Megahnya Wat Phra Kaew, Lokasi Penobatan Raja Baru Thailand

Wat Phra Kaew Thailand akan menjadi saksi penobatan raja baru di bulan Mei 2019 lalu. Rangkaian acara Penobatan Kerajaan Yang Mulia Raja Maha Vijaralongkorn dengan gelar Rama X menurut rencana dilaksanakan di Bangkok. Bagaimana megahnya venue yang sekaligus merupakan kuil Buddha paling penting di Thailand ini? Berikut ulasannya!

Kuil Budha yang Dibangun Abad ke-17

Kuil di Thailand yang Dibangun Ratusan Tahun Lalu via Instagram/io_gianni

Wat Phra Kaew Thailand atau disebut Temple of Emerald Buddha menjadi primadona bagi wisata Bangkok. Luasnya mencapai sekitar 500 x 300 meter. Menurut informasi, komplek kuil Budha ini dibangun pada tahun 1782. Tepatnya pada masa pemerintahan Raja Rama I.

Terdapat Banyak Bangunan di Dalam Kompleks

Terdapat Banyak Bangunan di Dalam Kompleks via Instagram/holidayguru.it

Temple of Emerald Buddha memiliki setidaknya 35 bangunan. Kawasan ini dibagi menjadi tiga area, yaitu Outer Court, Middle Court, Inner Court. Bangunan-bangunan di kompleks ini punya perpaduan yang khas, terutama Grand Palace.

Bangunan-bangunan Cantik di Dalam Kuil yang Memukau via Instagram/shumidee

Teman Traveler akan melihat sebuah bangunan dengan detail yang rumit pada Grand Palace. Wat Phra Kaew juga menarik mata dengan warna emasnya yang mencolok. Bangunan utama di sini disebut Phra Ubosot. Di bagian dalam Phra Ubosot terdapat sebuah patung bernama the Emerald Buddha.

Menjadi Kawasan Kediaman Raja Thailand

Menjadi Kediaman Raja Thailand via Instagram/vincentjphillips

Kuil Budha dengan banyak bangunan ini sekaligus tempat tinggal bagi Raja Thailand. Hal ini berlangsung sejak abad ke-18. Sekarang, Temple of Emerald Buddha bukan hanya difungsikan sebagai tempat kediaman raja dan keluarganya, tetapi sekaligus tempat penyelenggaraan upacara dan ritual kerajaan.

Hal yang Harus Diperhatikan Wisatawan

Wisatawan Harus Menggunakan Pakaian yang Sopan via Instagram/angeliwanders

Saat berkunjung ke sini, ada beberapa hal yang harus dipatuhi wisatawan. Seperti pakaian yang sopan, tidak boleh berisik, tidak diperkenankan memegang dengan sembarangan barang-barang yang ada di lokasi, dan tetap menjaga kebersihan.

Info Rute, Tiket dan Jam Operasional

Jam Operasional untuk Wisatawan Dibagi Per Sesi via Instagram/she.just.left

Tertarik untuk berkunjung? Dari Bandara Suvarnabhumi, Teman Traveler dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus. Untuk masuk ke kawasan ini, tiket yang harus dibayar sekitar Rp200 ribu. Grand Palace buka dari pukul 08.30-15.30 waktu setempat. Sebagai informasi, setiap kunjungan ke sini dibedakan menjadi beberapa sesi.

Wat Phra Kaew dan segala kemegahan yang dimilikinya jadi destinasi wajib saat ke Bangkok. Ia juga merupakan salah satu kuil cantik di Thailand. Penasaran untuk berkunjung? Yuk agendakan!

Tags
bangkok Luar negeri Thailand Wat Phra Kaew Wisata
Share