5 Museum dan Monumen Kereta Api di Indonesia, Jangan Hanya Naik Yuk Pelajari Sejarahnya

Sebagai sosok yang hobi jalan-jalan, Teman Traveler tentu familiar dengan kereta api bukan? Jika memang begitu, jangan hanya naik saja ya. Kamu juga sesekali perlu untuk mempelajari sejarahnya. Tak perlu ribet-ribet, informasinya yang tipis-tipis, minimal nama ataupun juga daerah asalnya. Jika memang memiliki keinginan belajar sejarahnya, berikut ini daftar museum dan monumen kereta api di Indonesia.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Ambarawa, via Instagram/pebysafrr
Museum Ambarawa, via Instagram/pebysafrr

Pertama ada Museum Kereta Api Ambawarawa yang awalnya merupakan stasiun kereta api kelas 1. Ini merupakan museum perkeretaapian pertama di Indonesia dengan berbagai koleksi di dalamnya. Alamatnya berada di Desa Panjang, Ambarawa, Semarang.

Begitu Instagenic, via Instagram/sondyrizt10
Begitu Instagenic, via Instagram/sondyrizt10

Di dalamnya, terdapat 22 buah lokomotif uap dengan rangkaian gerbong tua yang terbuart dari kayu. Tempat ini juga banyak jadi jujukan generasi millennils, pasalnya begitu Instagenic dari berbagai sudut.

Museum Kereta Api Sawahlunto

Museum Sawahlunto, via Instagram/taufiksaputra21
Museum Sawahlunto, via Instagram/taufiksaputra21

Museum Kereta Api Sawahlunto memiliki jarak 2 kilometer saja dari pusat kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Ternyata, awalnya tempat ini merupakan stasiun kereta api. Namun karena alasan tertentu, mulai tahun 2005, stasiun ini beralihfungsi menjadi museum. Di dalamnya terdapat sekitar 106 buah koleksi rangkaian perlengkapan kereta api, 34 buah alat-alat sinyak komunikasi dan lain-lain.

Museum Kereta Api Bondowoso

Museum Bondowoso, via Instagram/andika.madridist
Museum Bondowoso, via Instagram/andika.madridist

Dari Semarang kita ke Bondowoso. Di sini ada Museum Kereta Api Stasiun Bondowoso. Di dalamnya, terdapat Gerbong Maut, yakni tiga gerbong yang ditumpangi sekitar 100 perjuang Indonesia yang jadi tawanan Belanda. Dalam kurun waktu 16 jam mereka disekap dari Bondowoso ke Surabaya dengan udara yang tipis dan perut yang kosong. Sampai akhirnya semua pejuang tersebut akhirnya gugur.

Taman Monumen Lokomotif C2606

Monumen Lokomotif Madiun, via Instagram/ary.nugroho_
Monumen Lokomotif Madiun, via Instagram/ary.nugroho_

Ini merupakan salah satu ikon baru yang dimiliki kota Madiun. Ternyata, Lokomotif C2606 ini menyimpan cerita juga. Ini merupakan lokomotif uap buatan Pabrik Henschel Jerman yang digunakan pada masa pemerintahan Belanda.

Ke depannya, monumen di Madiun ini akan dijadikan sebagai sarana edukasi para masyarakat setempat dan wisatawan yang berkunjung. Lokasinya berada di Jl. Sunaryo, Madiun di dekat Jalan Perlintasan langsung (JPL).

Monumen Lokomotif D 301 59 Semarang

Monumen Lokomotif Semarang, via Instagram/zonapasarcom
Monumen Lokomotif Semarang, via Instagram/zonapasarcom

Selain museum Ambawara, Semarang juga memiliki yang namanya Monumen Lokomotif. Tempatnya baru saja diresmikan pada bulan Maret 2019 oleh PT KAI bersama dengan Pemkot Semarang. Lokasinya berada di Polder Stasiun Semarang Tawang.

Uniknya, monumen ini dikelilingi oleh Dancing Fountain yang akan semakin cantik saat malam hari. Salah satu tujuan dibangun monumen ini adalah mempercantik wilayah sekitar Polder Stasiun Semarang.

Nah, deretan museum dan monumen kereta api di Indonesia di atas bisa dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga. Mana nih yang ingin Teman Traveler kunjungi pertama kali?

Tags
Indonesia Museum ambarawa museum dan monumen kereta api di Indonesia museum kereta api Wisata
Share