Watu Tapak Camp Hill jadi Destinasi Wisata Baru Jogja

Watu Tapak Camp Hill menyuguhkan keindahan Jogja. Ia mengandalkan kecantikan alam Jogja untuk menggaet wisatawan. Setelah sebelumnya ada Pasar Kakilangit dan Pasar Nginrong, kini hadir Watu Tapak Camp Hill.

Seperti apa indahnya pemandangan Kota Joga dari sini? Teman Traveler harus lanjut membaca artikel di bawah untuk tahu jawabannya!

1. Diresmikan Oktober Lalu

Diresmikan pada Oktober 2018 Lalu via Instagram/ hardybreck

Teman Traveler sudah pernah mengunjungi Tebing Breksi? Destinasi digital Watu Tampak Camp Hill letaknya tidak terlalu jauh dari tempat tersebut. Ia dibuka pada 19 Oktober 2018. Jika penasaran, Teman Traveler sudah bisa mulai mengunjunginya sejak beberapa bulan lalu. Sekalian liburan ke Tebing Breksi, bisa mampir ke sini.

2. Berkonsep Noumadic Tourism & Digital Destination

Konsep Noumadic Tourism via Instagram/ dhian_hardjodisastro

Watu Tapak Camp Hill dikonsep berbeda dengan destinasi digital yang sebelumnya. Dilansir dari berbagai sumber, menurut Koordinator GenPi Jogja, Nunung Elizabeth, destinasi ini mengusung konsep Noumadic Tourism & Digital Destination. Sebagai informasi, dua destinasi digital yang sudah ada sebelumnya berkonsep Community Based Tourism.

Destinasi Digital yang Instagenic via Instagram/ santriturin1897

Sebab mengusung konsep demikian, dan menjadi salah satu destinasi digital, seluruh transaksi yang berlangsung di Watu Tapak Camp Hill menggunakan sistem e-money. Sistem ini dipilih sebagai salah satu indikator pelengkap namun penting yang menunjukan bahwa destinasi digital tidak hanya instagenic.

3. Berkemah Sambil Menikmati Pemandangan Kota Jogja

Kamping dengan Pemandangan Jogja via Instagram/ aleniatunggal

Teman Traveler yang hobi dengan berkemah, menikmati suasana alam dari dalam tenda, berkunjung ke wisata Jogja ini sepertinya harus disegerakan. Lokasinya yang berada di ketinggian, menghadap arah barat dan utara, memungkinkan Teman Traveler untuk dapat menikmati pemandangan Kota Jogja dengan sempurna.

Berkemah via Instagram/ arif_josselalu

Dari kejauhan, pengunjung dapat melihat Bandara Adisutjipto, Situs Ratu Boko, Candi Prambanan, Candi Barong dan Gunung Merapi dengan cukup jelas. Pada malam hari, lampu-lampu di Kota Jogja juga tampil dengan cantik.

4. Tanah Bertingkat yang Punya Fungsi Berbeda

Pemandangan Kota Jogja dari Atas via Instagram/ karcisparkir_

Kontur lahan berundak atau bertingkat-tingkat yang ada di Watu Tapak Camp Hill dimanfaatkan dengan baik oleh GenPi. Tanah tersebut tidak dipilih untuk diratakan namun dioptimalkan. Masing-masing undakan atau tingkatan memiliki fungsi yang berbeda. Mulai dari lahan paling atas yang difungsikan untuk food truck, lahan di tingkatan kedua digunakan untuk tempat parkir campervan.

Pemandangan Kota Jogja Malam Hari yang Cantik via Instagram/ genpijogja

Lanjut ke undakan ke tiga, ia difungsikan sebagai camping ground yang berkapasitas 50 tenda dengan daya tampung 4 orang/tenda. Selain camping ground, terdapat pula panggung atraksi yang bisa digunakan untuk pagelaran. Terakhir, di undakan ke empat, khusus digunakan untuk arena bakaran. Sementara tiga undakan di bagian bawah, digunakan sebagai lahan hijau.

Pemandangan Kota Jogja dari Watu Tapak Camp Hill yang cantik, serta lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Tebing Breksi, benar-benar alasan yang menyenangkan untuk segera main-main ke sini! Ajak beberapa teman agar camping lebih seru ya! Jadi, kapan rencana untuk berangkat?

Tags
Indonesia Jogja watu tapak camp hill wisata jogja
Share