Bersantai Siang Hari di Curug Ponggang Purwakarta, Suasananya Kian Sejuk

Advertisement

Tak perlu bingung dengan jadwal liburan akhir pekan. Rasanya tanah nusantara sudah terbalut dengan indahnya panorama alam yang begitu menawan. Ribuan bahkan tak terhingga wisata alam yang bisa kamu jadikan tempat bersantai. Tuhan semesta alam, memang tak henti-hentinya menyuguhkan pesonanya yang berlimpah. Terlebih di tanah Jawa, khususnya di daerah Purwakarta menyajikan puluhan destinasi alam yang sangat indah, salah satunya adalah Curug Ponggang.

Keindahan curug ponggang yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta
Keindahan curug ponggang yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta. Foto via adobestock.com

Curug ini menjadi destinasi andalan warga Purwakarta dan sekitarnya untuk bersantai menikmati sejuknya kawasan. Apalagi hari libur tiba, meski ramai pengunjung, namun aura keindahannya tetap membuat takjub pengunjung. Bagaimana tidak, aliran sungai ini tepat diantara hutan dengan pepohonan besar membuat area wisata tampak rindang dan sejuk. Sembari menikmati aliran sungai, kamu juga ditemani kicauan burung liar yang merdu, ditambah percikan air terjun membuat suasana semakin tenang dan damai.

Salah satu spot populer di Curug Ponggang Purwakarta
Salah satu spot populer di Curug Ponggang Purwakarta. Foto via liputan6.com

Pantas saja destinasi ini menjadikan tujuan banyak pengunjung yang ingin relaksasi pikiran. Siapapun bakal betah bila berlama-lama di Curug Ponggang, Purwakarta. Namun, ada baiknya kamu mengunjungi Curug Ponggang ini ketika musim kemarau. Bila musim hujan, maka debit air terjun sangat besar dan akan membahayakan pengunjung. Jalanan pun sangat licin karena jalur menuju area curug masih berupa tanah liat dan bebatuan.

Area curug Ponggang yang sangat asri dengan pepohonan yang rindang dan sejuk
Area curug Ponggang yang sangat asri dengan pepohonan yang rindang dan sejuk. Foto via alpiadiprawiraningrat.blogspot.com

Bebatuan unik di curug Ponggang ini juga terkesan tajam, maka tetaplah berhati-hati bila mengunjungi curug ini. Waktu yang tepat mengunjungi curug Ponggang adalah siang hari. Kamu juga bisa menyusuri sungai hingga mendapatkan spot terbaik untuk mengabadikan momen. Akses menuju lokasi pun sangat mudah, namun belum tersedia angkutan umum menuju destinasi. Tetapi dapat kamu akses dengan kendaraan maksimal elf.

aliran sungai air terjun Ponggang ini sangat jernih cocok untuk area berenang
aliran sungai air terjun Ponggang ini sangat jernih cocok untuk area berenang. Foto via jejakpiknik.com

Curug Ponggang ini beroperasi setiap hari dengan jam operasional selama 24 jam. Namun bila tidak ada petugas yang menjaganya berarti lokasi wisata dinyatakan tutup. Tetaplah mematuhi peraturan dari petugas setempat agar keselamatan tetap menjadi hal utama. Uniknya curug ini tidak tersedia loket sehingga kamu tidak akan ditarik tarif masuk alias gratis. Kamu cukup membayar tarif parkir sebesar Rp. 3.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

Jernihnya aliran sungai Curug Ponggang ketika musim kemarau
Jernihnya aliran sungai Curug Ponggang ketika musim kemarau. Foto via travelkompas.com

Curuh Ponggang ini berlokasi di Desa Sukajaya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Curug ini tepat berada dilokasi perbatasan dari Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang. Kamu cukup melakukan perjalanan selama 1 jam perjalanan atau sekitar 30 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Atau sekitar 35 kilometer dari pusat kota Subang.

Advertisement
Tags
wisata air terjun wisata alam Indonesia wisata jawa barat wisata nusantara wisata purwakarta
Share