jaraknya sekitar 15 km dari kawasan Bandulan maupun Dieng. Jika berangkat dari pusat kota, hanya butuh waktu kurang lebih 45 menit untuk menuju sini. Tempatnya berada tak jauh dari Petungsewu Wildlife Education Center atau lebih dikenal dengan sebutan P-WEC.

Jika Teman Traveler berangkat dari arah Dinoyo, kalian bisa melalui pertigaan Sengkaling dan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 8 km. Disarankan menumpang kendaraan roda dua karena akses jalannya tidak terlalu lebar.

Selama perjalanan Teman Traveler bakal dimanjakan hamparan pemandangan hijau di sisi kanan kiri. Hawa luar biasa sejuk juga bakal membelai kalian begitu masuk di kawasan Desa Selorejo. Namun perjalanan belum selesai. Kalian masih harus menempuh jarak sekitar 3 kilometer, melewati jalan makadam lumayan sempit. Jika menumpang mobil, disarankan memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Pesona Alam Memanjakan

img_8949_01_CCF.jpeg
Camping Ground di Bedengann (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Sejauh mata memandang, Teman Traveler bakal melihat pemandangan hijau nan alami di sekitar sini. Deretan pepohonan pinus tinggi menjulang nampak begitu indah. Lokasi wisata yang berdekatan dengan sungai membuat banyak pengunjung kerap memanfaatkan tempat ini berkemah maupun menggelar outbound.

Jika tertarik menggelar aktivitas serupa, Teman Traveler wajib meminta
izin pada pihak pengelola ya. Kalian bakal diberi informasi mengenai aturan yang harus ditaati, mulai dari larangan merusak tanaman dan kewajiban menjaga lingkungan.

Menariknya lagi, tepat di seberang sungai terdapat kebun jeruk yang menambah asri suasana. Ada juga beberapa gazebo untuk tempat duduk. Sambil istirahat, kalian bisa menikmati aliran air yang konon berasal dari Coban Brues.

Sejak dibuka untuk umum pada 2007, Bedengan telah banyak dikunjungi wisatawan. Umumnya mereka datang pada hari Sabtu dan Minggu, serta musim liburan. Kebanyakan berasal dari Malang, meski ada juga yang mampir dari Surabaya dan sekitarnya.

Selain toilet dan tempat parkir, wisata bernuansa alam ini juga didukung beberapa fasilitas seperti warung, flying fox, dan tempat duduk. Pokoknya lengkap deh Teman Traveler.

Tiket Masuk

img_8863_01_rhD.jpeg
Derasnya aliran sungai (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Masuk kawasan Wisata Alam Bedengan, Teman Traveler waijb membayar tiket masuk Rp5.000 per orang. Sementara untuk biaya parkir kendaraan dipatok Rp2.000. Murah meriah dan sangat ramah kantong. Cocok dijadikan alternatif wisata keluarga jika kalian sedang liburan di Batu. Bagaimana, adakah yang sudah tertarik ingin mampir ke sini?

Tags
kontributor Malang Travelingyuk wisata malang
Share