Wedang Bajigur, Olahan Kelapa Ampuh Hangatkan Badan

Wedang Bajigur merupakan minuman khas Jawa Barat. Bahan-bahannya terdiri dari serutan kelapa muda, santan, gula merah, jahe, vanili, dan potongan roti tawar yang nikmat. Sajian tradisional ini biasanya dijual malam hari karena ampuh untuk menghangatkan badan.

Teman Traveler tak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung untuk nikmati segelas hangat Wedang Bajigur. Kini banyak penjaja minuman sejenis bisa ditemukan di sejumlah daerah, termasuk Jawa Tengah.

Bajigur ala Bantul

Penjual wedang (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Saya sendiri kebetulan menemukan penjual Wedang Bajigur di perempatan kecil di daerah Sewon, Bantul. Buat Teman Traveler yang sedang jelajah wisata Jogja, jika ingin lebih mudah bisa mencari bajigur di sekitaran Malioboro. Kalian takkan kesulitan menemukan sajian khas berbagai daerah di sekitarnya.

Murah Meriah

Berjualan menggunakan motor (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Segelas Wedang Bajigur yang saya beli dibanderol Rp5.000 saja Teman Traveler. Buat kalian para pecinta minuman atau makanan hasil olahan kelapa, dijamin bakal langsung suka rasanya. Begitu menyentuh kerongkongan, cita rasa kelapa dari minuman tradisional ini memang benar-benar terasa kuat.

Manis dan Nikmat

Bajigur ala Jawa (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Dari segi rasa, bajigur cenderung manis dan gurih berkat kehadiran kuah santannya. Segelas minuman tradisional ini biasanya disajikan bersama potongan roti tawar, kuah santan, dan gula merah cair. Umumnya dihadirkan ke hadapan konsumen saat panas.

Roti tawar yang terendam kuah gula dan santan akan berikan sensasi
tersendiri saat memasuki mulut. Manis dan lembutnya benar-benar memanjakan. Kerenyahan kelapa muda yang diserut kecil-kecil bikin kenikmatannya makin kaya.

Banyak Manfaat

Segelas Bajigur (c) Sri Yana Sari/Travelingyuk

Selain hangatkan tubuh, Bajigur juga punya beberapa manfaat lain lho. Minuman tradisional asal Jawa Barat ini cocok buat Teman Traveler yang sedang bermasalah dengan pencernaan. Buat anak-anak, wedang satu ini juga ampuh untuk menambah nafsu makan.

Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan? Selain ampuh hangatkan badan, bajigur ternyata juga punya efek positif untuk kesehatan. Adakah di antara kalian yang tertarik mencoba?

Tags
bajigur Indonesia Jogja kontributor kuliner kuliner jogjakarta
Share