Warung Mie Pak Tomie Nganjuk Sejak 1980, Pertahankan Cara Tradisional yang Kental

Saat jalan-jalan ke Nganjuk, Jawa Timur ada salah satu rekomendasi tempat kuliner buat Teman Traveler kunjungi. Namanya adalah Warung Mie Pak Tomie yang sederhana, namun hampir selalu antre pengunjung. Bahkan, artis sekelas Via Vallen ataupun pelawak legendaris Jawa Timur, Qirun juga menyempatkan diri untuk mencoba olahan minya. Penasaran?

Cerita Menarik Dibalik Pemilihan Nama

Warung Mie Pak Tomie, via Instagram/stephanie_iriyanti
Warung Mie Pak Tomie, via Instagram/stephanie_iriyanti

Warung Mie Pak Tomie telah dirintis sejak tahun 1980. Buat mereka yang kerap bepergian ke Surabaya dan melewati Nganjuk, tempat ini sudah begitu familiar. Plang nama dari tempat ini cukup besar dan memang kondang menyuguhkan olahan mi dengan rasa yang menggugah selera. Ada cerita unik dibalik pemilihan nama tempat makan ini.

Banyak orang menduga jika pemilik tempat makan ini bernama Tomi. Namun hal tersebut salah besar. Pasalnya, nama asli perintis warung makan ini adalah Suyoto dan istrinya yang bernama Kusmi.

Nah, Pak Suyoto ini panggilannya Pak To, lantaran berjualan mie lama-lama dipanggil Pak Tomie. Sekarang pengelolaan warung dipegang oleh generasi kedua dan diurus oleh anak dan keponakan-keponakan dari Suyoto dan istrinya.

Cara Pengolahannya yang Masih dengan Anglo

Pengolahan tradisional, via Instagram/nanayusuf27
Pengolahan tradisional, via Instagram/nanayusuf27

Dari awal berdiri hingga sekarang ini, resep yang digunakan di tempat ini tidak berubah. Begitu pula dengan cara pengolahannya. Mereka masih mempertahankan cara tradisional dengan menggunakan anglo, atau dengan memanfaatkan bara arang kayu. Aroma olahan yang dimasak dengan arang kayu memiliki aroma harum yang lebih enak dibandingkan dengan pemanas api gas elpiji.

Menu-menu Unggulan yang Ditawarkan

Mie godok menu unggulan, via Instagram/nanayusuf27
Mie godok menu unggulan, via Instagram/nanayusuf27

Di tempat makan Nganjuk ini menyediakan beberapa menu, didominasi olahan mi. Ada mi godok, mi nyemek, mi goreng, nasi goreng, nasi mawut, dan krengsengan. Meskipun memiliki beberapa menu, yang diunggulkan di sini ada dua macam, yakni mi godok atau mi kuah dan juga mie gorengan. Cita rasa olahan mi di sini banyak diterima di lidah banyak orang. Tak salah tempatnya begitu ramai.

Alamat Warungnya dan Beberapa Cabangnya

Kondisi Warung Pak Tomie, via Instagram/laurentiadewi_blog
Kondisi Warung Pak Tomie, via Instagram/laurentiadewi_blog

Jika jelajah Nganjuk dan ingin mencicipi kuliner di sini, kamu bisa langsung melipir ke tempatnya yang berada di Jl. Gatot Subroto, No. 1, Nganjuk. Bukanya mulai dari 15:00 WIB sampai dengan dini hari. Ada cabang lainnya yang bisa didatangi yakni yang berada di Kecamatan Sukomoro, Nganjuk. Harganya, seporsi mi godog Rp17.000.

Rasa olahan mi tempat ini begitu menggiurkan lho Teman Traveler. Maka dari itulah, wajib cicip saat sedang di Nganjuk.

Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Nganjuk Nganjuk Warung Mie Pak Tomie
Share