Itinerary Weekend Getaway di Banyuwangi, 300Ribuan Bikin Happy

Banyuwangi merupakan kota cantik di ujung Pulau Jawa dengan alamnya yang luar biasa indah. Untuk traveling ke Banyuwangi kini bisa hanya bermodal 300 ribuan. Yuk, simak tips dari Travelingyuk supaya weekend getaway di Banyuwangi Teman Traveler bisa terwujud.

Naik kereta dari Surabaya ke Banyuwangi

Ilustrasi kereta via Shutterstock

Naik kereta bisa menjadi transportasi andalan bagi kamu yang ingin liburan hemat. Kamu bisa menaiki kereta dari stasiun Gubeng dan turun di Kalibaru, Banyuwangi. Jika memesan melalui aplikasi online, harga tiket Surabaya -Banyuwangi PP seharga Rp112 ribuan. Nantinya perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 5 jam.

Sarapan hari pertama dengan Sego Cawuk

Sego Cawuk via Instagram/@ninayusab

Sarapan hari pertama khas Banyuwangi memang paling pas makan Sego Cawuk. Salah satu rekomendasi Sego Cawuk terfavorit adalah yang terletak di Taman Blambangan. Sego Cawuk ini memiliki rasa yang manis, gurih, serta pedas yang menyatu.

Dalam satu porsi Sego Cawuk berisi nasi putih yang disiram kuah pindang, kelapa parut, dan jagung bakar serut. Sego ini akan semakin nikmat jika ditambahkan telur, pindang, pepes ikan, dan dendeng. Untuk harga satu porsinya dihargai Rp10 ribu.

Main ke Desa Wisata Osing Kemiren

Desa Wisata Osing Kemiren via Instagram/@illirahotelbanyuwangi

Setelah perut kenyang, enaknya jalan-jalan santai dulu untuk mengawali hari. Destinasi pertama yang wajib dikunjungi adalah Desa Wisata Osing Kemiren. Desa wisata Osing berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah yang menjadi tempat tinggal sekelompok Suku Osing. 

Ketika pertama kali masuk ke kawasan ini, Teman Traveler akan menemukan banyak ciri khas seperti ada rumah-rumah adat khas Osing yang masih serba kayu. Kamu juga akan menemukan kebudayaan khas Suku Osing seperti Angkluk Paglak dan Tari Gandung Pesona. Untuk harga tiket desa wisata Osing Kemiren Banyuwangi dikenakan Rp 5 ribu.

Masuk ke Hostel Aussie Oseng

Hostel Aussie Oseng via Instagram/@aussieosseng_homestay

Menjelajahi desa wisata Osing Kemiren Banyuwangi memang menyenangkan, namun jangan lupa untuk beristirahat. Rekomendasi penginapan yang bisa dicoba adalah Hostel Aussie Oseng. Hostel ini bisa kamu jumpai di Jl. Pajajaran Gg.5 No.12, Kel. Taman Baru. 

Bikin liburan hemat, biaya per malam hanya berkisar mulai dari Rp 40 ribuan saja. Selain kamarnya yang nyaman, fasilitasnya juga terbilang lengkap seperti ada biliar, ruang bersantai, tenis meja, dan lain-lain.

Makan Malam Rujak Soto Mbok Pat

Rujak Soto via Instagram/@yessydies

Mendengar rujak soto mungkin akan terdengar aneh. Namun kamu harus tahu kalau rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi. Perpaduan keduanya akan menimbulkan rasa yang enak dan baru di lidah. Bumbu petis yang ada di rujak digabungkan dengan kuah soto yang kaya rempah menjadikan cita rasa yang luar biasa. 

Jika tertarik mencoba kamu bisa datang ke Rujak Soto Mbok Pat di Jalan Kyai Saleh No. 53 Dusun Krajan, Kelurahan Kepatihan, RT 03/ RW 02. Kuliner Banyuwangi ini seporsinya dihargai Rp10 ribu.

Sarapan Hari Kedua di Nasi Tempong Mbok Nah

Nasi Tempong Mbok Nah via Instagram/@amazingindonesiafood

Sarapan Nasi Tempong Mbok Nah memang bisa menjadi hal yang menarik untuk mengawali hari kedua. Nasi Tempong merupakan nasi yang disajikan dengan lauk dan berbagai sayur seperti bayam, kubis, kacang panjang, kenikir, dan sawi. Hal yang menarik dari Nasi Tempong Mbok Nah adalah sambalnya yang dikenal super pedas. 

Seporsi nasi tempong dibanderol sekitar Rp8 ribu hingga belasan ribu rupiah tergantung lauk tambahan. Warung Mbok Nah beralamat di Jalan Kolonel Sugiono no.16, Kertosari, Banyuwangi. Kedai legendaris ini buka tiap hari, kecuali Jumat.

Main ke Kawah Ijen

Kawah Ijen via Instagram/@red_cat_jeans

Siapa yang tak kenal dengan wisata hits satu ini? Kawah Ijen selalu menjadi favorit untuk para traveler yang sedang liburan ke Banyuwangi. Untuk harga tiket masuk dibedakan antara hari biasa dengan hari libur. Untuk hari biasa WNI dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu, sedangkan WNA adalah Rp 100 ribu.

Sedangkan hari libur WNI dikenakan harga tiket Rp 7.500, sedangkan WNA adalah 150.000. Harga ini belum termasuk biaya parkir motor sebesar Rp 5 ribu dan mobil sebesar Rp 10 ribu. Terjangkau bukan?

Nongkrong di Three-B Cafe

Three-B Cafe via Instagram/@dobby_90

Terakhir untuk menutup weekend getaway, kamu bisa menikmati indahnya Banyuwangi dengan nongkrong di Three-B Cafe. Kamu bisa meminum kopi dengan duduk di atas rooftop yang menghadap ke Selat Bali dan hutan di Taman Nasional Bali Barat. Menu yang ditawarkan pun beragam dengan harga terjangkau. 

Setelah puas jelajah wisata Banyuwangi, saatnya untuk kembali pulang ke Surabaya. Transportasi yang ditempuh tidak jauh berbeda ketika berangkat. Kamu bisa memesan tiket kembali dari Banyuwangi menuju Surabaya.

Nah, jika dihitung itinerary weekend getaway di Banyuwangi menghabiskan biaya kurang lebih Rp300 ribuan. Jadi kapan nih mau coba traveling ke Banyuwangi?

Tags
Banyuwangi Indonesia kuliner banyuwangi tips dan inspirasi weekend getaway banyuwangi wisata banyuwangi
Share