Kuil Putih, Bangunan Indah yang Perwujudan dari Neraka

Ada banyak tempat ibadah indah yang menarik untuk dikunjungi. Seperti  Wat Rong Khun di Thailand, yang dikenal juga dengan nama Kuil Putih. Siapa yang menyangka, bangunan sangat indah ini ternyata menggambarkan neraka. Penasaran, kan? Travelingyuk rangkum ceritanya di bawah ini..

Gambaran Neraka dalam Kuil Budha yang Indah

Kuil Putih Thailand
Kuil Putih Thailand [image source]
Chalermchai Kositpipat adalah seniman Thailand membangun kuil ini sejak tahun 1997 dan dirancang untuk selesai pada tahun 2070. Tempat ini sudah bisa dikunjungi dan terbuka tidak hanya untuk penganut Budha, tapi juga wisatawan. Di dalamnya kamu akan melihat tangan-tangan yang seakan ingin keluar dari siksa neraka. Bahkan ada dua tanduk besar yang terlihat seperti sebuah gerbang.

Dua tanduk besar di Kuil Putih
Dua tanduk besar di Kuil Putih [image source]

Jalur Turis yang Searah

Turis jalan searah di Kuil Putih
Turis jalan searah di Kuil Putih [image source]
Sesuai ajaran Budha, manusia seharusnya berjalan lurus ke depan menuju pencerahan dan surga. Karena itulah jalur turis yang diberlakukan adalah searah, artinya tidak bisa mundur. Lakukan dengan cepat jika ingin berfoto di spot tertentu agar tidak menghambat antrian rombongan di belakangmu.

Wat Rong Khun
Wat Rong Khun [image source]

Aturan yang Harus Dipatuhi

Gambaran neraka di Kuil Putih
Gambaran neraka di Kuil Putih [image source]
Berpakaian sopan menjadi aturan yang wajib ditaati saat memasuki kuil ini. Selain itu kamu juga dilarang menyentuh patung atau ukiran apapun untuk menjaga warna putih yang melambangkan kedamaian dan kemurnian. Kamu hanya bisa memotret di area luar kuil. Sekali-kali perlu menikmati keindahan suatu tempat hanya dengan mata dan merekamnya dalam kepala.

Wisata Thailand, Wat Rong Khun
Wisata Thailand, Wat Rong Khun [image source]

Tak Lagi Gratis

Wat Rong Khun atau Kuil Putih di Thailand
Wat Rong Khun atau Kuil Putih di Thailand [image source]
Wisata Kuil Putih yang menjadi andalan Thailand Utara ini buka dari jam 08.00 hingga 18.00 waktu setempat dan sempat gratis untuk semua turis. Namun, sejak tahun lalu diberlakukan tiket bagi wisatawan asing sebesar 50 Bath atau sekitar Rp18.000. Dengan ini kamu akan mendapat buku petunjuk dan sebuah tas. Masih sangat terjangkau kan untuk menikmati keindahan Kuil Putih dari dekat?

Indahnya Kuil Putih di Thailand
Indahnya Kuil Putih di Thailand [image source]
Wat Rong Khun akan bersinar saat siang hari karena ada mozaik kaca yang melapisi permukaannya. Apalagi saat langit sedang biru, kuil ini terlihat seperti terbang. Bagaimana, yakin tak ingin berkunjung ke sini?

Tags
Kuil Luar negeri Thailand wisata religi
Share