Wedang Ronde Hangat dan Nikmat di Jogja

Salah satu kuliner Jogja yang menjadi suguhan favorit para traveler adalah Ronde. Sudah menjadi keharusan untuk menyeruput wedang satu ini ketika mendarat ke kota cantik Jogjakarta. Untuk dapat merasakan kenikmatan minuman dari jahe ini sangat mudah. Cukup berjalan-jalan di area Malioboro saja, sudah dapat menemukan puluhan penjual Ronde. Selain di pinggiran jalan, Wedang tradisional ini juga dijual restoran bahkan kafe besar di Jogja. Nah, kalau kamu tengah berada di Kota Gudeg, jangan sampai lupa mencicipi Wedang Ronde di beberapa tempat ini. Tak hanya enak, hangat serta nikmat, tapi juga bisa jadi teman ngobrol kamu dengan sahabat.

1. Wedang Ronde Mbah Payem

Jika berkeinginan menikmati Ronde di tepi jalan, warung Mbah Payem siap menemani. Bagi pencinta kuliner itu, pasti tahu di mana dan apa keunikan dari warung Mbah Payem. Ternyata, minuman hangat buatan Mbah Payem merupakan salah satu langganan keluarga mantan Presiden Soeharto.

Ronde Mbah Payem
Ronde Mbah Payem [image source & source]
Berbicara rasa, wedang yang diracik oleh wanita sepuh ini benar-benar sedap. Selain racikannya berusia puluhan tahun, Mbah Payem sama sekali tak menggunakan pengawet untuk bahan jualannya. Bukan lagi murah, tapi murah banget. Ya, Mbah Payem hanya menjual wedang Rondenya seharga 3.500 ribu per porsi. Murah banget kan?

Lokasi : Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

2. Wedang ‘Ronde Lek Dhie’

Terletak di Jl Dagen tepatnya di depan Ameera Boutique Hotel juga terdapat sebuah spot kulineran yang cukup terkenal di Jogja. Namanya Warung Ronde Lek Dhie yang baru di buka pukul 5 sore dan tutup hingga tengah malam.

Ronde Lek Dhie
Ronde Lek Dhie [image source]
Seperti ronde lainnya, minuman hangat yang dijual di sini juga terkenal enaknya. Harumnya jahe serta rempah-rempah di dalam minuman ini benar-benar nendang di lidah serta perut. Selain enak, banyak sekali wisatawan yang mampir ke Ronde Lek Dhie lantaran tempatnya yang nyaman untuk digunakan nongkrong.

Lokasi : Jalan Dagen No. 7-12, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

3. Bakmi Jawa dan Wedang Ronde Sor Ringin

Suguhan Ronde saja kurang lengkap bagi para traveler yang baru datang ke Jogja. Selain beberapa kudapan lain, ternyata ada beberapa warung minuman jahe yang menjual bakmie Jawa sepaket dengan wedangnya. Salah satunya adalah Bakmi Jawa dan Wedang Ronde Sor Ringin.

Bakmi Jawa dan Ronde Sor Ringin
Bakmi Jawa dan Ronde Sor Ringin [image source]
Warung yang buka sejak matahari mulai tenggelam ini terletak di kawasan Terminal Condong Catur, tepatnya di depan Kantor Desa Condong, Catur. Bakmi serta Ronde di warung ini sendiri merupakan dari pria asal Wonogiri bernama Mas Widodo. Sudah 10 tahun berjualan di kawasan ini, tak heran jika tempat nongkrong ini selalu ramai oleh pengunjung.

Lokasi : Jl. Anggakaya 1, Depan Kantor Desa Condong Catur

4. Ronde Wasis

Sedikit berbeda dengan warung biasanya, Ronde khas Temanggung ini benar-benar cantik dan rasanya nikmat banget. Masih dengan kuah jahe panas, isi dalam minuman ini bukan hanya mochi serta kacang tanah saja tetapi terdapat kolang-kaling dan emping di dalamnya.

Ronde Wasis
Ronde Wasis [image source]
Tak perlu jauh-jauh ke Temanggung, Ronde Wasis ternyata juga ada di Jogja. Tepatnya di Jalan Affandi (Gejayan), Sleman Jogjakarta, pas selatan bebek goreng H. Slamet terdapat warung ronde satu ini.Untuk semangkuk wedang hangat dan enak ini cukup hanya membayar 6000 rupiah saja satu porsi.

Lokasi : Jalan Affandi (Gejayan), Sleman, Jogjakarta

Sudah tulis rencana untuk mengunjungi  warung ronde di atas kan? Jangan lupa, nikmati Ronde mu bersama orang-orang terdekat kamu biar obrolannya makin hangat.

Tags
Explore Jogja kuliner Jogja Ronde Jogja
Share