Warung Sate Rembiga di Mataram, Pernah Cobain?

Teman Traveler yang liburan ke Lombok tentunya tidak akan melewatkan kesempatan cobain kuliner khasnya, kan? Nah selain ayam taliwang, icip juga sate rembiga. Teman Traveler bisa langsung melipir ke warung sate rembiga yang ada di Mataram.

Eh tapi, udah tahu tentang sate rembiga? Makanan ini berbahan dasar daging sapi dengan beberapa keunikan. Pertama, daging sapi yang sudah dipotong direndam dalam bumbu selama minimal 2 jam.

Kedua, ia tidak disajikan dengan sambal kacang. Karena bumbunya sudah berasal dari rendaman sebelumnya. Ketiga, Teman Traveler pasti akan mendapat lontong berbentuk kerucut sebagai pendampingnya. Jadi mau cobain, kan?

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh via Instagram @tomomiwoo1234
Sate Rembiga Ibu Sinnaseh via Instagram @tomomiwoo1234

Warung sate rembiga pertama terletak di Jalan Dr. Wahidin Nomor 11 B, Rembiga, Selaparang, Mataram. Tempat makan ini bernama Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, yang telah berdiri semenjak tahun 1990an.

Uniknya, daging yang digunakan berasal dari sapi yang hidup liar di padang rumput. Sehingga rasanya lebih manis dan punya serat yang cenderung halus. Teman Traveler cukup sediakan budget Rp30 ribuan untuk satu porsi sate rembiga plus lontong kerucut.

Sate Rembiga Utama Bu Ririn

Warung Sate Rembiga di Mataram via Instagram @farahquinnofficia
Sate Rembiga Utama Bu Ririn via Instagram @farahquinnofficia

Selanjutnya ada Warung Sate Rembiga Utama Bu Ririn, yang tidak kalah legendaris. Ia telah eksis selama kurang lebih 30 tahunan. Sate rembiga Bu Ririn terbuat dari daging bagian has sapi jantan, yang diambil dari peternakan di Narmada, Lombok Barat.

Selain legendaris, sate rembiga di sini juga punya cita rasa yang lezat. Sehingga tidak heran kalau dalam sehari bisa habis sekitar 70 kilogram daging sapi. Bukan Cuma sate, Teman Traveler juga bisa menjajal sate pusut, bulayak, plecing, dan kuliner khas Lombok lainnya.

Pengin? Langsung saja ke Jalan Dr. Wahidin Nomor 5, Rembiga, Selaparang. Jangan lupa bawa duit sekitar Rp25 ribuan untuk seporsi sate rembiga, ya.

Lesehan Sate Rembiga Lombokoe

Lesehan Sate Rembiga Lombokoe via Instagram @_febriyantirita
Lesehan Sate Rembiga Lombokoe via Instagram @_febriyantirita

Lesehan Sate Rembiga Lombokoe juga bisa dijadikan alternatif kalau Teman Traveler pengin mencoba kuliner khas tersebut. Keistimewaan sate rembiga di sini terletak pada proses perendaman daging sapi.

Supaya rasanya lebih mantap, daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil direndam selama kurang lebih satu minggu. Tidak heran kalau Lesehan Sate Rembiga Lombokoe tetap bertahan semenjak tahun 1990an.

Penasaran? Teman Traveler bisa meluncur ke Jalan Dakota, Rembiga, Selaparang. Harganya cukup terjangkau, kok. Hanya Rp25 ribuan per porsi.

Lesehan Sate Rembiga Goyang Lidah

Lesehan Sate Rembiga Goyang Lidah via Instagram @antonio.lau
Lesehan Sate Rembiga Goyang Lidah via Instagram @antonio.lau

Berikutnya ada lagi warung sate rembiga di Mataram tepatnya Jalan Dakota Nomor 8, Rembiga, Selaparang, Mataram. Teman Traveler yang mau makan sate rembiga plus lontong kerucut, Cuma perlu merogoh kocek Rp25 ribuan.

Oh ya, serunya di sini adalah Lesehan Sate Rembiga Goyang Lidah menyajikan beragam kuliner khas Lombok lainnya. Misalnya saja ayam taliwang, ikan asin Bajo khas Lombok, dan menu ikan lainnya. Tempat makan ini berada di pinggir jalan, jadi cukup mudah ditemukan.

Teman Traveler pernah mampir ke warung sate rembiga yang mana, nih? Lebih suka makan dengan pendamping apa?

Tags
Indonesia kuliner Lombok Mataram Sate Rembiga Warung Sate Rembiga di Mataram
Share