Warung SGPC Bu Wiryo, Favorit Anak UGM Termasuk Pak Jokowi Sejak Tahun 1959

Advertisement

Siapa yang tak ingin kembali ke Jogja? Berkunjung hanya sekali ke Kota Gudeg ini rasanya hampir mustahil. Selain deretan wisata Jogja yang keindahannya membius, daerah yang memiliki kerajaan di dalamnya ini juga menawarkan beragam kuliner tradisional enak. Ragam kuliner lezat dengan harga terjangkau, banyak jumlahnya. Salah satunya yang cukup melegenda adalah Warung SGPC Bu Wiryo. Jokowi pun dikabarkan sering makan di sini. Apa sih istimewanya?

Salah Satu Tempat Melegenda di Jogja, Sejak 1959

Dua menu utama, via Instagram/makanmain
Dua menu utama, via Instagram/makanmain

SGPC merupakan singkatan dari Sego Pecel atau di dalam bahasa Indonesinya adalah nasi pecel. SGPC Bu Wiryo ini menjadi salah satu penjual pecel legendaris di Jogja yang telah ada sejak tahun 1959. Usaha kuliner Jogja ini dirintis oleh keluarga Wiryosoenarto dan secara turun temurun dikelola oleh keturunannya.

Dahulunya, tempat makan yang menawarkan nasi pecel sebagai menu utamanya ini hanya dapat dinikmati di kantin Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Kehutanan UGM. Namun sekarang sudah bisa disantap oleh masyarakat luas lantaran tempatnya telah pindah.

Ciri Khas Kenikmatan dari Seporsi Pecel di Sini

Sego Pecel Bu Wiryo, via Instagram/jogjaculinary
Sego Pecel Bu Wiryo, via Instagram/jogjaculinary

Tampilan pecel di sini tidak jauh beda dengan yang lainnya. Namun yang membedakanya tentu saja cita rasanya. Bumbu kacangnya di sini cenderung encer namun masih bisa merasakan tekstur sambal kacang lantaran ditumbuk masih setengah kasar. Rasanya cenderung manis, khas masakan Jogja. Untuk pilihan lauknya, yang banyak dipilih adalah tempe dan telur ceplok. Untuk pilihan lauknya ada sate usus, sate telur puyuh, sate usus, ayam goreng dan lain sebagainya.

Selain pecel sebagai menu utamanya, tempat makan Jogja ini juga menawarkan sop daging. Satu porsinya akan berisi potongan daging sapi empik, wortel, dan juga sayur kol. Pilihan menu yang tepat jika Jogja sedang terik-teriknya.

Sop Daging, via Instagram/mytastemylife
Sop Daging, via Instagram/mytastemylife

Pilihan sopnya beragam dan menggunakan nama-nama yang lucu. Misalnya saja ada Sop pegatan (sop dan nasi yang disajikan terpisah), Sop Tanpa Kawat (sop tanpa soun), SDSB (Sop Daging Sayur Bayam), dan lain-lain. Untuk minumannya juga beragam, sebut saja Tirto Seto (air putih), Teh Kemul (teh hangat), Teh Mrengut (teh kental), dan lain sebagainya.

Ada Hiburan Musik Live yang Bikin Makan Makin Semangat

Rekomendasi kuliner Jogja, via Instagram/jogjabikinlaper
Rekomendasi kuliner Jogja, via Instagram/jogjabikinlaper

Tidak hanya makanannya yang memiliki rasa nikmat. Uniknya, di tempat makan Jogja ini juga menawarkan hiburan berupa musik akustik. Alunan musik keroncong dan lagu-lagu nostalgia membuat para pengunjungya seakan kembali ke masa lalu. Pasalnya, kebanyakan yang datang ke tempat ini adalah alumni mahasiswa UGM dan sekitarnya.

Seperti halnya Presiden Jokowi yang dalam kesempatan wawancara pernah menyebutkan SGPC Bu Wiryo ini sebagai salah satu tempat makan langganan saat kuliah di UGM. Kamu juga bisa request lagu juga di sini. Suasana Jogja tempo dulu akan sangat terasa kental di sini.

Alamat SGPC Bu Wiro yang Pindah dari Tempat Awalnya

Alamat SGPC Bu Wiryo, via Instagram/makanmain
Alamat SGPC Bu Wiryo, via Instagram/makanmain

Sekarang ini, Warung SGPC Bu Wiryo ini berlokasi di kawasan Bulak Sumur Jogja, tepatnya di Jl. Agro CT VIII Klebengan, Selokan Mataram. Jam bukanya mulai dari jam 07:00 hingga pukul 20:00 WIB. Warung ini memiliki space yang cukup luas, sehingga kamu akan nyaman meksipun pengunjung silih berganti berdatangan. Satu porsi pecel di sini dipatok Rp19.000. Untuk sop daging, Rp25.000, per Januari 2019.

Jika berkesempatan jalan-jalan di sekitaran UGM, Warung SGPC Bu Wiryo ini menjadi tempat yang wajib untuk dicoba. Pak Jokowi saja juga pernah menyebutnya. Jadi tambah penasaran bukan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja SGPC Bu Wiryo
Share